Comscore Tracker

5 Series Netflix Serupa dengan "Dark", Jalan Cerita Mindblowing

Ceritanya dijamin bikin otakmu travelling!

Disebut sebagai salah satu serial terbaik yang pernah tayang di Netflix, "Dark" sukses mencuri perhatian penonton selama tiga musim penayangannya. Konsep dunia paralel yang dibangun dalam serial tersebut mampu membuat penggemar series betah menyaksikan tiap episodenya. Selain konsepnya yang cerdas, misteri yang disajikan dalam "Dark" juga berhasil memikat pemirsa setianya.

Tak heran jika series tersebut mempunyai basis penggemar yang lumayan besar. Nah, jika kamu termasuk salah satu fans dari "Dark", lima serial Netflix berikut ini bisa menjadi favoritmu selanjutnya. Dijamin gak kalah seru!

1. The OA (2016-2019)

https://youtube.com/embed/DvHJtez2IlY

Dibintangi Brit Marling, The OA merupakan kali ketiga kerjasama sang aktris dengan sineas Zal Batmanglij setelah Sound of My Voice (2011) dan The East (2013).  Serial yang berlangsung selama dua musim ini dijamin akan membuatmu betah mengikuti tiap episodenya. Selain penampilan Brit Marling yang brilian, The OA juga mempunyai alur cerita yang susah ditebak.

Brit Marling berperan sebagai Prairie Johnson, gadis yang kembali ke rumah setelah menghilang selama tujuh tahun secara misterius. Kemunculannya pun tak kalah menimbulkan tanda tanya. Prairie yang semula difabel netra, tiba-tiba kembali dalam keadaan bisa melihat. Apa yang sebenarnya terjadi pada Prairie? Ikuti kisah ajaib Prairie dalam The OA untuk tahu jawabannya.

2. The Society (2019)

https://youtube.com/embed/-MMEQA2UgXQ

Serial ini dibuat oleh Christopher Keyser, kreator dari serial remaja ikonik berjudul Party of Five (1994-2000). Meskipun sama-sama ditujukan untuk remaja, namun The Society lebih kental dengan unsur survival, misteri, hingga fiksi ilmiah. Para kritikus pun menyebutkan bahwa serial ini mengingatkan mereka akan Lord of the Flies-nya Harry Hook. Lantas, seperti apakah cerita dari The Society?

The Society berfokus pada sekelompok remaja yang harus bertahan hidup setelah menyadari bahwa seluruh penduduk di kota mereka menghilang secara misterius. Tak hanya bertahan hidup, para remaja tersebut juga 'dipaksa' untuk menjalankan roda pemerintahan. Meskipun cukup seru, sayangnya The Society dibatalkan setelah musim pertama penayangannya. Apakah kamu termasuk salah satu penggemar serial ini?

3. Behind Her Eyes (2021)

https://youtube.com/embed/c4LtoWQaLxk

Suka dengan serial yang memiliki plot twist? Kamu pasti tak mau melewatkan miniseri asal Inggris yang satu ini. Behind Her Eyes diadaptasi dari novel berjudul sama karya Sarah Pinborough. Kabarnya, novelnya sendiri mendapat pujian dari banyak kritikus sastra, lho. Tak heran jika Behind Her Eyes menjadi salah satu serial yang paling banyak ditonton oleh pemirsa tahun lalu.

Behind Her Eyes menceritakan tentang perselingkuhan antara Louise (Simona Brown) dan bosnya, David (Tom Bateman). Situasi bertambah runyam ketika istri David yang bernama Adele (Eve Hewson) menjalin persahabatan dengan Louise. Di balik hal tersebut, ternyata ada rahasia gelap yang disimpan oleh Adele. Rahasia tersebut tak hanya membuat Louise menyesali semuanya, namun juga berhasil membuat penonton melongo saking kagetnya!

Baca Juga: Ngeri! 5 Anime Bertema Apokaliptik Ini Wajib Kamu Tonton

4. Midnight Mass (2021)

https://youtube.com/embed/y-XIRcjf3l4

Setelah meneror penonton lewat The Haunting of Hill House (2018) dan The Haunting of Bly Manor (2020), Mike Flanagan kembali lewat 'mainan barunya' berjudul Midnight Mass. Kali ini, tak ada hantu berwajah pucat yang membuat penonton bermimpi buruk. Sebagai gantinya, Mike Flanagan menghadirkan Hamish Linklater sebagai Father Paul Hill yang karismatik, namun menyimpan rahasia.

Selain Hamish Linklater, serial ini juga semakin menarik dengan kehadiran Samantha Sloyan sebagai Bev Keane yang super menyebalkan. Karakternya sukses membuat penonton geregetan. Selain Hamish dan Samantha, serial ini juga diramaikan oleh sejumlah aktor berbakat seperti Kate Siegel, Zach Gilford, hingga Rahul Kohli. Mereka berlima sukses menjadikan Midnight Mass sebuah roller coaster emosi yang dahsyat!

5. Archive 81 (2022)

https://youtube.com/embed/ibxKEqxARkE

Archive 81 adalah kerjasama antara Sonnenshine Productions dan Atomic Monster Productions. Bagi penggemar film horor, tentu tak asing dengan nama perusahaan film yang disebutkan terakhir. Ya, Atomic Monster Productions telah menelurkan film-film horor ciamik seperti  The Conjuring 2 (2016) dan Annabelle: Creation (2017). Di samping itu, tentu saja yang mencuri perhatian adalah sosok pemiliknya. Siapa lagi kalau bukan James Wan?

Dengan dicantumkannya nama James Wan di barisan eksekutif produser, tentu membuat Archive 81 tak bisa diremehkan begitu saja. Misteri dalam serial ini menarik untuk disimak. Ceritanya pun tak membosankan karena dibagi dalam dua timeline yang berbeda. Di satu sisi, penonton diajak untuk mengikuti upaya karakter Daniel (Mamoudou Athie) dalam menguak rahasia di balik sebuah kaset rekaman. Sementara di sisi lain, investigasi yang dilakukan karakter Melody (Dina Shihabi) turut membuat penonton harap-harap cemas. Gimana, tertarik menontonnya?

Deretan serial Netflix di atas dijamin tak akan membuatmu bosan karena ceritanya yang anti mainstream. Mana, nih, yang ingin kamu tonton duluan? Komen di bawah, ya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Thriller Indonesia, Tegangnya Maksimal!

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Wake up. Eat. Work. Movies. Sleep. Repeat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya