Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Biopik di Amazon Prime Video, Ciamik!

Film biopik tak selalu membosankan, lho!

Dari semua genre film yang ada, film biopik selalu mempunyai tempat yang istimewa di hati para cinephile. Melalui film biopik, para pencinta film bisa merasakan apa yang dialami oleh seorang tokoh sejarah di balik berbagai peristiwa penting yang terjadi di sekelilingnya. Meski begitu, tak sedikit pula yang ragu untuk menonton film  dengan genre tersebut. Padahal, film biopik tak selalu membosankan, lho!

Seiring berkembangnya zaman, para pelaku industri perfilman terus memutar otak mencari cara bagaimana film biopik bisa diterima oleh semua kalangan. Hal itu dibuktikan dengan dileburkannya berbagai macam genre ke dalam film biopik yang akan dibuat. Mulai dari komedi, perang, hingga romansa sukses menambah 'bumbu' dalam alur cerita film biopik. Simak rekomendasi lima film biopik yang bisa kamu tonton di Amazon Prime Video berikut ini. Dijamin keren!

1. Schindler's List (1993)

https://www.youtube.com/embed/gG22XNhtnoY

Bagi penyuka sejarah, tentu tak asing dengan istilah Holocaust. Ya, peristiwa penyiksaan dan pembantaian yang dilakukan oleh rezim Nazi terhadap jutaan orang Yahudi tersebut menyisakan luka di hati banyak orang.  Berlatar masa-masa pahit tersebut, film arahan Steven Spielberg ini mengikuti Oskar Schindler (Liam Neeson), industrialis Jerman yang berusaha  menyelamatkan ribuan orang Yahudi dari kekejaman Nazi.

Selain Liam Neeson, film berformat hitam putih ini juga turut dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Ben Kingsley dan Ralph Fiennes. Meskipun sempat menjadi kontroversi di beberapa negara, nyatanya Schindler's List mampu meraup keuntungan box office yang tak sedikit. Film ini pun berhasil meraih piala Best Picture di ajang Academy Awards ke-66. Gimana, kamu sudah nonton?

2. Charlie Wilson's War (2007)

https://www.youtube.com/embed/G1mnSjjeC2o

Charlie Wilson's War adalah film terakhir sang sutradara, Mike Nichols, sebelum menutup usia pada tahun 2014 lalu. Seperti judulnya, film ini berfokus kepada Charlie Wilson (Tom Hanks), anggota kongres yang dikenal karena dukungannya  terhadap Operation Cyclone. Operation Cyclone sendiri adalah operasi terbesar CIA dalam mendanai kelompok Mujahidin Afghanistan dari tahun 1979-1992.

Alur film ini meliputi sepak terjang Charlie Wilson di awal tahun 80-an. Mulai dari hubungan romantisnya dengan aktivis politik bernama Joanne Herring (Julia Roberts), pertemanannya dengan agen CIA bernama Gust Avrakotos (Philip Seymour Hoffman), hingga peranannya dalam Operation Cyclone itu sendiri. Selain drama, naskah garapan Aaron Sorkin juga menyelipkan bumbu komedi yang segar. Dijamin gak bakal bikin bosan, deh!

3. The Theory of Everything (2014)

https://www.youtube.com/embed/Salz7uGp72c

Siapa yang tak kenal dengan Stephen Hawking? Fisikawan yang menutup usia pada tahun 2018 lalu itu dikenal karena penemuan-penemuan besarnya seperti singularitas dan mekanisme black hole. Kisah hidupnya yang luar biasa tersebut dituang dalam buku berjudul Travelling to Infinity: My Life with Stephen yang ditulis oleh Jane Hawking, sang mantan istri. Buku tersebut pula yang menjadi inspirasi Working Title Films dalam membuat The Theory of Everything ini.

Film ini mengikuti perjalanan Stephen Hawking (Eddie Redmayne) dalam membuat keputusan-keputusan penting dalam hidupnya. Baik itu terkait profesinya sebagai fisikawan, maupun kehidupan rumah tangganya dengan Jane (Felicity Jones). Eddie Redmayne dan Felicity Jones menjalin chemistry yang kuat satu sama lain. Keduanya pun berhasil masuk dalam nominasi Best Actor dan Best Actress di ajang Academy Awards ke-87. Namun sayangnya, hanya Eddie Redmayne yang berhasil membawa pulang piala malam itu.

Baca Juga: 5 Film Biopik Indonesia tentang Perjuangan Perempuan, Inspiratif!

4. Unbroken (2014)

https://www.youtube.com/embed/XrjJbl7kRrI

Setelah menelurkan In the Land of Blood and Honey (2011), Angeline Jolie kembali ke bangku penyutradaraan melalui biopik berlatar perang berjudul Unbroken ini. Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Laura Hillenbrand, film ini adalah karya Angelina yang cukup mendapat spotlight di tangga box office. Berhasil meraup pundi-pundi sebesar 163,4 juta dolar AS, Unbroken berkisah tentang Louis "Louie" Zamperini (Jack O'Connell), perwira Angkatan Darat Amerika Serikat yang ditawan oleh Jepang selama Perang Dunia Kedua.

Tak hanya memperlihatkan struggling-nya sang perwira kala menjadi tawanan perang, naskah garapan Coen Brothers juga mengajak penonton untuk menyelami masa lalunya. Mulai dari masa kecilnya di Torrance, California hingga keikutsertaannya di Olimpiade Musim Panas 1936 sukses dikemas dengan rapi. Selain Jack O'Connell, Unbroken juga turut dibintangi oleh aktor-aktor bertalenta seperti Domhnall Gleeson, Garrett Hedlund, Finn Wittrock, Jai Courtney, hingga superstar asal Jepang Miyavi. Tertarik menontonnya?

5. Being the Ricardos (2021)

https://www.youtube.com/embed/WvrjCdtB0zM

Tahun lalu, WandaVision (2021) mampu mencuri perhatian penggemar TV series karena sajiannya yang unik. Namun, tahukah kalian kalau sitkom klasik berjudul I Love Lucy (1951-1957) menjadi inspirasi serial besutan Marvel Studios tersebut?  Melalui Being the Ricardos, Aaron Sorkin selaku sutradara sekaligus penulis naskah menyoroti minggu-minggu terberat produksi sitkom terlaris sepanjang masa tersebut. Mulai dari sesi pembacaan naskah hingga adegan krusial yang menjadi perdebatan para pemainnya.

Kehidupan rumah tangga dua bintang utamanya, Lucille Ball (Nicole Kidman) dan Desi Arnaz (Javier Bardem), pun tak luput dari bidikan Aaron Sorkin. Nicole Kidman dan Javier Bardem sukses membawakan perannya masing-masing. Terutama Nicole Kidman, sang aktris mampu menghidupkan karakter Lucille Ball yang eksentrik. Hal itu dibuktikan dengan kemenangannya di ajang Golden Globe Awards tahun ini. Penasaran dengan akting Nicole Kidman? Kamu wajib nonton Being the Ricardos.

Selain menghibur, banyak adegan dari film di atas yang dapat kita jadikan pelajaran untuk hidup. Dari deretan film keren di atas, mana yang ingin kamu tonton duluan, nih? Jangan lupa untuk siapkan camilan favoritmu sebagai teman nonton, ya!

Baca Juga: 10 Potret Jonah Lees, John Lennon Muda di Film Biopik The Beatles 

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Wake up. Eat. Work. Movies. Sleep. Repeat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya