Comscore Tracker

8 Film Rilisan Searchlight Pictures yang Tayang 2022, Wajib Tonton!

Dua di antaranya diramal bakal raih Best Picture Oscar 2023

Dari sekian banyak studio film yang dipunyai oleh Disney, Searchlight Pictures adalah salah satu yang paling rajin merilis film Hollywood bermutu setiap tahunnya. Bahkan, beberapa film rilisan mereka berhasil meraih nominasi di berbagai ajang penghargaan bergengsi, termasuk Academy Awards.

Setelah tahun lalu sukses lewat Nomadland (2021), The Eyes of Tammy Faye (2021), The French Dispatch (2021), hingga Nightmare Alley (2021), Searchlight Pictures kembali dengan beberapa judul terbaru tahun ini. Beberapa di antaranya memang sudah tayang di sejumlah platform streaming, seperti Hulu dan Disney+.

Namun, sebagian lagi dipastikan bakal menghiasi bioskop dalam waktu dekat. Dari horor hingga romansa, berikut delapan film rilisan Searchlight Pictures yang wajib kamu tonton tahun ini. Semuanya dibintangi oleh aktor kondang, lho!

1. Fresh (2022)

https://youtube.com/embed/iUT4YskFTig

Di saat aplikasi kencan seperti Tinder hingga OkCupid kian menjamur, bisa menemukan jodoh di dunia nyata tentunya adalah sebuah keberuntungan. Namun, apa jadinya kalau orang yang kita kencani tersebut menyimpan sebuah maksud tersembunyi?

Dalam Fresh, peristiwa tersebut dialami oleh Noa (Daisy Edgar-Jones), perempuan yang berkali-kali gagal mencari pasangan di dunia maya. Suatu hari, ia tanpa sengaja bertemu dengan pria bernama Steve (Sebastian Stan) di sebuah supermarket.

Bisa ditebak, pertemuan tersebut menjadi awal dari serangkaian kejadian horor yang menimpa Noa. Gimana, berani menonton film yang dapat skor sebesar 81 persen di Rotten Tomatoes ini, gak?

2. Fire Island (2022)

https://youtube.com/embed/ASN_qGMUREY

Bosan dengan film adaptasi novel Jane Austen yang itu-itu melulu? Jika iya, Fire Island mungkin bisa jadi pilihan tontonan yang tepat buatmu. Film ini terinspirasi dari karya legendaris Austen yang berjudul Pride and Prejudice.

Uniknya, alih-alih menghadirkan karakter anak-anak keluarga Bennet, Fire Island justru memasang sekelompok sahabat LGBT sebagai fokus utama. Mereka adalah Noah (Joel Kim Booster), Howie (Bowen Yang), Luke (Matt Rogers), Keegan (Tomás Matos), dan Max (Torian Miller).

Film ini mengikuti liburan seru mereka di sebuah pulau bernama Fire Island. Di pulau tersebut, Noah bertemu dan menjalin hubungan cinta-benci dengan seorang dokter jutek bernama Will (Conrad Ricamora).

3. Good Luck to You, Leo Grande (2022)

https://youtube.com/embed/TJcbZoJFLTU

Meski nominasi Oscar 2023 belum diumumkan, tapi sejumlah media kenamaan telah meramalkan masuknya Emma Thompson ke dalam nominasi Best Actress. Bagaimana tidak, akting Thompson dalam Good Luck to You, Leo Grande memang sungguh luar biasa.

Dalam film ini, aktris senior asal Inggris tersebut memerankan sosok janda kesepian bernama Nancy Stokes. Demi memuaskan hasrat seksualnya yang terpendam, Nancy pun menyewa Leo Grande (Daryl McCormack), PSK muda yang karismatik.

Jika prediksi media terbukti benar, maka Good Luck to You, Leo Grande akan menjadi film pertama dalam 28 tahun yang berhasil mengantarkan Thompson ke ajang Oscar setelah Sense and Sensibility (1995). Mari kita tunggu sama-sama saja, ya!

4. Not Okay (2022)

https://youtube.com/embed/Xvby6Z0vWmA

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang bisa dikenal secara luas. Salah satunya yakni karena prestasi yang diraihnya. Namun, bagi Danni Sanders (Zoey Deutch), popularitas bisa diraih dengan cara-cara yang gak oke, termasuk memalsukan tragedi.

Ya, lewat Not Okay, Quinn Shephard, selaku sutradara dan penulis naskah, berhasil menyajikan sebuah studi karakter yang menarik yakni bagaimana sebuah perilaku narsistik dapat menghancurkan diri sendiri.

Pesan positif tersebut mampu tersampaikan kepada penonton berkat akting memikat dari Zoey Deutch. Tergoda menyaksikan Not Okay? Film ini sudah tersedia di Disney+ Hotstar, lho.

Baca Juga: 11 Film Terbaik Garapan Searchlight Pictures yang Sabet Oscar

5. See How They Run (2022)

https://youtube.com/embed/Q00qh7Ab6Mk

Saoirse Ronan, Sam Rockwell, dan misteri pembunuhan. Tiga hal tersebut sudah cukup menjadi alasan mengapa See How They Run layak banget kamu tunggu perilisannya.

Masih belum cukup? Baiklah, selain Ronan dan Rockwell, film ini juga menampilkan sederet bintang papan atas seperti Adrien Brody, Ruth Wilson, David Oyelowo, hingga Harris Dickinson.

Dalam See How They Run, mereka semua terlibat dalam kasus pembunuhan sejumlah kru film adaptasi drama panggung terkenal. Film ini bakal tayang dalam waktu dekat kok yakni tepatnya 16 September. Jadi, sabar sebentar lagi ya!

6. The Banshees of Inisherin (2022)

https://youtube.com/embed/uRu3zLOJN2c

Sebelum dirilis secara luas pada 21 Oktober mendatang, film arahan Martin McDonagh (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri) ini akan lebih dulu tayang dalam Venice Film Festival 2022. Jika berhasil menang Golden Lion, bukan tak mungkin The Banshees of Inisherin bakal menjadi kandidat kuat pemenang Best Picture Oscar tahun depan.

Menggandeng sejumlah bintang papan atas yakni Colin Farrell, Brendan Gleeson, dan Barry Keoghan, film ini berfokus pada persahabatan dua orang pria. Namun, persahabatan tersebut harus diuji ketika salah satu dari mereka mencoba mengakhiri hubungan.

7. The Menu (2022)

https://youtube.com/embed/C_uTkUGcHv4

Sejak Searchlight Pictures merilis teaser-nya beberapa bulan yang lalu, penggemar film pun langsung dibuat penasaran dengan film arahan Mark Mylod (Shameless, Succession) ini. Bagaimana tidak, The Menu memiliki sinopsis yang cukup menarik.

Film ini berkisah tentang pasangan muda yang berkunjung ke sebuah restoran mewah milik seorang celebrity chef. Alih-alih dikenyangkan dengan makanan mahal, mereka berdua justru dikejutkan dengan teknik memasak sang koki yang tak lazim.

Selain sinopsisnya, kehadiran Anya Taylor-Joy, Nicholas Hoult, dan Ralph Fiennes sebagai pemeran utama pun tak kalah memantik antusiasme para sinefil. Gimana, jadi gak sabar nunggu perilisan The Menu pada 18 November mendatang, kan?

8. Empire of Light (2022)

8 Film Rilisan Searchlight Pictures yang Tayang 2022, Wajib Tonton!first look film Empire of Light (dok. Searchlight Pictures/Empire of Light)

Selain The Banshees of Inisherin, Empire of Light juga disebut oleh beberapa media ternama sebagai salah satu calon terkuat peraih Best Picture Oscar 2023. Pasalnya, film ini diarahkan oleh Sam Mendes, sineas yang sukses raih Oscar lewat film-film arahannya macam American Beauty (2000) dan 1917 (2019).

Jajaran pemainnya pun tak kalah mentereng. Olivia Colman, Colin Firth, Toby Jones hingga aktor muda berbakat, Micheal Ward digandeng Mendes untuk membintangi Empire of Light.

Bila melihat sutradara dan para pemainnya, rasanya tak berlebihan jika film yang berlatar bioskop pesisir Inggris era 80-an ini mampu meraih Oscar buzz yang sedemikian rupa. Nantikan penayangannya pada 9 Desember nanti, ya!

Selain delapan film di atas, Searchlight Pictures juga masih mempunyai empat judul lain yang sedang menunggu penetapan jadwal rilis. Empat film tersebut adalah Chevalier (2022), Flamin' Hot (2022), Poor Things (2022) dan Rye Lane (2022).

Biar tahu update beritanya, jangan lupa pantengin terus IDN Times ya!

Baca Juga: Selain Seri James Bond, 5 Film Sam Mendes Ini Juga Patut Ditonton

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya