Comscore Tracker

7 Film Horor Debutan Terbaik Ini Wajib Kalian Tonton

Karya pertama yang mengesankan

Film debut yang baik dapat menjadi pijakan yang kuat bagi karier seorang sutradara. Tak jarang juga kalau beberapa film debut yang mereka buat justru memberikan inovasi terbaru dalam dunia sinematik. Daftar di bawah ini akan membahas 7 film horor debut yang mengesankan. Tanpa harus menunggu lebih lama lagi, berikut daftarnya!

1. Night of the Living Dead (1968)

https://www.youtube.com/embed/pd5a0gs-UCQ

Sebagian besar penikmat film pasti setuju kalau Night of the Living Dead adalah film horor debutan terbaik sepanjang masa. Disutradai oleh George A. Romero, film klasik ini berfokus pada tujuh orang yang berusaha melarikan diri dari mayat hidup atau zombie yang menyerang mereka.

Setelah mendapatkan sambutan yang hangat dari para kritikus, Night of the Living Dead berhasil mengangkat karier Romero ke tingkat yang lebih tinggi. Sejak saat itu, Romero selalu dikenang sebagai pelopor film zombie dan salah satu sutradara horor terbaik sepanjang masa.

2. The Wicker Man (1973)

https://www.youtube.com/embed/a-tDnavDCwI

Kembali ke awal 70-an, seorang sutradara bernama Robin Hardy mendapat kesempatan untuk menyutradarai film pertamanya. Film ini nantinya akan menjadi inspirasi bagi genre horor rakyat dan pagan di tahun-tahun mendatang.

Terinspirasi dari novel berjudul Ritual, The Wicker Man berfokus pada kisah seorang detektif bernama Neil Howie (Edward Woodward) yang dikirim ke sebuah pulau untuk menyelidiki hilangnya seorang gadis. Sebagai seorang Kristen yang kuat, Howie segera sadar kalau penduduk pulau tersebut ternyata menganut kepercayaan paganisme celtic.

Salah satu aspek The Wicker Man yang membuatnya benar-benar istimewa adalah suasananya yang dinamis. Hampir 50 tahun kemudian, The Wicker Man masih menjadi contoh sempurna dari sebuah film horor yang berhasil membuat penontonnya terus bertanya-tanya sampai akhir film.

3. Eraserhead (1977) 

https://www.youtube.com/embed/7WAzFWu2tVw

Tidak ada yang memiliki kemampuan untuk menciptakan film dengan nuansa surealisme yang kental selain David Lynch. Sebagai film debutnya, Eraserhead tetap menjadi salah satu film terbaik Lynch hingga saat ini. Sama seperti kebanyakan film Lynch lainnya, plot dan makna Eraserhead menjadi topik yang terus diperdebatkan selama bertahun-tahun.

Banyak yang bilang kalau film ini menggambarkan ketakutan dari seorang pria yang belum siap menjadi ayah, sedangkan yang lain percaya kalau film ini berkaitan dengan eskapisme. Setelah merilis film horor thriller ini, Lynch melanjutkan kesuksesannya dengan The Elephant Man (1980), Blue Velvet (1986), dan Mulholland Drive (2001).

Baca Juga: 5 Film Horor yang Terinspirasi dari Dongeng Populer, Bikin Merinding!

4. The Blair Witch Project (1999)

https://www.youtube.com/embed/MBZ-POVsrlI

Film ini berhasil mempopulerkan teknik pembuatan film dengan rekaman konvesional, yang sebelumnya diperkenalkan oleh Cannibal Holocaust (1980) dan akhirnya diperluas dalam Paranormal Activity (2007). Sebagai film debut dari Daniel Myrick dan Eduardo Sánchez, The Blair Witch Project berhasil menyajikan kengerikan horor psikologis di dalamnya.

Sejak merilis film debut ini, Myrick dan Sanchez telah membuat beberapa proyek terpisah, walau tidak ada satupun yang mampu mendekati kesuksesan The Blair Witch Project.

5. The Witch (2015) 

https://www.youtube.com/embed/iQXmlf3Sefg

The Witch befokus pada kehidupan keluarga puritan yang hidup di New England pada abad ke-17. Setelah diusir dari kota karena perselisihan agama, mereka pun hidup di pinggir hutan. Tak lama setelahnya, keluarga ini mulai mengalami beberapa fenomena ganjil yang berbau mistis.

Salah satu aspek luar biasa dari The Witch adalah detailnya. Mulai dari aksen, desain kostum, hingga keyakinan pada penyihir, Robert Eggers berhasil menggambarkan kehidupan abad ke-17 dengan apik di film ini. Setelah mendapatkan kesuksesan kritis dan finansial, Eggers pun merilis film horor keduanya, The Lighthouse, dua tahun kemudian.

6. Get Out (2017) 

https://www.youtube.com/embed/DzfpyUB60YY

Jika kita membicarakan film horor terbaik di dekade 2010-an, maka kita harus membicarakan tentang Get Out. Ditulis dan disutradarai oleh Jordan Peele, film ini mendapatkan empat nominasi Oscar, termasuk Film Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik.

Tak hanya menjadi salah satu film debut terbesar sepanjang masa, Get Out juga menjadi salah satu film yang relevan dengan kondisi saat ini, khususnya dengan isu rasisme dan kritik sosial di dalamnya. Setelah mendapatkan kesuksesan lewat film debutannya ini, Peele langsung membuat Us pada tahun berikutnya.

7. Hereditary (2018)

https://www.youtube.com/embed/V6wWKNij_1M

Setelah membuat banyak film pendek, Ari Aster memulai debutnya dalam mengarahkan dan menulis film horor pada tahun 2018, Hereditary. Film ini mendapat sambutan yang sangat baik sebelum dan selama rilis teatrikalnya, sehingga menjadikannya sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi dari rumah produksi A24.

Bahkan, A24 sangat percaya diri dengan kesuksesan film ini sampai-sampai Aster ditawari kontrak untuk membuat Midsommar (2019) sebelum Hereditary dirilis secara luas. Bagaimanapun, Hereditary adalah film horor yang dibuat dengan sangat baik, yang akan membuat kita bertanya-tanya apakah ini adalah film debut atau bukan.

Nah, itu tadi 7 film horor debutan terbaik yang wajib kalian tonton. Jadi, apakah kalian berani untuk menonton semuanya?

Baca Juga: 5 Film Horor Terbaru yang Paling Dinanti di 2021, Seramnya Bukan Main!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya