Comscore Tracker

Akan Garap Spin-Off A Quiet Place, Ini 5 Film Terbaik Jeff Nichols

Filmnya berkualitas semua! #IDNTimesHype

Seri film A Quiet Place kembali menjadi pembicaraan hangat di kalangan penikmat film dunia. Sebab, setelah A Quiet Place Part II menuai sukses besar, Paramount Pictures dikabarkan akan segera membuat spin-off nya yang berada dalam A Quiet Place Universe.

Jika 2 film sebelumnya ditangani oleh John Krasinski, kali ini spin-off nya akan digarap oleh Jeff Nichols. Siapa Jeff Nichols? Mungkin sebagian dari kita masih awam dengan sineas kelahiran Arkansas, Amerika Serikat ini.

Ternyata, sejak mulai berkarir tahun 2006 sampai sekarang, pria yang menempuh pendidikan di University of North Carolina School of the Arts ini cukup sering membuat film-film berkualitas, lho! Di antaranya bahkan ada yang  berjaya di berbagai ajang penghargaan bergengsi. Apa saja? Simak di bawah.

1. Shotgun Stories (2007)

https://www.youtube.com/embed/ipqhCUCZYxI

Shotgun Stories merupakan debut penyutradaraan dari Jeff Nichols. Film ini menceritakan perseteruan antar saudara tiri setelah kematian ayah mereka. Selain hal tersebut, film ini juga menyoroti perjuangan mereka dalam menyelamatkan keluarganya masing-masing.

Film yang dibintangi oleh Michael Shannon ini mendapat respon positif dari para kritikus. Bahkan, Rotten Tomatoes memberi film ini skor sebesar 90%.

2. Take Shelter (2011)

https://www.youtube.com/embed/hUraDx3oFVg

Michael Shannon kembali diajaknya bermain dalam film bergenre thriller psikologis berjudul Take Shelter. Namun, Michael tak sendiri, ia ditemani oleh Jessica Chastain yang berperan sebagai istrinya.

Take Shelter berkisah tentang pria bernama Curtis LaForche (Michael Shannon) yang memiliki visi tentang bencana besar yang akan datang. Terobsesi oleh mimpinya, ia pun membangun sebuah shelter bencana di belakang rumahnya. Sikapnya yang aneh tersebut berdampak buruk kepada orang-orang di sekitarnya, termasuk sang istri, Samantha (Jessica Chastain).

Film yang tayang perdana dalam Sundance Film Festival ini berhasil meraih piala di berbagai ajang penghargaan bergengsi. Di antaranya adalah piala Best Writing dan Best Actor dalam Saturn Awards.

3. Mud (2012)

https://www.youtube.com/embed/2m9IFlz2iYo

Ide cerita Mud dikembangkan oleh Jeff Nichols ketika ia masih duduk di bangku sekolah. Kabarnya, ia terinspirasi dari novel klasik karya Mark Twain berjudul The Adventures of Tom Sawyer (1876).

Film ini dibintangi oleh para aktor papan atas Hollywood seperti Matthew McConaughey, Tye Sheridan, Sam Shepard, dan Reese Witherspoon. Ceritanya mengikuti sepasang remaja yang masuk dalam kehidupan pria bernama Mud (Matthew McConaughey), buronan yang bersembunyi di sebuah pulau kecil.

Mud sempat bersaing memperebutkan piala Palme d'Or di ajang Cannes Film Festival pada 2012 lalu. Namun, piala tersebut jatuh ke Amour besutan Michael Haneke. Bagi kalian yang suka film bertema coming-of-age, Mud recommended banget buat ditonton.

Baca Juga: Gabung Spin-Off 'Mad Max', 9 Potret Chris Hemsworth yang Super Stylish

4. Loving (2016)

https://www.youtube.com/embed/bQMF5MSohPA

Loving dibuat Jeff Nichols berdasarkan dokumenter karya Nancy Buirski berjudul The Loving Story (2011). Film menceritakan kisah nyata pasutri bernama Richard dan Mildred Loving (Joel Edgerton dan Ruth Negga), dalam memenangkan gugatan negara bagian Virginia tentang larangan pernikahan antar ras.

Selain mendapat pujian dari para kritikus, Loving berhasil wara-wiri di berbagai ajang penghargaan bergengsi. Dalam ajang Academy Awards ke-89, film ini berhasil meraih nominasi Best Actress untuk Ruth Negga. Namun, piala tersebut jatuh ke tangan Emma Stone (La La Land).

5. Midnight Special (2016)

https://www.youtube.com/embed/1zuQTmVCEn4

Di tahun yang sama, Jeff Nichols juga merilis film bergenre fiksi ilmiah berjudul Midnight Special. Tak tanggung-tanggung, selain kembali mengajak 2 aktor langganannya, Michael Shannon dan Joel Edgerton, ia juga turut menampilkan Kirsten Dunst dan Adam Driver dalam film ini.

Michael Shannon berperan sebagai seorang ayah yang berusaha melindungi putranya dari pemerintah dan sekte sesat, setelah mengetahui bahwa sang putra, Alton (Jaeden Lieberher) memiliki kemampuan istimewa. Jika kalian suka film fiksi ilmiah dengan vibes ala Steven Spielberg, karya Jeff Nichols satu ini wajib masuk watchlist.

Melihat track record-nya dalam membuat film-film bagus di atas, rasanya sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya dalam mengarahkan spin-off dari A Quiet Place nantinya. Mari kita tunggu sama-sama!

Baca Juga: Review A Quiet Place Part II, 97 Menit yang Mencekam 

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Wake up. Eat. Work. Movies. Sleep. Repeat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya