Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Srimulat: Hil Yang Mustahal

Film komedi yang cocok untuk melepas penat

Siapa yang tidak familiar dengan nama Srimulat? Grup lawak legendaris asal Solo ini meraih popularitasnya di tahun 80-an hingga dikenal ke seluruh penjuru Indonesia. Kisah ini pula yang kemudian diangkat dalam film Srimulat: Hil Yang Mustahal. Rilis perdana di bioskop pada 19 Mei 2022, film ini berhasil menarik perhatian masyarakat.

Bahkan beberapa sineas ternama Indonesia seperti Riri Riza, Joko Anwar, dan Angga Dwimas Sasongko ikut memberikan apresiasinya. Penasaran apa yang membuat film Srimulat: Hil yang Mustahal wajib kamu tonton? Berikut 5 alasannya.

Baca Juga: Srimulat: Hil yang Mustahal, Tak Sekadar Bikin Penonton Ngakak!

1. Cerita ringan yang cocok dinikmati siapa saja

5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Srimulat: Hil Yang MustahalFilm Srimulat: Hil Yang Mustahal Babak Pertama tayang perdana di bioskop XXI DP Mall Semarang, Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Seiring berkembangnya zaman, banyak yang tidak lagi mengenal perjalanan Srimulat serta sosok-sosok di dalamnya. Kalau kamu bukan pengikut setia Srimulat, tidak perlu khawatir. Film ini tetap bisa jadi pilihan hiburanmu untuk melepas penat. Alur cerita yang ringan membuat film ini bisa kamu nikmati bersama teman sambil mengenal lebih dekat tokoh-tokoh dalam Srimulat maupun dengan orang tua agar kamu bisa bernostalgia bersama mereka.

“Kita tahu betapa Srimulat berpengaruh besar pada dunia komedi Indonesia dan menjadi sumber inspirasi bagi komedian dari berbagai aliran. Karena itu, film ini akan jadi jembatan bagi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk bisa mengenal kembali siapa itu Srimulat,” ujar Teuku Rifnu Wikana yang memerankan Asmuni di film ini.

2. Setting film yang hadirkan nostalgia

5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Srimulat: Hil Yang Mustahalfilm Srimulat Hil yang Mustahal (dok. IDN Pictures/Srimulat Hil yang Mustahal)

Berlatar tahun 80-an, film Srimulat: Hil Yang Mustahal memiliki setting cerita yang apik menggambarkan suasana pada masa itu. Mulai dari desain set lokasi syuting, kostum, hingga gerak-gerik pemainnya dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Penonton akan dimanjakan secara visual selama film berlangsung.

Uniknya lagi, sebagian besar dialog dalam film ini juga menggunakan bahasa Jawa seperti setting aslinya. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena ada subtitle yang bisa membantu kamu memahami dialog. “Meskipun saya bukan penonton setia Srimulat ketika mereka aktif tayang di televisi, dan meskipun (film) dominan berbahasa Jawa, film Nugros ini bisa membuat saya tertawa,” tulis Soleh Solihun di unggahan Instagramnya usai menyaksikan film ini.

3. Penuh komedi yang mengocok perut

5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Srimulat: Hil Yang MustahalCuplikan film Srimulat Hil Yang Mustahal. (Dok.IDN Pictures/Srimulat Hil Yang Mustahal)

Srimulat sangat erat kaitannya dengan dunia komedi di Indonesia. Karena itu, meski Srimulat: Hil Yang Mustahal merupakan film biopik, Fajar Nugros sebagai penulis sekaligus sutradara tidak lupa memasukkan unsur komedi dalam film ini. Tak hanya dialog para pemainnya yang mengundang tawa, komedi slapstick khas Srimulat seperti mata tercolok gelas, menangis karena kaki terinjak, hingga melorot saat duduk di kursi akan semakin membuat kamu tertawa sepanjang film. Ini juga membuktikan betapa lelucon-lelucon Srimulat tak lekang oleh waktu meski tidak lagi aktif di dunia komedi Indonesia dan bisa tetap dinikmati generasi muda saat ini.

4. Tampilkan pemain muda berbakat

5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Srimulat: Hil Yang Mustahalpotret totalitas Bio One untuk film Srimulat: Hil yang Mustahal (instagram.com/fajarnugrs)

Satu hal lagi dari film Srimulat: Hil Yang Mustahal yang patut ditunggu adalah totalitas penampilan para pemainnya. Misalnya saja seorang Bio One yang dikenal bergaya trendy dapat sukses memerankan tokoh Gepeng, pemuda jawa polos yang punya mimpi menjadi bagian dari grup Srimulat. Bio One pun sengaja menurunkan berat badannya agar perawakannya terlihat semirip mungkin dengan Gepeng. Totalitas Bio One dalam berperan semirip mungkin dengan tokoh Gepeng bahkan mengejutkan istri almarhum Gepeng, Supiah, yang berkesempatan bertemu dengan Bio One saat acara nonton bareng di Solo, 22 Mei 2022 lalu.

Selain Bio One, nama-nama lain yang juga tidak boleh dilewatkan penampilannya di film ini adalah Elang El Gibran, Dimas Anggara, Ibnu Jamil, Teuku Rifnu Wikana, Erick Estrada, Zulfa Maharani, Morgan Oey, Naimma Aljufri, Rukman Rosadi, Erika Carlina, Indah Permatasari, dan Rano Karno.

Baca Juga: 9 Potret Anggota Srimulat Asli dengan Para Aktor, Mirip Banget!

5. Sampaikan nilai kebersamaan dan semangat mengejar mimpi

5 Alasan Kamu Wajib Nonton Film Srimulat: Hil Yang Mustahalcuplikan adegan film Srimulat: Hil yang Mustahal (instagram.com/fajarnugrs)

Perjalanan Srimulat hingga menjadi bintang di dunia hiburan Indonesia tidaklah mudah. Melalui film ini, Fajar Nugros juga mengenalkan nilai-nilai penting yang bisa dipetik dari perjalanan Srimulat. Misalnya saja tentang kebersamaan yang berusaha dijaga dalam grup Srimulat meski tiap anggota memiliki cara masing-masing untuk menemukan jati dirinya.

“Kita sama-sama tahu betapa berartinya warisan yang dibawa Srimulat, tidak hanya dari lawakan-lawakan mereka yang abadi tapi juga pesan-pesan moral yang ada di baliknya, mulai dari kekeluargaan hingga persatuan Indonesia. Semoga film ini bisa mendorong kita dan generasi-generasi yang akan datang untuk semakin mengenal grup lawak legendaris ini,” ujar Fajar Nugros.

Nah, itu dia alasan kenapa kamu wajib menyaksikan film Srimulat: Hil Yang Mustahal. Mulai dari jalan cerita hingga totalitas penampilan para pemain jadi paket hiburan yang lengkap dan sayang untuk dilewatkan. Saksikan film Srimulat: Hil Yang Mustahal di bioskop terdekat kamu, ya!

Topic:

  • Saraya Adzani

Berita Terkini Lainnya