Comscore Tracker

10 Film Paling Kompleks Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

Dijamin bakal mind-blowing!

Film terbaik adalah film yang akan menetap di dalam ingatan kita selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah menontonnya. Film-film ini juga sering menuntut kita untuk melakukan rewatch supaya kita dapat memahami alurnya, serta menemukan tautan yang hilang yang tidak dapat ditemukan sebelumnya.

Daftar di bawah ini berisi beberapa film yang begitu rumit dan aneh; jenis film yang lebih masuk akal setelah ditonton berulang kali. Berikut daftarnya.

1. Enemy

https://www.youtube.com/embed/FJuaAWrgoUY

Enemy adalah film yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan dibintangi oleh Jake Gyllenhaal. Dalam film ini, Jake memerankan seorang guru sejarah bernama Adan Bell. Suatu hari, rekan kerjanya merekomendasikan dia untuk menonton film tertentu. Ketika dia menontonnya, dia melihat seorang aktor yang terlihat persis seperti dirinya.

Setelahnya, Adam berusaha untuk menemukan doppelgänger-nya tersebut, yang akan menuntunnya ke rentetan peristiwa yang membingungkan. Perlu diketahui kalau Enemy tidak mengikuti struktur linier tradisional dalam pembuatan film. Jadi setelah film berakhir, penonton akan dibiarkan terbelalak dan mencari maksud dari film ini sendiri.

Enemy adalah sebuah film thriller psikologis yang akan membawa penontonnya ke dalam perjalanan intens yang penuh dengan nuansa surealis.

2. Mulholland Drive

https://www.youtube.com/embed/jbZJ487oJlY

Terdaftar sebagai salah satu film terbaik di abad ke-21, Mulholland Drive adalah sebuah mahakarya yang harus ditonton secara tematis. Lewat film ini, David Lynch ingin para penonton membuat kesimpulan sendiri, memberi kebebasan untuk menggunakan perspektif kita sendiri.

Mulholland Drive dibuat sedemikian rupa sehingga artinya akan selalu terbuka untuk berbagai interpretasi. Tidak peduli seberapa banyak pengalaman kalian dengan film-film yang menggugah pikiran, mencoba memahami Mulholland Drive akan membuat kalian menggaruk-garuk kepala.

Dalam film ini, Lynch membuat penggunaan suara yang tidak biasa, dan membuat skema warna yang cemerlang dengan simbolisme tertentu. Mulholland Drive adalah sebuah magnum opus sinematik yang diisi dengan sinematografi yang indah dan akting yang fantastis, menciptakan dunia "mimpi" bagi para penontonnya.

3. Mr. Nobody

https://www.youtube.com/embed/vXf3gVYXlHg

Mr. Nobody adalah drama fantasi yang disutradarai oleh Jaco Van Dormael. Berlatar di tahun 2092, film ini bercerita tentang manusia "fana" terakhir di Bumi yang diperankan oleh Jared Leto. Di masa depan yang futuristik itu, dia merenungkan masa lalunya dan berbagai pilihan yang bisa dia buat saat masih berumur 9 tahun.

Menakjubkan secara visual, film ini hadir dengan begitu banyak perubahan gaya, nada, dan narasi yang menantang penonton untuk memperhatikan setiap detailnya dengan sangat cermat. Setelah menonton film ini, kalian akan mendapatkan sebuah pengalaman yang unik, segar dan mendalam.

Akting yang brilian di dalamnya juga berjalan seiringan dengan sinematografi yang menakjubkan, lengkap dengan soundtrack yang luar biasa. Tentu saja kalau Mr. Nobody akan meninggalkan para penontonnya dengan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan.

4. Cloud Atlas

https://www.youtube.com/embed/V8IIxXjtpQk

Cloud Atlas adalah film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Tom Tykwer dan Wachowski bersaudara. Film ini mengikuti enam garis waktu berbeda dan akan berubah setiap satu adegan berakhir. Gaya dan struktur film ini yang non-linier menjadikannya film yang kompleks dan menggugah pikiran.

Film ini juga memiliki jajaran pemain yang hebat dan memberikan kinerja yang luar biasa di dalamnya. Walaupun begitu, beberapa orang mengkritik film ini karena masalah rasisme, terlalu ambisius, dan memiliki terlalu banyak karakter yang saling terkait di dalamnya.

Terlepas dari hal itu, Cloud Atlas adalah campuran dari fiksi ilmiah, drama, sejarah, komedi, dan roman, yang akan memberikan penonton sebuah pengalaman menikmati berbagai film dalam satu film.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film tentang Realita Pernikahan yang Tak Selalu Indah

5. A Clockwork Orange

https://www.youtube.com/embed/vN-1Mup0UI0

Sebagai salah satu film paling kontroversial yang pernah dibuat, A Clockwork Orange mungkin akan menahan kalian di depan layar sampai film ini selesai. Wajar saja jika disebut kontroversial, karena film ini berisi gambaran emosi yang ekstrim, lengkap dengan keanehan dan kekerasan yang brutal di dalamnya.

Mahakarya Stanley Kubrick ini belatar di masa depan, walau masih menggambarkan keadaan masyarakat saat ini. Lewat kisah Alex sebagai pemimpin gang yang brutal dan "reformasi" yang dilakukan oleh pemerintah, kalian akan dipaksa untuk merenungkan kekejaman dunia lewat dua perspektif yang berbeda.

A Clockwork Orange sama sekali bukan film yang menyenangkan, tetapi perfeksionisme Kubrick dan Malcolm MacDowell sebagai Alex akan menuntut penontonnya untuk benar-benar berpikir tentang dunia di sekitar mereka.

6. The Fountain

https://www.youtube.com/embed/m8IlyFCbNZg

Film buatan Darren Aronofsky ini memang tidak dihargai, baik oleh para kritikus maupun audiens pada tahun 2006, walau di tahun-tahun mendatang film ini menjadi kultus dan mendapatkan banyak pengikut yang setia.

Dalam film ini Aronofsky menolak bercerita dengan gaya yang konvensional, dan lebih suka memakai beberapa plot yang berbeda di dalamnya. Oleh karena itu, keindahan film ini terletak pada nuansa yang berbeda di dalam plotnya, yang memungkinkan penonton untuk menafsirkannya lewat perspektif mereka sendiri.

The Fountain menceritakan tiga garis waktu paralel yang berbeda, di mana tokoh protagonisnya, Tom (yang diperankan oleh Hugh Jackman), menjadi tiga tokoh yang berbeda.

Garis waktu pertama menceritakannya sebagai seorang penakluk di abad ke-16 yang berusaha untuk menemukan sebuah pohon kehidupan; garis waktu kedua bercerita pada masa kini di mana Dokter Tom mencoba menemukan obat untuk istrinya yang sekarat (diperankan oleh Rachel Weisz); sedangkan garis waktu ketiga berlatar pada tahun 2500 di mana seorang astronot bernama Tom berusaha menemukan planet Xibalba.

The Fountain akan memanjakan kita dengan visual yang indah, lengkap dengan salah satu skor film terbaik yang pernah ada. Alur ceritanya mulus dan menyatu secara visual, menciptakan pengalaman film yang unik sekaligus membingungkan untuk para penontonnya.

7. Jacob’s Ladder

https://www.youtube.com/embed/rJztRnDxdM8

Jacob's Ladder adalah sebuah film drama misteri yang disutradarai oleh Adrian Lyne. Film ini sangat mengganggu, gelap dan menakutkan, sehingga mendorong konvensi pembuatan film horor misteri modern.

Keajaiban film ini terletak pada kesedihannya yang hadir dalam level psikologis dan supranatural, menghasilkan keinginan yang besar pada penonton untuk memecahkan "misteri" di dalamnya ketika kita mulai bersimpati dengan karakter Jacob yang diperankan dengan sempurna oleh Tim Robbins.

Jacob's Ladder adalah salah satu film yang akan menggulung pikiran kalian sebelum memberikan kesimpulan pahit di akhir filmnya. Film ini akan membawa kalian dalam perjalanan yang begitu menakutkan namun luar biasa, brutal namun indah, menjadikannya sebuah pengalaman yang tak tertandingi hingga hari ini.

8. Blade Runner

https://www.youtube.com/embed/eogpIG53Cis

Bisa dibilang kalau Blade Runner adalah salah satu film fiksi ilmiah terbaik yang pernah dibuat karena meneliti dampak teknologi terhadap masyarakat itu sendiri. Sumber kekuatannya terletak dalam sisi gelap cityscapes futuristik dan tema-tema filosofisnya.

Dalam film ini Harrison Ford berperan sebagai Rick Deckard, seorang Blade Runner yang bertugas di Los Angeles. Terlepas dari tema fiksi ilmiah dan futurisme yang meliput petualangan di dalamnya, ada elemen-elemen berbeda dari genre noir yang digunakan film ini untuk menggambarkan suasana kota dystopian. 

Walau ceritanya digerakkan oleh visual, film ini tidak bergantung pada efek khusus. Bisa dibilang kalau Blade Runner adalah salah satu film sempurna yang dibuat oleh seorang visioner sinematik sejati Hollywood, Ridley Scott.

9. Primer

https://www.youtube.com/embed/-vD-yj9o664

Primer adalah sebuah film yang akan menantang pikiran kalian. Walau pengaturannya membosankan, tidak fokus, dan terkesan tergesa-gesa, plot di dalamnya sangat fantastis. Intinya, semua kekurangan film "murah" ini tertutup karena ceritanya yang sangat menawan.

Di saat beberapa film fiksi ilmiah mengabaikan paradoks perjalanan waktu, Primer justru membahasnya, memaksa penonton untuk berkonsentrasi dan ikut memikirkan implikasi logis dari apa yang akan terjadi.

Primer sendiri menceritakan sekelompok ilmuwan muda yang membuat perangkat pengecekan kesalahan, tetapi malah menciptakan mesin waktu. Seiring berjalannya waktu, mereka menemukan konsekuensi gelap dari penemuan mereka.

Primer adalah film intelektual yang menghibur dan akan mengejutkan penontonnya. Dalam genre di mana dampak visual dan grafik menjadi kunci dari kesuksesan sebuah film, Primer justru menggunakan ide-ide naturalnya untuk membuat efek yang serupa.

10. 2001: A Space Odyssey

https://www.youtube.com/embed/oR_e9y-bka0

2001: A Space Odyssey adalah sebuah masterpiece, dibuat dengan efek khusus, kerja kamera, dan desain set yang luar biasa. Film buatan Stanley Kubrick ini jauh lebih maju dari masanya, meninggalkan audiens dengan kebingungan setelah menontonnya.

2001: A Space Odyssey bukan hanya sebuah film fiksi ilmiah, tetapi juga membahas perjalanan evolusi umat manusia. Film ini adalah sebuah keindahan sinematik yang harus dinikmati dari segi visualnya. Bahkan setelah dirilis para kritikus menyorot film ini karena kurangnya dialog dan penjelasan dari Kubrick sendiri.

Terlepas dari semua keindahannya, 2001: A Space Odyssey adalah film yang begitu rumit dan penuh dengan petunjuk, sehingga tetap mengejutkan pikiran penonton hingga hari ini. Film ini awalnya terlihat biasa saja, namun berubah di 30 menit terakhir ketika film ini menjadi sesuatu yang tidak bisa dipahami dengan mudah.

Seperti sutradara hebat lainnya, Kubrick memberi audiens kebebasan untuk memunculkan interpretasi mereka sendiri.

Nah, itu tadi 10 film paling kompleks sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Bagaimana, tertarik untuk menontonnya?

Baca Juga: Daftar Film Pemenang Toronto Film Critics Association, Ada Parasite!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I always tell the truth, even when I lie." For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya