Comscore Tracker

6 Fakta Menarik dari Penulis Terkenal, Punya Sisi Nyentrik Juga Lho!

Ada yang percaya dengan teori konspirasi dan sihir

Tidak peduli berapa banyak buku yang telah mereka terbitkan atau penghargaan yang telah mereka menangkan, semua penulis terkenal juga sama seperti kita; mereka memiliki kebiasaan dan keyakinan yang aneh. Beberapa di antaranya menjalani kehidupan ganda, melakukan hobi yang tidak biasa, dan, bahkan, benar-benar "gila."

Para penulis di dalam daftar ini dicintai karena karya-karyanya yang menakjubkan, tetapi kehidupan mereka yang unik layak mendapatkan perhatian juga. Berikut 6 fakta menarik dari penulis terkenal yang memiliki sisi nyentrik.

1. Charles Dickens memiliki ketertarikan terhadap orang mati

6 Fakta Menarik dari Penulis Terkenal, Punya Sisi Nyentrik Juga Lho!shortlist.com

Walau sudah menulis beberapa novel paling terkenal sepanjang hidupnya, ternyata Charles Dickens memiliki beberapa kebiasaan aneh.

Misalnya, di mana pun dia tidur, dia bersikeras kalau tempat tidurnya harus menghadap ke utara. Menurutnya arah kasur memicu kreativitasnya. Dia juga seorang ahli mesmerisme — hipnotisme versi Victoria — dan sering mempraktikkannya pada orang terdekatnya.

Tetapi semua kebiasaan kecil ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan fetishnya terhadap mayat. Ketika sedang tidak menulis, Dickens senang nongkrong di Paris Morgue. Di sana ia mengunjungi kamar mayat yang saat itu sedang tren, layaknya pergi ke bioskop namun di abad ke-19.

Ketertarikan Dickens terhadap orang mati jauh melampaui rasa ingin tahu dan tidak wajar. Seperti yang dilansir dari The Literature Network, Dickens menulis bahwa "Setiap kali saya di Paris, saya selalu diseret oleh kekuatan tak terlihat ke dalam Morgue. Saya tidak pernah ingin pergi ke sana, tetapi saya selalu ditarik ke sana."

Ketertarikannya pada mayat begitu kuat sehingga Dickens sering mengunjungi kamar mayat pada Natal dan Tahun Baru. Ketika tidak di Prancis, Dickens terkadang mengobrol dengan polisi di dekat Sungai Thames, mencari mayat atau mengobrol tentang upaya bunuh diri dengan petugas Jembatan Waterloo.

2. Bram Stoker adalah seorang maniak teori konspirasi

6 Fakta Menarik dari Penulis Terkenal, Punya Sisi Nyentrik Juga Lho!Getty Images via independent.co.uk

Sementara dirinya terkenal karena menulis Dracula, penulis asal Irlandia ini juga menulis beberapa novel lain yang tidak ada hubungannya dengan darah, kelelawar, atau mayat hidup. Stoker bahkan menulis beberapa karya non-fiksi, salah satunya adalah Famous Impostors. Diterbitkan pada tahun 1910, buku ini didedikasikan untuk mengekspos penipu dan tipuan.

Setidaknya, buku ini masih masuk akal sampai bab terakhir, ketika segala hal di dalamnya menjadi benar-benar gila. Mengutip dari laman Bramstoker.org, bab terakhir buku ini, "The Bisley Boy," mengklaim kalau Ratu Elizabeth I sebenarnya adalah seorang pria.

Menurut Stoker, Elizabeth yang asli jatuh sakit dan meninggal pada usia 10 tahun saat sedang berlibur di pedesaan. Jadi ketika Raja Henry VIII memberi tahu pengasuhnya kalau ia akan datang berkunjung, pengasuh Elizabeth pun menjadi panik. Alih-alih menghadapi takdirnya dan mati, ia malah berlari ke desa sebelah, Bisley, untuk mencari penggantinya.

Pengasuh itu tidak dapat menemukan gadis yang terlihat seperti sang putri, jadi ia mengambil seorang anak laki-laki dan memakaikannya pakaian Elizabeth. Ketika raja muncul, dia menyapa putrinya tanpa kecurigaam. Sejak saat itu, peran Elizabeth dimainkan oleh bocah androgini ini dan seluruh rakyat Inggris ditipu oleh sang penipu ulung ini.

Tentu saja, Stoker tidak memiliki bukti yang kuat. Kasusnya bertumpu pada beberapa pernyataan yang agak meragukan, seperti bagaimana Ratu Elizabeth memiliki beberapa rahasia yang dijaga ketat oleh orang-orang terdekatnya. Bukti Stoker lainnya termasuk kegemaran Elizabeth akan wig yang mungkin menyembunyikan kepalanya yang botak.

Ditambah lagi, dia tidak pernah menikah dan menolak menemui dokter selain dokter pribadinya. Juga, Stoker mencatat kalau Elizabeth sangat cerdas. Tampaknya ini bukti nyata kalau dia adalah seorang lelaki karena pada saat itu Stoker yakin kalau semua wanita itu bodoh.

3. Mark Twain adalah penemu tali bra

6 Fakta Menarik dari Penulis Terkenal, Punya Sisi Nyentrik Juga Lho!thoughtco.com

Selain menjadi salah satu novelis terhebat Amerika, Mark Twain juga pernah melakoni beberapa pekerjaan seperti reporter, prospektor, dan pilot perahu sungai. Dia juga seorang penemu ulung, memiliki setidaknya dua paten selama masa hidupnya.

Melansir dari The Atlantic, salah satu prestasi Twain yang paling hebat — selain menciptakan novel — adalah membuat tali pengikat untuk "menjepit" pakaian yang longgar. Tali buatan Twain tersebut dapat mencegah rompi, pantalon, atau pakaian lainnya supaya tidak melorot ke bawah.

Perangkat ini juga dapat dilepas, jadi saat mengganti pakaian kita bisa melepasnya dari sepasang pakaian dan mengancingkannya ke pakaian berikutnya. Miliaran orang masih menggunakan penemuan Twain, hanya saja itu tidak bisa dilepas. Ya, Twain adalah penemu tali pengikat elastis di bagian belakang bra.

Baca Juga: 5 Penulis Perempuan Bestseller Jepang yang Rilis Karya Baru Tahun Ini

4. Philip K. Dick terinspirasi oleh visinya sendiri

6 Fakta Menarik dari Penulis Terkenal, Punya Sisi Nyentrik Juga Lho!scrapsfromtheloft.com

Siapa pun yang pernah membaca novel Philip K. Dick pasti tahu kalau ia memiliki pikiran yang agak tidak biasa. Bahkan, jika kalian belum pernah membuka novel Dick, kalian mungkin pernah melihat satu atau dua film yang didasarkan pada karya-karyanya. Ya, novel-novel Dick mendasari film-film terkenal seperti Blade Runner, Total Recall, dan Minority Report.

Pada kenyatannya, beberapa bukunya terinspirasi oleh visi yang benar-benar gila. Misalnya saja pada 20 Februari 1974, ketika Dick sedang memulihkan diri dari operasi gigi bungsu dan menunggu pengiriman obat anti nyeri. Ketika kurir muncul, Dick memperhatikannya mengenakan kalung ikhthus. Saat itulah segalanya menjadi aneh.

Tiba-tiba, kalung itu menghantam Dick dengan laser merah muda lalu mengisi benaknya dengan kehadiran alien. Entitas asing ini kemudian berbagi kebijaksanaan kuno dengan Dick. Alien itu, yang digambarkan Dick sebagai wanita, juga memberikan "cambukan" dalam kehidupannya, bahkan mendorongnya untuk makan lebih sehat.

Terkadang, Dick juga menderita kejang akibat epilepsi dan menulis teorinya sendiri. Seperti yang dilansir dari Guardian, Dick mengira kalau mungkin saja saat itu ia sedang menerima pesan dari Tuhan atau alien, menjadi subjek eksperimen Soviet, atau menjadi wadah bagi roh orang Yunani bernama Askelpios.

5. Agatha Christie memecahkan misteri yang sebenarnya

6 Fakta Menarik dari Penulis Terkenal, Punya Sisi Nyentrik Juga Lho!successstory.com

Agatha Christie mungkin telah membunuh lebih banyak orang daripada penulis lain dalam daftar ini — yah, orang-orang fiksi. Namun sementara novelnya dikenal karena plot pembunuhan yang misterius, salah satu buku Christie ternyata telah menyelamatkan nyawa manusia pada tiga kesempatan.

Seperti yang dilansir dari laman Independent, dalam novelnya yang terbit pada tahun 1961, The Pale Horse, sang pembunuh menggunakan talium sulfat untuk membunuh korbannya secara perlahan. Novel tersebut menggamabrkan kalau racun itu akan menyebabkan kesulitan bernafas, bicara tidak jelas, pingsan, rambut rontok, dan kemudian kematian. 

Pada tahun 1975, seorang penggemarnya dari Amerika Latin sedang membaca The Pale Horse ketika dia mengenali beberapa gejala keracunan talium pada temannya. Ternyata, suami temannya sedang membunuhnya secara perlahan, dan sang penggemar langsung memberi tahu pihak berwenang setelah mengetahuinya.

Setahun kemudian, seorang perawat di London merawat bayi yang sakit dari Qatar. Dokter tidak tahu apa yang terjadi dengan bayi itu, tetapi perawat itu kebetulan sedang membaca The Pale Horse dan mulai membuat beberapa koneksi. Bayi itu kehilangan rambutnya seperti halnya para korban pembunuhan dalam buku itu.

Perawat itu juga tahu kalau talium adalah pestisida yang umum digunakan di Timur Tengah. Percaya dia telah memecahkan kasus itu, perawat langsung memberi tahu para dokter dan bayi itu pun berhasil diselamatkan. Mungkin kasus yang paling dramatis terjadi pada tahun 1971 ketika orang-orang di kota Bovingdon, Inggris, terkena penyakit misterius.

Namun di saat seorang dokter selesai membaca The Pale Horse, ia menyadari kalau "bug Bovingdon" bukanlah sebuah penyakit. Berkat "saran" Christie, dokter menyadari kalau ada pembunuh berantai yang berkeliaran. Polisi setempat pun berhasil menangkap Graham Frederick Young, sosok "peracun" di balik peristiwa tersebut.

6. Arthur Conan Doyle percaya kalau Houdini memiliki kekuatan sihir

6 Fakta Menarik dari Penulis Terkenal, Punya Sisi Nyentrik Juga Lho!npr.org

Meskipun ia menciptakan karakter paling logis dalam sejarah literatur, Sir Arthur Conan Doyle bukanlah orang yang paling rasional di planet ini. Setelah putranya meninggal dalam Perang Dunia I, Doyle mengabdikan hidupnya untuk spiritualisme dan berusaha keras untuk berbicara dengan orang mati. Hal ini bertentangan dengan temannya, Harry Houdini.

Sebagai seorang skeptis yang terkenal, Houdini sering melakukan trik pemanggilan arwah hanya untuk mengekspos paranormal yang curang. Namun terlepas dari perbedaan mereka, kedua lelaki itu rukun. Menurut Guardian, perbincangan mereka berkisar seputar spiritualisme dengan masing-masing berusaha membuktikan poinnya kepada yang lain.

Namun, beberapa hal mulai menjadi aneh ketika Doyle menyatakan kalau Houdini sebenarnya memiliki kekuatan sihir. Dia bahkan mengklaim kalau temannya bisa berubah bentuk dan itulah sebabnya mengapa dia bisa melarikan diri dari rantai, jaket selat, dan brankas. Frustrasi, Houdini membuat sebuah trik untuk membuktikan kepada Doyle kalau sihir itu tidak nyata.

Di akhir aksinya, Houdini memberi tahu Doyle. "Aku tidak akan memberitahumu bagaimana trik ini dilakukan," ucap Houdini, "tapi aku bisa meyakinkanmu kalau ini adalah murni tipuan." Sayangnya rencana Houdini justru menjadi bumerang, karena sejak saat itu Doyle benar-benar yakin kalau temannya memiliki kemampuan psikis.

Nah, itu tadi 6 fakta menarik dari penulis terkenal yang memiliki sisi nyentrik. Ternyata, penulis terkenal juga memiliki sisi nyentrik yang menarik (atau justru menyeramkan) untuk dikupas ya!

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Mencari Kerja ala Samuel Ray, Penulis Buku Lagi Probation

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

For further reading: trakteer.id/shandy-pradana, qureta.com/next/profile/Shandy_Pradana49003 and jurnalshandy.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya