Comscore Tracker

Gak Kalah Seru dari Drakor, Ini 5 Drama Mandarin Bergenre Kriminal 

Ceritanya menegangkan juga, lho #HypeIDN

Drama asal negeri Tiongkok saat ini mulai mudah diakses seiring mulai banyaknya layanan streaming. Tak hanya bergenre percintaan, rupanya drama dengan tema kriminal digarap cukup serius oleh sineas Tiongkok. Kasus pembunuhan, karakter jaksa dan polisi biasanya menjadi daya tarik untuk genre yang satu ini. Bagi yang ingin mencoba, berikut ini rekomendasi drama Mandarin bergenre kriminal.

1. Burning Ice

https://www.youtube.com/embed/3l1FJXriONo

Burning Ice rilis pada September 2017, adaptasi dari novel berjudul The Untouched Crime karya Zijin Chen. Ceritanya tentang Yu Guo, pemimpin dari grup Ant Tribe yang terlibat kasus pembunuhan. Hui-ru Zhu, mantan pacarnya menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut dan membutuhkan bantuannya. Para pemain utama serial ini antara lain Hao Qin, Jiajia Deng, Lu Yao, dan Xu Dai.

2. The Bad Kids

https://www.youtube.com/embed/4X0zYbf1pYQ

The Bad Kids merupakan drama yang rilis pada 16 Juni 2020. Serial ini merupakan adaptasi dari novel berjudul Bad Kid karya Zijin chen. Ceritanya tentang tiga anak yang menjadi saksi kasus pembunuhan yang dilakukan seorang guru bernama Zhang Dongsheng. Mereka kemudian harus terlibat dengan kasus kematian lainnya. The Bad Kids mendapatkan banyak pujian baik dari segi narasi, art, dan akting. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Bahasa Mandarin dan Kanton, Dua Dialek Populer di Tiongkok

3. Day and Night

https://www.youtube.com/embed/yV0LGNfknOo

Day and Night menceritakan tentang Guan Hongfeng, mantan kapten di Changfeng Criminal Investigation Detachment. Ia menyelesaikan banyak kasus untuk membuat saudara kembarnya, Guan Hongyu dibebaskan. Pan Yueming memerankan kedua karakter saudara kembar tersebut. Serial ini mendapatkan review yang positif dengan skor 9.0/10 di Douban.

4. A Murderous Affair in Horizon Tower

https://www.youtube.com/embed/Fx6y2eTMMp0

A Murderous Affair in Horizon Tower merupakan drama series yang dibintangi oleh Angelababy, Enqi Cao, dan Jen-Shuo Cheng. Berkisah tentang kematian seorang pemilik kedai kopi Zhong Meibao di sebuah kondominium di Horizon Tower. Saat ia meninggal, wajahnya menggunakan make up seperti boneka. Kasus ini kemudian disebut sebagai “Doll Murder Case”. Serial ini rilis di Cina pada 19 Agustus 2020, dan bisa disaksikan di Wetv.

5. The Long Night

https://www.youtube.com/embed/n8DXjjkbxUM

The Long Night rilis pada 16 September 2020. Serial dengan 12 episode ini berkisah tentang misteri kasus pembunuhan seorang mantan jaksa. Jasadnya yang ditaruh di dalam koper sempat dibawa ke stasiun dan menimbulkan keributan. Pihak kepolisian kemudian berusaha memecahkan kasus kematiannya. Serial ini juga adaptasi dari novel berjudul Chang Ye Nan Ming karya Zijin Chen. 

Serial kriminal asal Mandarin ternyata tak kalah seru dari drama Korea. Tak perlu khawatir soal bahasa karena saat ini subtitle dengan bahasa Indonesia juga cukup lengkap tersedia melalui layanan streaming legal. Coba nonton, deh!

Baca Juga: 5 Drama Korea Medical Terbaik Ini Jarang Diketahui, Udah Nonton?   

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya