Comscore Tracker

8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnya

Ada-ada saja Bruce Wayne ini

Identitas rahasia Batman adalah rahasia yang paling dijaga ketat di DC Universe. Tak seorang pun harus tahu — yah, kecuali Robin dan Alfred, tentu saja, dan Batgirl, dan Superman, dan mungkin juga Komisaris Gordon. Namun, tidak ada penjahat — kecuali Ra's al-Gul, dan Talia, dan Catwoman, Lex Luthor, David Cain, Dr. Hurt, Hush, dan cukup yakin jika Deathstroke the Terminator juga mengetahuinya. Tetapi selain mereka, tidak ada yang tahu siapa orang dibalik jubah kelelawar itu. 

Dengan mengingat hal itu, mudah untuk melihat mengapa Bruce Wayne akan melakukan beberapa hal ekstrem yang cukup aneh untuk menjaga identitas rahasianya dari orang-orang yang ingin tahu bagaimana ia menghabiskan malam-malamnya. Berikut 8 hal aneh yang dilakukan Batman untuk merahasiakan identitasnya. 

1. Melatih pengawalnya untuk menjadi sahabat karibnya

8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnyamuseumsdorf.info

Jika kamu tinggal di kota Gotham, ada kemungkinan 80 persen bahwa kamu akan digas oleh Joker, beku dalam balok es, atau dirampok oleh seseorang yang berpakaian sebagai kucing. Meskipun memiliki beberapa pahlawan super terhebat di dunia, Gotham adalah kota yang cukup berbahaya, dan jika kamu adalah salah satu miliarder terkenal, kamu pasti akan menjadi sasaran mereka cepat atau lambat. Setidaknya, itulah alasan dewan direksi Wayne Industries ketika mereka memutuskan untuk menyewa pengawal untuk CEO mereka.

Diciptakan oleh Greg Rucka dan Shawn Martinborough, Sasha Bordeaux membuat penampilan pertamanya di Detective Comics #751, mengambil pekerjaan sebagai pengawal untuk orang terakhir di dunia yang benar-benar membutuhkannya. Pada awalnya, Bruce memainkan penyamarannya dalam upaya untuk membuat Sasha sangat frustrasi sehingga dia berhenti, tetapi begitu dia menemukan identitas rahasianya, semuanya berubah. Karena dia masih didedikasikan untuk melindunginya, dia memutuskan untuk melatihnya dan menemaninya dalam misi sebagai Batman.

2. Masuk penjara karena kasus pembunuhan

8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnyabatman-news.com

Mungkin bagian di mana Bruce Wayne dijebak karena pembunuhan perlu dijelaskan. Ketika Lex Luthor memutuskan ingin menghancurkan hidup Wayne, dia menyewa salah satu pembunuh paling mematikan di dunia, David Cain, untuk melakukan pekerjaan itu. Dia juga beruntung — walaupun dia tidak mengetahuinya, Lex berhasil merekrut satu dari sedikit orang di dunia yang tahu identitas rahasia Batman. Karena itu, Cain mampu menempatkan Bruce dalam situasi yang mustahil. Cain menaruh pacarnya, Vesper Fairchild, di tempat kedap udara sampai mati.

Karena dia sedang melakukan penyelidikan tentang identitas rahasia Batman dan tampaknya telah mendekati hasil, kedua alter ego Wayne memiliki motif yang membuat keluarga Vesper sendiri meragukan kepolosannya. Namun, bagi masyarakat luas, satu-satunya cara untuk membersihkan nama Bruce Wayne adalah dengan mengungkapkan bahwa ketika Vesper dibunuh, dia sedang keluar berpatroli di kota sebagai Batman, sesuatu yang tidak mau dilakukan oleh dia maupun Sasha Bordeaux.

Maka, Wayne masuk penjara — setidaknya selama beberapa hari. Akhirnya dia (dengan mudah) melarikan diri, dan memaksa Cain untuk mengakui kejahatannya dan menjaga rahasia identitasnya.

3. Mengubah video yang direkam Hugo Strange

https://www.youtube.com/embed/0dJ3s60n-ak

Salah satu momen yang lebih menghibur dari kisah Batman dapat dilihat dalam Batman: Episode The Animated Series "The Strange Secret of Bruce Wayne," yang memunculkan Hugo Strange ke dalam serial kartun ini.

Skema Strange memang aneh, melibatkan mesin yang mengangkat mimpi keluar dari pikiran pasiennya dan mentransfernya ke kaset VHS. Ketika dia menyaring mimpi-mimpi Bruce Wayne, dia menemukan rahasia pamungkas. Tentu saja, ia segera melelangnya ke tiga musuh Batman yang paling mematikan: Joker, Penguin, dan Two-Face.

Sial bagi Strange, Batman dua langkah di depan mereka. Ksatria Kegelapan dengan cepat menata ulang beberapa kabel A/V dan menunjukkan rekaman Strange sendiri, mimpi saat merencanakan untuk menipu trio penjahat untuk uang mereka. Tidak mengherankan jika Joker tidak suka dibodohi, dan rekan lainnya juga. Akhirnya masalah itu terselesaikan dengan sendirinya.

Baca Juga: 7 Game yang Mungkin Banget Jadi Penerus Kesuksesan Batman Arkham

4. Mengungkap dirinya sebagai pemasok dana Batman

8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnyagothamasylum.blogspot.com

Satu hal tentang identitas rahasia Batman adalah bahwa sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memecahkannya. Semua orang sudah tahu dia ada di sekitar kota Gotham dalam mobil super bertenaga roket, sehingga mereka bisa mempersempitnya ke daftar para milyarder yang mampu melakukan hal itu. Kemudian mencari fakta bahwa Bruce Wayne baru saja mengadopsi anak yatim dari sirkus yang tidak keberatan meloncat-loncat di udara dengan kostum berwarna cerah.

Namun pada tahun 2010, Grant Morrison dan Frazer Irving datang dengan cara untuk membiarkan Bruce Wayne menggunakan semua koneksi yang jelas untuk keuntungannya. Alih-alih mengungkapkan dirinya sebagai Batman, Bruce malah membuat klaim publik bahwa ia adalah orang yang membiayai Batman, menggunakan kekayaan pribadinya yang luas dan memberikan sang vigilantes kait, Batarang, dan Batmobiles yang ia butuhkan untuk perang tanpa akhir melawan kejahatan.

Bagaimanapun, pengumuman tersebut memungkinkan Bruce untuk secara publik mendanai pahlawan-pahlawan lain di bawah panji perusahaan sedunia bernama Batman Inc. dan entah bagaimana secara tidak langsung membuat Bruce Wayne mendapat kunjungan dari musuh bebuyutan Batman.

5. Membiarkan "saudara kembarnya" yang jahat mengambil alih perusahaannya saat dia mati

8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnyacomicbook.com

Ini sebenarnya bukan sesuatu yang dilakukan Batman sendiri, tetapi menunjukkan seberapa jauh sekutu-sekutunya berjuang untuk melindungi identitas rahasianya.

Setelah Batman muncul dan mati dalam Final Crisis melawan seorang dewa dari luar angkasa yang telah mengambil bentuk manusia, Dick Grayson langsung mengambil peran Batman itu sendiri. Itu semua ada baik dan buruknya, tetapi jika Batman dan Bruce Wayne kebetulan meninggal pada saat yang sama, itu menimbulkan banyak pertanyaan yang semua orang tahu identitasnya. Untungnya, ada solusi mudah dalam bentuk Dr. Tommy Elliot, atau lebih dikenal sebagai supervillain Hush.

Begini, Elliot sangat terobsesi dengan teman masa kecilnya Bruce Wayne sehingga dia akhirnya melakukan operasi plastik pada wajahnya sendiri untuk mengubah dirinya menjadi kembaran Wayne. Karena dia sudah lama berpura-pura menjadi Bruce Wayne, sahabat Batman memutuskan untuk membiarkannya meneruskan tipuannya. Hanya ada satu pengecualian utama: anggota Outsiders, Batman family, dan bahkan Justice League harus berpura-pura sebagai karyawan dan asisten untuk membuatnya tetap sejalan.

6. Mengizinkan Suicide Squad tetap berjalan

8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnyadorkly.com

Seperti yang diduga, Batman bukanlah penggemar Task Force X, atau umumnya dikenal sebagai Suicide Squad. Misi-misinya tidak hanya cenderung melibatkan moralitas yang sangat meragukan, tetapi gagasan untuk membiarkan penjahat-penjahat yang dihukum mendapatkan kebebasan mereka, dan kembali ke jalanan sangat tidak cocok dengan orang yang bertanggung jawab menempatkan sebagian besar dari mereka di balik jeruji besi.

Akibatnya, salah satu tantangan pertama datang di Suicide Squad #10, ketika seorang tahanan bernama Matches Malone dipindahkan dari Kota Gotham ke Penjara Belle Reeve dengan perintah khusus dari Komisaris Gordon. Malone, tentu saja, adalah salah satu identitas penyamaran Batman, dan tentu saja, itu semua cara bagi Batman untuk menyusup ke penjara dan mencatat daftar Task Force X, atau begitulah pikirnya.

Amanda Waller kemudian menanggapi ancaman Batman untuk mengekspos Suicide Squad dengan menunjukkan bahwa dia memiliki cukup bukti untuk menemukan identitas rahasianya. Terperangkap di jalan buntu, Batman setuju untuk mundur, untuk sementara waktu. Beberapa bulan kemudian, ia kembali dengan seluruh Justice League untuk meratakan mereka, namun operasi ini gagal total sehingga ia akhirnya berhenti dari tim.

7. Meyakinkan Riddler untuk menjaga rahasianya

8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnyawattpad.com

Pada Hush 2002, Jeph Loeb dan Jim Lee memperkenalkan pembaca dengan penjahat, Tommy Elliot, teman masa kecil Batman yang berubah menjadi musuh doppelgänger yang obsesif. Namun, pada klimaks cerita, terungkap bahwa musuh sesungguhnya di balik plot rumit yang melibatkan hampir setiap penjahat besar Batman adalah seseorang yang lebih akrab: Riddler, yang akhirnya menemukan identitas rahasia Batman.

Menimbang bahwa Riddler adalah salah satu musuh Batman yang lebih bertahan lama, ini sepertinya masalah yang cukup besar, tetapi Batman meyakinkannya untuk tidak memberi tahu siapa pun dengan menunjukkan bahwa teka-teki yang jawabannya diketahui semua orang akan menjadi tidak berharga.

Sebelum terlalu lama berdebat, Riddler kemudian benar-benar lupa bahwa Batman dan Bruce Wayne adalah satu dan sama, berkat pukulan tajam Batman ke kepalanya yang membuatnya amnesia. Atau, jika kita akan benar-benar jujur ​​di sini, adalah kekuatan kebetulan yang tak luar biasa.

Nah itu tadi 8 hal aneh yang dilakukan Batman untuk merahasiakan identitasnya. Apakah kamu juga pernah melakukan hal aneh untuk menjaga rahasiamu?

Baca Juga: Ternyata Batman Mengajarkan Kita Beberapa “Petuah” Hidup Ini

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

You can read my other articles on Qureta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya