Comscore Tracker

5 Podcast Terbaik Tahun ini Versi Spotify Wrapped 2022, Beragam Genre!

Dua di antaranya mengundang Elon Musk dan Hailey Bieber

Selain film, serial televisi, dan musik, podcast juga menjadi salah satu hiburan yang paling diminati oleh masyarakat. Beragamnya genre podcast, mulai dari talkshow, komedi, horor, hingga bisnis, membuat orang betah mendengarkannya selama berjam-jam. Bicara soal podcast, pasti tak lepas dari yang namanya Spotify.

Layanan streaming populer tersebut menghadirkan jutaan podcast berkualitas yang tersedia dalam berbagai bahasa. Dari sekian banyak podcast yang ada di Spotify, lima di antaranya berhasil menjadi The Top Global Podcasts of 2022 di Spotify Wrapped yang dirilis pada Rabu (30/11/2022) kemarin.

Menjadi podcast dengan pendengar terbanyak tahun ini, berikut lima podcast terbaik versi Spotify Wrapped 2022. Semuanya layak banget kamu masukkan ke dalam playlist, lho!

1. The Joe Rogan Experience

5 Podcast Terbaik Tahun ini Versi Spotify Wrapped 2022, Beragam Genre!podcast The Joe Rogan Experience (spotify.com/TheJoeRoganExperience)

Buat kamu yang belum kenal Joe Rogan, ia adalah komentator olahraga, komedian, aktor, sekaligus podcaster asal Amerika Serikat. The Joe Rogan Experience adalah podcast miliknya yang launching pada 24 Desember 2009 silam di YouTube. Kemudian, pada Desember 2020, podcast ini rilis secara eksklusif di Spotify.

Konsep The Joe Rogan Experience sebenarnya sama dengan podcast interview pada umumnya. Namun, gaya bicara Rogan yang cenderung "bebas" membuat penggemar betah mendengarkan podcast-nya selama berjam-jam (satu episode biasanya berdurasi dua hingga tiga jam). Tak hanya pembawaan Rogan yang eksentrik, tamu-tamu yang diundangnya pun tak kalah mencuri perhatian.

Elon Musk, Edward Snowden, Bernie Sanders, hingga ahli teori konspirasi Bob Lazar adalah empat dari deretan tokoh penting yang pernah singgah di The Joe Rogan Experience. Wah, gak salah kalau podcast ini duduk di posisi puncak The Top Global Podcasts of 2022 di Spotify Wrapped tahun ini, ya!

2. Call Her Daddy

5 Podcast Terbaik Tahun ini Versi Spotify Wrapped 2022, Beragam Genre!podcast Call Her Daddy (spotify.com/CallHerDaddy)

Selama ini, kaum perempuan selalu menjadi korban objektifikasi, apalagi jika berkaitan dengan seks dan hubungan asmara. Permasalahan tersebut dikupas tuntas oleh sang pembawa acara, Alexandra Cooper, dalam podcast miliknya yang berjudul Call Her Daddy.

Keberanian Call Her Daddy dalam mengangkat topik-topik tabu membuat podcast ini begitu diminati. Bahkan, Cooper tak segan-segan untuk mengundang beberapa selebriti Hollywood sebagai narasumber. Salah satunya adalah Hailey Bieber, istri dari penyanyi kenamaan Justin Bieber.

Dalam episode tersebut, Hailey blak-blakan mengenai posisi seks favoritnya dengan sang suami hingga dugaan perseteruannya dengan mantan kekasih Justin, Selena Gomez. Tak pelak, berkat episode tersebut, Call Her Daddy langsung melesat ke posisi puncak di Spotify Podcast Charts.

3. Anything Goes with Emma Chamberlain

5 Podcast Terbaik Tahun ini Versi Spotify Wrapped 2022, Beragam Genre!podcast Anything Goes with Emma Chamberlain (spotify.com/AnythingGoeswithEmmaChamberlain)

Selanjutnya, ada Anything Goes with Emma Chamberlain yang meraih posisi ketiga dalam The Top Global Podcasts of 2022 di Spotify Wrapped tahun ini. Podcast ini berisi tentang curahan hati, opini, sampai pengalaman pribadi dari seorang influencer bernama Emma Chamberlain.

Topik yang diangkat Chamberlain sering kali acak. Mulai dari yang remeh, seperti kegiatan belanja, sampai yang serius, seperti krisis identitas. Meski cenderung random, cara Chamberlain dalam membangun nuansa nyaman, hangat, dan aman bagi para pendengarnya membuat Anything Goes with Emma Chamberlain mampu menarik atensi seluruh kalangan.

Baca Juga: 7 Konten Podcast Deddy Corbuzier Tuai Kontroversi, Terbaru Karmalogy

4. Caso 63

5 Podcast Terbaik Tahun ini Versi Spotify Wrapped 2022, Beragam Genre!podcast Caso 63 (spotify.com/Caso63)

Butuh asupan podcast bergenre thriller psikologis? Caso 63 wajib kamu masukkan ke dalam playlist. Podcast buatan Julio Rojas ini berkisah tentang Elisa Aldunate (Antonia Zegers), psikiater yang merekam sesi terapinya dengan "Pasien 63" (Néstor Cantillana), pasien misterius yang mengaku sebagai penjelajah waktu.

Sesi terapi yang seharusnya berjalan lancar tersebut menjadi ancaman ketika batas antara ruang, waktu, dan kenyataan menjadi kabur. Tak hanya Elisa, persepsi dan pikiran pendengar pun turut "dipermainkan" sepanjang 15 menit durasi per episodenya.

Kesuksesan podcast berbahasa Spanyol ini membuat Spotify mengadaptasinya dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris. Berjudul Case 63, podcast tersebut menampilkan dua aktor Hollywood berbakat, yakni Julianne Moore dan Oscar Isaac, sebagai psikiater dan pasien.

5. Crime Junkie

5 Podcast Terbaik Tahun ini Versi Spotify Wrapped 2022, Beragam Genre!podcast Crime Junkie (spotify.com/CrimeJunkie)

Seperti namanya, Crime Junkie adalah podcast yang dikhususkan bagi penggemar true crime alias kasus kejahatan nyata. Dibawakan oleh sepasang sahabat, Ashley Flowers dan Brit Prawat, podcast ini membahas berbagai kasus kriminal yang masih diselubungi misteri, seperti pembunuhan hingga orang hilang.

Biasanya, setiap episode Crime Junkie berdurasi sekitar 30 menit hingga 1 jam. Flowers bertugas menceritakan ke pendengar tentang detail kasusnya, sementara Prawat menanggapi cerita Flowers dengan memberikan perspektif berbeda tentang kasus yang diangkat.

Berkat storytelling mereka yang memikat, podcast yang akan merayakan hari jadi kelimanya pada 17 Desember nanti ini berhasil meraih posisi kelima dalam The Top Global Podcasts of 2022 di Spotify Wrapped tahun ini.

Gimana, keren-keren, kan, lima podcast yang masuk dalam The Top Global Podcasts of 2022 Spotify Wrapped di atas? Dengan konsep, storytelling, dan kualitas audio yang jempolan, tak heran jika deretan podcast tersebut mampu mengundang banyak pendengar di tahun ini. Yuk, langsung masukkan semuanya ke dalam playlist!

Baca Juga: 5 Lagu Paling Viral Versi Spotify Wrapped 2022, Easy Listening!

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya