Comscore Tracker

7 Fakta di Balik Plot Twist Terkenal dalam Film, Mencengangkan!

Ada film favoritmu?

Seperti yang kita ketahui, plot twist yang ada di dalam film seringkali membuat para audiens terpukau, entah selama beberapa saat setelah keluar dari bioskop atau bahkan sampai beberapa dekade setelahnya. Namun, kalian pasti bertanya-tanya dari manakah asal plot twist ini.

Tanpa harus menunggu lebih lama lagi, berikut 7 fakta di balik layar yang akan menjelaskan beberapa plot twist terkenal dalam sejarah sinematik.

1. Psycho (1960)

https://www.youtube.com/embed/xWHYmNrAFlI

Novel karya Robert Bloch, Psycho, secara longgar didasarkan pada kisah seorang "Penjagal dari Plainfield" yang juga dikenal sebagai Ed Gein. Dia adalah seorang pembunuh dan perampok makam dari Wisconsin yang memiliki ibu yang overprotektif.

Tertarik dengan cerita yang gelap tersebut, Alfred Hitchcock ingin mengadaptasi Psycho menjadi sebuah film, tetapi Paramount Pictures menyebut novel itu terlalu menjijikkan dan mustahil untuk dijadikan film. Hitchcock pun akhirnya membuat film ini melalui studionya sendiri, Shamley Productions.

Sepanjang proses produksi, Hitchcock sangat berhati-hati dalam menjaga plot twist di dalamnya. Namun setelah dirilis, Psycho langsung mendapatkan popularitas sehingga spoiler-nya menyebar dengan cepat. Sejak saat itu, Psycho menjadi simbol keberhasilan Hitchcock dan genre horor, di mana film ini memiliki tempat penting dalam sejarah sinematik. 

2. Planet Of The Apes (1968)

https://www.youtube.com/embed/XvuM3DjvYf0

Planet Of The Apes berakhir ketika George dan Nova melarikan diri dari Ape City dan menemukan reruntuhan Patung Liberty yang terkubur sebagian di tepi pantai. Ini adalah momen ikonik dalam sejarah film di mana baik penonton maupun sang protagonis menyadari bahwa dunia apokaliptik yang dipenuhi kera sebenarnya adalah Bumi di masa depan. 

Namun dalam novel dengan judul yang sama karya Pierre Boulle, Planet Kera adalah sebuah planet yang berbeda dari Bumi. Pada awalnya, tim kreatif di belakang film akan memakai gagasan itu, tetapi sang produser, Arthur Jacobs, tidak setuju. "Plot itu tidak akan berhasil, itu terlalu mudah ditebak," ucap Jacobs seperti dilansir dari majalah Cinefantastique.

Mereka kemudian memberi tahu Boulle, yang ternyata menyukai gagasan itu. Boulle bahkan mengatakan kalau ending filmnya lebih kreatif daripada akhir hidupnya sendiri.

3. The Empire Strikes Back (1980)

https://www.youtube.com/embed/_lOT2p_FCvA

Mungkin plot twist ini menjadi momen yang paling mengejutkan bagi beberapa generasi yang telah menonton Star Wars. Bahkan, para penggemar Star Wars juga akan duduk ternganga ketika mereka mendengar kalimat ikonik: "I am your father." Perihal trilogi ini, George Lucas menjelaskannya dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

"Trilogi asli Star Wars benar-benar menggambarkan hubungan antara ibu dan anak perempuannya serta ayah dan anak lelakinya. Ketiga film ini tidak hanya menyorot Luke yang berusaha untuk menebus dosa ayahnya, tetapi juga tentang Putri Leia dan perjuangannya untuk membangun kembali Republik yang dulu pernah dilakukan oleh ibunya," ucap Lucas.

Itulah alasan terbesar mengapa plot twist tersebut sangat ikonis, karena kalimat itu mewakili tema film secara keseluruhan.

Bahkan, hubungan antara orang tua dan anak-anaknya sangat tercermin dalam nama sang ikon antagonis itu sendiri. "'Darth' adalah variasi dari 'dark' dan 'Vader' adalah variasi dari 'father," ungkap Lucas. Jadi pada dasarnya, Darth Vader adalah Dark Father.

Baca Juga: Penuh Plot Twist, 10 Alasan Wajib Nonton My Unfamiliar Family 

4. The Usual Suspects (1995)

https://www.youtube.com/embed/BQpfa9RZbTk

"Pertumpahan darah di kapal, hanya dua orang yang selamat." Sebagai sebuah kisah liar yang penuh dengan twist dan turn, premis The Usual Suspects memang cukup sederhana. Namun, kesederhanaan itu bagaikan bola salju, di mana plot di dalamnya menjadi semakin rumit dan membingungkan menjelang akhir film. 

Sang sutradara, Bryan Singer, mengungkapkan kalau judul film ini terinspirasi dari artikel di majalah Spy yang berjudul "The Usual Suspects," yang merujuk pada kalimat "Round up the usual suspects," dari film Casablanca.

Penulis naskah, Christopher McQuarrie, mengambil konsep yang sederhana tersebut lalu menciptakan plot twist di akhir film, di mana Verbal Kint yang lemah lembut ternyata adalah sosok Keyser Soze. Tim produksi film ini juga sangat peduli dalam menjaga rahasia alur cerita. Bahkan, mereka meyakinkan setiap aktor bahwa karakter mereka adalah Soze.

Mereka bahkan menggunakan beberapa aktor utama untuk adegan kilas balik yang melibatkan Soze agar identitas aslinya tidak bocor.

5. The Sixth Sense (1999)

https://www.youtube.com/embed/3-ZP95NF_Wk

The Sixth Sense adalah film yang disutradai dan ditulis oleh M. Night Shyamalan. Film ini menetapkannya sebagai seorang penulis dan sutradara terkenal, serta mengokohkan reputasinya sebagai "King of surprise endings." Bagaimanapun, keberhasilan The Sixth Sense dan reputasi Shyamalan hampir gagal di awal perjalanannya.

David Vogel adalah presiden Disney ketika Shyamalan datang dengan ide The Sixth Sense. Vogel sendiri berusaha untuk mendapatkan kembali kontrol kreatif dari studio setelah terjadi perombakan dalam kepemimpinan Disney. 

Melansir dari majalah Desert Sun, Vogel bahkan membeli hak cipta The Sixth Sense seharga 2,25 juta dolar AS pada hari dia membacanya tanpa berkonsultasi dengan atasan Disney. Tentu saja, atasan Vogel sangat marah. Mereka pun menuntut Vogel agar menyerahkan sebagian kendali kreatifnya. Ketika Vogel menolak, dia dipecat.

Para pemerannya juga hampir sepenuhnya berbeda dari yang kita kenal sekarang. Bruce Willis terlibat di dalam film ini karena dia dipaksa menandatangani kontrak tiga film dengan Disney.

Hal ini dikarenakan Willis telah menghancurkan film sebelumnya yang berujung pada pemecatan sutradara dan kru film tiga minggu sebelum produksi, sehingga menyebabkan kerugian sebesar 17,5 juta dolar AS untuk Disney. 

6. Fight Club (1999)

https://www.youtube.com/embed/eCKRI2wEw7I

Pada awalnya, Fight Club adalah sebuah novel buatan Chuck Palahniuk yang rilis pada tahun 1996, dan natinya akan menginspirasi film karya David Fincher yang membuat kita mempertanyakan budaya yang dipenuhi dengan kekerasan dan konsumerisme. 

Novel itu sendiri berasal dari gagasan Palahniuk saat menjadi sukarelawan di rumah sakit. Twist yang terkenal di akhir filmnya juga adalah hasil dari gagasan Palahniuk.

"Saya menginginkan fiksi berdasarkan kata kerja, bukan fiksi berdasarkan kata sifat," ucap Palahniuk. "Terkadang, saya menjadi terlalu tidak terkendali dan alih-alih membuat plot point setiap bab, saya justru menginginkan plot point dalam setiap kalimat."

Adapun adaptasi karyanya menjadi sebuah film, Palahniuk hanya memujinya dalam sebuah wawancara, "Sekarang saya dapat melihat filmnya, walau saya agak kecewa karena filmnya telah merampingkan alur cerita aslinya. Namun, mereka berhasil membuatnya jauh lebih efektif dan membuat koneksi yang tidak pernah terpikirkan oleh saya."

7. Shutter Island (2011) 

https://www.youtube.com/embed/Z_0TQHoV_2I

Seperti beberapa film lainnya dalam daftar ini, Shutter Island pertama kali diperkenalkan ke dunia sebagai sebuah novel. Novel ini sendiri tercipta karena penulisnya, Dennis Lehane, sempat mengunjungi Long Island di Boston Harbor bersama pamannya ketika dia masih kecil pada Badai Salju tahun 1978.

Tertarik oleh lokasinya yang terpencil, Lehane menjadi penasaran tentang apa yang akan terjadi jika orang-orang terdampar di pulau itu selama badai tanpa menggunakan teknologi modern. Namun, meskipun versi filmnya luar biasa, proses untuk mengubah sebuah buku menjadi film tetap menjadi hal yang sulit.

Bahkan sang penulis skenario, Laeta Kalogridis, sampai membuat outline sebanyak 50 halaman sebelum ia mencoba menulis naskahnya. Lehane memang senang dengan film itu, tetapi ia mengakui kalau menontonnya adalah pengalaman yang aneh.

"Itu terasa seperti kalimatmu, tapi tidak," katanya. "Itu duniamu, tapi sebenarnya tidak. Itu adalah karakter buatan saya, tetapi tidak serupa. Itu semua hanya interpretatif."

Nah, itu tadi 7 fakta di balik layar yang akan menjelaskan beberapa plot twist terkenal dalam sejarah sinematik. Bagaimana, apakah ada film favoritmu?

Baca Juga: Susah Ditebak, 10 Film Bollywood dengan Plot Twist Paling Mengejutkan

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I always tell the truth, even when I lie." For further reading: trakteer.id/shandy-pradana, qureta.com/next/profile/Shandy_Pradana49003 and jurnalshandy.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya