Comscore Tracker

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6

Enam di antaranya telah dikonfirmasi

Siapa yang tak tahu seri film yang satu ini? Dinobatkan sebagai salah satu franchise film horor terlaris sepanjang masa, meraup untung hingga 744,5 juta Dollar AS, Scream menjelma jadi budaya pop yang dikenal luas oleh seluruh dunia.

Meski sempat hiatus selama 11 tahun karena kematian Wes Craven, tapi waralaba ini kembali bangkit dengan merilis film kelimanya di bawah arahan Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett (Ready or Not). Kesuksesan Scream 5 (2022) membuat Paramount Pictures memberi lampu hijau kepada mereka untuk membuat film keenam.

Hal tersebut sontak membuat fans memprediksi sepuluh karakter survivor yang bakal kembali menghadapi Ghostface di Scream 6 (2023). Kira-kira bakal ada siapa saja, ya?

1. Neil Prescott (Lawrence Hecht)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Lawrence Hecht dalam film Scream (dok. Dimension Films/Scream)

Diperkenalkan pertama kali dalam Scream (1996), Neil adalah ayah dari Sidney Prescott (Neve Campbell) sekaligus suami dari korban Ghostface pertama, yakni Maureen Prescott (Lynn McRee). Ia sempat menjadi korban jebakan Ghostface sebelum diselamatkan oleh Sidney dan Gale Weathers (Courteney Cox).

Karakternya pun muncul kembali dalam Scream 3 (2000). Di film tersebut, ia mengunjungi Sidney di California dan membujuk putri semata wayangnya itu untuk kembali ke Woodsboro bersamanya.

Meski saat merilis Scream 4 (2011) Wes Craven menyebut Neil telah meninggal, tapi ada kemungkinan karakternya bakal dihidupkan lagi oleh Bettinelli-Olpin dan Gillett. Kamu sendiri setuju gak kalau Neil tampil dalam Scream 6?

2. Mark Kincaid (Patrick Dempsey)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Patrick Dempsey dalam film Scream 3 (dok. Dimension Films/Scream 3)

Sebelum melejit lewat Grey's Anatomy (2005-2021) sebagai Dr. Derek Shepherd, Patrick Dempsey sempat memerankan sosok Mark Kincaid dalam Scream 3. Mark sendiri merupakan detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan kru film Stab 3.

Saat investigasi, ia menjadi dekat dan jatuh cinta dengan Sidney. Meski awalnya ia sempat dicurigai sebagai Ghostface, tapi hubungan antara Mark dan Sidney berakhir bahagia di Scream 3, lho.

Bahkan, dalam Scream 5, ia disebut-sebut telah menikah dengan Sidney dan mempunyai tiga anak. Oh iya, Mark juga memiliki dialog ikonik yang masih diingat oleh para sinefil hingga saat ini. Begini bunyinya:

"The only thing I know about trilogies is that in the third one... all bets are off."

3. Chad Meeks-Martin (Mason Gooding)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Mason Gooding dalam film Scream 5 (dok. Paramount Pictures/Scream 5)

Masih ingat dengan Randy Meeks (Jamie Kennedy) yang dihabisi oleh Ghostface di Scream 2 (1997)? Yap, Chad Meeks-Martin merupakan kemenakan dari salah satu protagonis terbaik dalam sejarah waralaba Scream tersebut.

Chad muncul dalam Scream 5 ketika ia dan gengnya terlibat dalam pembunuhan baru di Woodsboro. Meski sempat diserang habis-habisan oleh Ghostface, tapi atlet SMA Woodsboro ini berhasil selamat di akhir film.

Sayangnya, Chad kehilangan dua orang yang sangat ia sayangi, yakni Wes Hicks (Dylan Minnette), sahabatnya, dan Liv McKenzie (Sonia Ben Ammar), kekasihnya.

4. Mindy Meeks-Martin (Jasmin Savoy Brown)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Jasmin Savoy Brown dalam film Scream 5 (dok. Paramount Pictures/Scream 5)

Mencuri perhatian lewat Yellowjackets (2021-sekarang), Jasmin Savoy Brown dipercaya perankan Mindy, saudara kembar Chad, dalam Scream 5. Kebalikan dari Chad, Mindy digambarkan sebagai siswa kutu buku yang menyukai film horor, khusunya seri film Stab.

Kesukaannya pada film tersebut justru menyelamatkan Mindy dari rencana Ghostface untuk membunuhnya di basement. Meski demikian, ia sempat terlibat pertarungan sengit dengan Ghostface sebelum diselamatkan oleh Samantha.

Kemunculan Mindy dalam Scream 5 juga sukses mengembuskan nuansa komedi lewat sejumlah dialog yang diucapkannya. Berikut adalah salah satunya,

"You're way too boring to be a psycho."

5. Martha Meeks (Heather Matarazzo)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Heather Matarazzo dalam film Scream 3 (dok. Dimension Films/Scream 3)

Ibu dari Chad dan Mindy sekaligus adik dari Randy Meeks ini diperkenalkan pertama kali dalam Scream 3 sebagai pemeran pendukung. Di film tersebut, Martha membantu Sidney dkk. dengan menyerahkan video rekaman peringatan dari mendiang kakaknya.

Uniknya, banyak fans yang berspekulasi kalau Martha menjalin hubungan dan menikah dengan Joel (Duane Martin), salah satu survivor di Scream 2. Hmm, tapi seru juga, ya, kalau mereka bertemu dan bekerja sama menghentikan Ghostface di Scream 6.

Baca Juga: 13 Aktris Hollywood Ini Layak Dijuluki Scream Queen, Sangar!

6. Kirby Reed (Hayden Panettiere)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Hayden Panettiere dalam film Scream 4 (dok. Dimension Films/Scream 4)

Sebenarnya, nasib Kirby—apakah ia meninggal atau tidak—dalam Scream 4 tak diketahui meski Wes Craven telah menegaskan karakternya tetap hidup di akhir film. Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett pun menegaskannya kembali lewat sebuah thumbnail video yang muncul dalam Scream 5.

Menjadi satu-satunya remaja yang selamat dalam 2011 Woodsboro Massacre Remake Murders membuat Kirby dinantikan kembali penampilannya oleh para fans. Di luar dugaan, hal tersebut diamini oleh Bettinelli-Olpin dan Gillett.

Dilansir Hollywood Reporter, karakter yang diperankan oleh Hayden Panettiere tersebut akan muncul kembali dalam Scream 6. Kira-kira, cocok jadi sekutu atau Ghostface selanjutnya, nih?

7. Gale Weathers (Courteney Cox)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Courteney Cox dalam film Scream 5 (dok. Paramount Pictures/Scream 5)
"Those fu*kers can die in anonymity." (Gale Weathers)

Awalnya, Gale digambarkan sebagai reporter berkepribadian oportunis. Namun, setelah selamat dalam film pertama, ia menjadi orang terdekat kepercayaan Sidney. Di film tersebut pula Gale bertemu dengan mantan suaminya, Dewey Riley (David Arquette).

Selain reporter, Gale juga berprofesi sebagai penulis buku, lho. Hingga ketika film kelima dirilis, ia telah menerbitkan tujuh buku yang ditulis berdasarkan kehidupan Sidney. The Woodsboro Murders adalah salah satu terlaris dan diadaptasi menjadi film berjudul Stab.

Malang bagi Gale, ia harus menyaksikan kematian heroik Dewey di film kelima. Peristiwa tersebut akhirnya menginspirasi Gale untuk membuat buku biografi tentang sang mantan suami.

8. Sidney Prescott (Neve Campbell)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Neve Campbell dalam film Scream 5 (dok. Paramount Pictures/Scream 5)

Tak afdal rasanya jika belum menyebut nama Sidney Prescott dalam daftar ini. Dikenal sebagai penyintas legendaris dalam waralaba Scream, Sidney telah menghadapi sembilan Ghostface sampai saat ini.

Tragisnya, kebanyakan dari Ghostface yang dihadapi Sidney adalah orang terdekatnya. Hal itulah yang membuat Sidney bertransformasi jadi sosok final girl yang badass, alih-alih gadis lugu di film pertama.

Meski tak menjadi target utama dalam Scream 5, ia rela kembali ke Woodsboro untuk membantu Dewey dkk dalam menghadapi Ghostface. Di film tersebut ia menyerahkan "tongkat estafet" franchise ini ke generasi selanjutnya, yakni Samantha dan Tara Carpenter.

9. Samantha Carpenter (Melissa Barrera)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Melissa Barrera dalam film Scream 5 (dok. Paramount Pictures/Scream 5)

Dalam Scream 5, character driven dari Samantha dengan mudah mengingatkan penonton akan Sidney di film pertama. Sama seperti Sidney, Samantha pun harus menerima kenyataan pahit tentang sang kekasih, Richie Kirsch (Jack Quaid), yang ternyata adalah salah satu Ghostface.

Tak hanya itu, Samantha juga diketahui adalah anak kandung dari Billy Loomis (Skeet Ulrich), mantan kekasih Sidney sekaligus salah satu satu Ghostface di film pertama. Fakta tersebut membuatnya meninggalkan Woodsboro sampai peristiwa serangan yang menimpa adiknya, Tara, mengharuskannya kembali.

Kehadiran Samantha juga merupakan bentuk perwujudan dari konsep Scream 5, yakni requel (reboot dan sekuel). Di satu sisi, ia adalah anak dari serial killer, tapi di sisi lain ia juga merupakan sosok final girl.

10. Tara Carpenter (Jenna Ortega)

10 Karakter Survivor yang Diinginkan Fans Tampil dalam Film Scream 6Jenna Ortega dalam film Scream 5 (dok. Paramount Pictures/Scream 5)
"I still prefer The Babadook." (Tara Carpenter)

Adik tiri dari Samantha ini berhasil mematahkan tradisi waralaba Scream tentang korban pertama yang terbunuh di awal film. Namun, selamatnya Tara merupakan pancingan dari Ghostface untuk membawa pulang Samantha ke Woodsboro.

Meski sempat sakit hati karena ditelantarkan Samantha, namun kedua saudari ini bahu membahu menghadapi Ghostface di Scream 5. Ia pun diberi kehormatan untuk membalaskan dendam Dewey, yang menyelamatkannya di rumah sakit, dengan membunuh salah satu Ghostface, yakni Amber Freeman (Mikey Madison).

Hingga detik ini, Gale, Samantha, Tara, Chad, Mindy, dan Kirby adalah enam karakter yang dipastikan akan tampil dalam Scream 6. Selain deretan survivor di atas, siapa lagi karakter yang menurutmu layak kembali ke semesta Scream?

Baca Juga: 10 Film Horor dengan Pembunuh Berantai Bertopeng, Ada Scream! 

Satria Wibawa Photo Verified Writer Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya