Comscore Tracker

Berkelas! 5 Film Studio Ghibli Terbaik versi Rotten Tomatoes

Ada yang mendapat skor sempurna, lho! #IDNTimesHype

Siapa yang tidak tahu dengan Studio Ghibli? Jika kalian pernah menonton karya-karyanya yang berjudul My Neighbour Totoro, Ponyo, atau Howl's Moving Castle, pasti kalian akan familier dengan maskot studio ini yang berwujud roh kucing raksasa bernama Totoro yang menggemaskan itu.

Studio Ghibli didirikan oleh empat orang sineas Jepang yang bernama Hayao Miyazaki, Isao Takahata, Toshio Suzuki, dan Yasuyoshi Takuma pada tahun 1985. Memiliki total aset sebesar 15,77 miliar yen, studio ini telah melahirkan puluhan karya-karya terbaiknya. Yang akan datang tentu saja Earwig and the Witch dan aktris Indonesia Sherina Munaf juga turut menyumbangkan suara.

Dari puluhan film asal Studio Ghibli, berikut adalah lima film terbaik yang mendapat skor tertinggi dari Rotten Tomatoes.

Baca Juga: Bukan Totoro atau Akira, Ternyata Ini 5 Anime Tertua di Dunia

1.Spirited Away (2001) - 97%

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Yang pertama adalah Spirited Away. Disutradarai oleh Hayao Miyazaki yang juga co-founder dari Studio Ghibli, Spirited Away menceritakan gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro yang saat pindah ke lingkungan baru bersama ibu dan ayahnya, tanpa sengaja tersesat ke dunia roh.

Setelah kedua orang tuanya disihir menjadi babi oleh penyihir yang bernama Yubaba, Chihiro bekerja di pemandian para roh milik Yubaba guna membebaskan kedua orang tuanya dan kembali ke dunia manusia.

Film ini berhasil memenangkan piala Academy Awards untuk Film Animasi Terbaik pada 2003 lalu mengalahkan film animasi Amerika yang terkenal pada saat itu seperti Ice Age dan Lilo & Stitch.

Film ini juga sempat menyandang status film terlaris sepanjang masa di Jepang selama 19 tahun lamanya sebelum disalip oleh anime Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba The Movie: Mugen Train pada 2020 lalu.

2.Kiki's Delivery Service (1989) - 98%

https://www.youtube.com/embed/4bG17OYs-GA

Dirilis pada tahun 1989, film ini ditulis, diproduseri, dan disutradarai sendiri oleh Hayao Miyazaki. Menceritakan seorang penyihir muda bernama Kiki yang pindah ke kota baru dan menggunakan kemampuan terbangnya untuk mencari nafkah.

Film ini berhasil menyabet tiga penghargaan di Anime Grand Prix ke-12 majalah Animage Jepang untuk kategori Best Anime, Best Female Character, dan Best Anime Theme Song. Film ini juga merupakan film pertama yang dirilis di bawah kemitraan distribusi 15 tahun antara Walt Disney dan Studio Ghibli. Saat itu karakter Kiki disulihsuarakan oleh aktris sekelas Kirsten Dunst.

Menurut Miyazaki, film ini menggambarkan jurang antara kemerdekaan dan ketergantungan pada gadis remaja Jepang. Walaupun tentang penyihir, ternyata maknanya dalam, ya. 

3.Grave of the Fireflies (1988) - 100%

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Film ini mendapatkan skor sempurna dari Rotten Tomatoes. Selain itu, film ini juga mendapatkan pujian dari kritikus film asal Amerika Serikat sekaliber Roger Ebert dan koran terkenal The New York Times.

Film ini disutradarai oleh salah satu co-founder Studio Ghibli selain Miyazaki, IsaoTakahata. Grave of the Fireflies menceritakan dua orang kakak beradik yang bernama Seita dan Setsuko yang berjuang untuk bertahan hidup pada Perang Dunia Kedua di Kobe, Jepang.

Film ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu film perang terbesar sepanjang masa dan telah diakui sebagai karya utama animasi Jepang. Karena mempunyai ending yang mengharukan, kalian harus siap-siap tissue waktu menontonnya.

4.Only Yesterday (1991) - 100%

https://www.youtube.com/embed/OfkQlZArxw0

Only Yesterday juga mendapatkan skor sempurna dari Rotten Tomatoes. Ini adalah film kedua yang disutradari Isao Takahata di bawah naungan Ghibli. Mengangkat genre drama romansa, film ini menceritakan perjalanan seorang wanita karier yang bernama Taeko ke pedesaan Yamagata untuk mengunjungi keluarga saudara perempuannya selama panen safflower tahunan.

Di sana ia berkenalan dengan Toshio, sepupu kedua iparnya. Seiring berjalannya waktu, tumbuh benih-benih cinta di antara mereka.

Film ini mendapat pujian dari Metacritic, The New York Times, dan Roger Ebert. Pada 2016 lalu film ini dirilis dalam format bahasa Inggris dan disulihsuarakan oleh bintang bintang terkenal, seperti Daisy Ridley dan Dev Patel sebagai Taeko dan Toshio.

5.The Tale of the Princess Kaguya (2013) - 100%

https://www.youtube.com/embed/W71mtorCZDw

Yang terakhir adalah The Tale Of the Princess Kaguya yang bergenre drama fantasi. Film ini juga mendapat skor sempurna dari Rotten Tomatoes.

Ditulis dan disutradarai kembali oleh Isao Takahata, film ini didasarkan oleh cerita rakyat Jepang, Kisah Pemotong Bambu. Cerita ini berkisah seorang pemotong bambu yang suatu hari menemukan seorang gadis miniatur di dalam rebung yang bercahaya yang menjadi cikal bakal legenda tentang Putri Kaguya.

Dirilis pada 2013 lalu, film ini berhasil masuk ke dalam nominasi Academy Awards ke-87 untuk Film Animasi Terbaik. Namun, dikalahkan oleh animasi Disney yang berjudul Big Hero Six.

Film ini juga disulihsuarakan dalam bahasa Inggris dengan voice cast bintang-bintang beken, seperti Chloe Grace Moretz, Darren Criss, Mary Steenburgen, Lucy Liu, James Marsden, Oliver Platt, dan John Cho.

 

Film film Ghibli di atas wajib banget kalian tonton. Selain mengandung pesan moral dan petualangan yang seru, film-film Ghibli di atas juga menampilkan detail animasi yang memukau dan bisa disejajarkan dengan animasi buatan Disney atau Pixar.

Buat kalian yang belum menonton, kalian bisa menonton karya-karya Ghibli lainnya di layanan streaming Netflix untuk mengisi waktu luang kalian.

Baca Juga: 5 Karakter Ikonik yang Menjadi Maskot Studio Ghibli, Ada Favoritmu?

Satria Wibawa Photo Writer Satria Wibawa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya