Comscore Tracker

5 Film Animasi Terbaik Paruh Pertama 2022 Versi Rotten Tomatoes

Ada dua film anime asal Jepang, lho!

Sepanjang Januari hingga Juni 2022, penggemar film dimanjakan oleh beragam genre yang tersaji di bioskop dan platform streaming. Dari sekian banyak genre yang ditawarkan, animasi menjadi salah satu yang paling digemari.

Tercatat, ada banyak film animasi yang sukses menghibur penonton hingga pertengahan tahun ini. Namun, hanya segelintir yang mampu menuai decak kagum dari para kritikus, seperti lima film animasi di bawah ini.

Dapat skor tinggi di Rotten Tomatoes, lima judul berikut keluar sebagai film animasi terbaik 2022 sejauh ini. Dua di antaranya film anime asal Jepang, lho!

1. Apollo 10 1/2: A Space Age Childhood - 91 persen

https://youtube.com/embed/Dzuz5s_Qk-A

Disutradarai oleh Richard Linklater, Apollo 10 1/2: A Space Age Childhood menjadi penanda kembalinya sang sineas ke genre animasi pasca A Scanner Darkly (2006). Sama seperti film tersebut, film ini memakai teknik animasi unik yang disebut rotoscoping dalam pembuatannya.

Dinarasikan oleh Jack Black, Apollo 10 1/2: A Space Age Childhood mengikuti bocah kelas 4 SD yang doyan berimajinasi bernama Stanley (Milo Coy). Suatu hari, ia kedatangan dua pegawai NASA yang merekrutnya untuk misi rahasia ke Bulan.

Tak hanya berbumbu fantasi, film yang terinspirasi dari masa kecil Linklater ini juga menyoroti kehidupan seru Stanley dan keluarganya, lho. Dijamin bikin kamu asyik bernostalgia, deh!

2. Turning Red - 94 persen

https://youtube.com/embed/XdKzUbAiswE

Pada Maret lalu, para penggemar film animasi dimanjakan oleh karya teranyar Pixar Animation Studios berjudul Turning Red. Mengusung tema coming-of-age, film ini berfokus pada remaja keturunan China/Kanada bernama Mei Lee (Rosalie Chiang).

Kehidupan remaja Mei Lee menjadi semakin berwarna ketika ia diketahui memiliki kemampuan berubah wujud menjadi panda merah raksasa. Siapa sangka, kemampuan tersebut justru mengungkap rahasia mengenai silsilah keluarganya.

Selain Rosalie Chiang, film arahan Domee Shi ini juga diramaikan oleh sejumlah bintang Hollywood ternama. Dua di antaranya yakni Sandra Oh dan Maitreyi Ramakrishnan yang menyuarakan karakter ibu dan sahabat Mei Lee.

3. Belle - 95 persen

https://youtube.com/embed/ChneY1MSVFw

Selang tiga tahun kesuksesan Mirai (2018) di ajang Oscar, Studio Chizu kembali menggebrak lewat anime terbaru mereka yang berjudul Belle. Sebenarnya, film ini telah diputar di Jepang sejak Juli 2021. Namun, Belle baru dirilis secara luas pada tahun ini.

Alur cerita film ini berfokus pada Suzu Naito (Kaho Nakamura), siswi SMA yang menyimpan trauma mendalam atas kematian ibunya. Suatu hari, ia mencoba menyalurkan rasa frustasinya dengan masuk ke dalam dunia virtual bernama U.

Di dalam U, Suzu mampu menjelma menjadi Bell, sosok penyanyi terkenal yang diimpikannya selama ini. Namun, kepopuleran Bell seketika diuji oleh kedatangan avatar misterius bernama Dragon.

Baca Juga: 9 Film dan Serial Animasi Netflix yang Tayang Juli 2022

4. Jujutsu Kaisen 0 - 98 persen

https://youtube.com/embed/UPRqnFnnrr8

Selain Belle, Jujutsu Kaisen 0 juga film anime yang berhasil mencuri perhatian para kritikus tahun ini. Film adaptasi manga berjudul sama ini digarap oleh MAPPA, studio animasi yang juga menelurkan serial anime hits macam Attack on Titan: The Final Season.

Jujutsu Kaisen 0 berkisah tentang Yuta Okkotsu (Megumi Ogata), remaja yang dilindungi oleh roh teman masa kecilnya bernama Rika Orimoto (Kana Hanazawa). Demi mengendalikan roh Rika yang overprotektif, Yuta pun akhirnya memutuskan untuk bergabung dalam akademi penyihir Jujutsu High.

5. Marcell the Shell with Shoes On - 100 persen

https://youtube.com/embed/k98Afd7Nf3Y

Di urutan pertama, ada Marcell the Shell with Shoes On yang diadaptasi dari film pendek berjudul sama karya Dean Fleischer-Camp. Versi filmnya ini juga disutradarai oleh Fleischer-Camp yang menggandeng komedian ternama sekaligus mantan istrinya, Jenny Slate, sebagai pengisi suara.

Marcell the Shell with Shoes On menceritakan tentang filmmaker bernama Dean (Dean Fleischer-Camp) yang menemukan Marcel (Jenny Slate), cangkang mini yang mampu berbicara layaknya manusia, di rumahnya. Tertarik dengan keunikan Marcel, Dean pun mulai mendokumentasikan kegiatan sehari-hari dari makhluk ajaib tersebut.

Sejak ditayangkan di Amerika Serikat pada Juni lalu, film yang menggabungkan animasi dan live-action ini disambut hangat oleh para kritikus. Wah, gak heran kalau Marcel the Shell with Shoes On dapat skor sempurna di Rotten Tomatoes!

Menyajikan alur cerita dan karakter yang bervariasi, lima film animasi di atas berhasil meluluhkan hati para kritikus sejauh ini. Menurutmu, layak, gak, kalau deretan judul tersebut dinobatkan sebagai film animasi terbaik paruh pertama 2022? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 13 Film Animasi Terbaik Oscar Ini Bisa Ditonton di Disney+ Hotstar

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya