Comscore Tracker

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarah

Sudah nonton salah satunya?

Seperti kata pepatah, "tidak ada publisitas yang buruk," tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah kontroversi justru seringkali menghasilkan banyak uang. Hal ini, tentunya, sangat berlaku dalam dunia seni dan perfilman.

Di saat film superhero yang "aman" dan film animasi yang ramah keluarga sering mencapai status blockbuster karena laris di pasaran, beberapa film di bawah ini justru mencari kesuksesannya dengan menyinggung para penontonnya. 

Lalu, apa saja film-film ini dan mengapa mereka menyebabkan begitu banyak kontroversi? Berikut 9 film kontroversial yang paling sukses sepanjang masa.

1. Basic Instinct (1992)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Basic Instinct menjadi box office domestik terbesar kesembilan pada tahun 1992, dan, tentu saja, menjadi yang paling kontroversial. Film ini dibuat oleh dua provokator Hollywood yang paling terkenal, sutradara Paul Verhoeven dan penulis skenario Joe Eszterhas.

Terlepas dari kritikus yang tidak terkesan dengan film ini, kinerja apik Sharon Stone dalam Basic Instinct sendiri dikenang lewat salah satu adegan kontroversialnya, yaitu adegan "membuka" kakinya yang sedang disilangkan. Sulit untuk membayangkan seorang aktris A-list melakukan adegan seperti itu saat ini, terlebih ia melakukannya pada tahun 1992.

Namun semua kontroversi ini terbayar lunas. Basic Instinct menghasilkan 117 juta dolar AS domestik dan 352 juta dolar AS di seluruh dunia hanya dengan anggaran 49 juta dolar AS. Lewat film ini, Sharon Stone membuktikan bahwa menampilkan konten seksual adalah komoditas yang menjanjikan, tidak hanya di Amerika melainkan di seluruh dunia.

2. The Passion of the Christ (2004)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Awalnya studio tidak mau mengambil risiko untuk membuat sebuah film yang menceritakan jam-jam terakhir Yesus Kristus, terutama mengingat Mel Gibson yang ingin membuat film tersebut dalam bahasa Aram dan Latin. Dilansir dari Hollywood Reporter, Gibson bahkan membayar hampir 30 juta dolar AS dari dompetnya sendiri untuk melanjutkan proyek ini.

Menjelang perilisannya, film ini langsung menjadi "penangkal petir" bagi kontroversi yang berpusat di sekitar adegan kekerasan yang gore dan dugaan anti-Semitisme. Respon kritisnya pun sangat buruk, sehingga film ini hanya menerima skor 49 persen dari Rotten Tomatoes, walau penonton bioskop memberikan skor 80 persen.

Namun di balik semua kontroversinya, perjudian Gibson terbayar lunas pada pembukaan Passion of the Christ, yang berhasil mendulang 83 juta dolar AS selama pekan pertamanya tersebut. Film ini akhirnya menghasilkan 370 juta dolar AS di dalam negeri dan 611 juta dolar AS di seluruh dunia.

3. The Da Vinci Code (2006)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Tom Hanks dan Ron Howard mungkin dikenal sebagai dua orang paling baik di Hollywood. Namun keduanya membuat kontroversi serius ketika mereka membuat adaptasi layar lebar dari salah satu novel paling kontroversial (dan sukses) di zaman modern: The Da Vinci Code

Cerita di dalam The Da Vinci Code sendiri sebagian besar telah dibantah oleh para ahli dan Gereja Katolik, salah satunya klaim yang menyebut bahwa Yesus Kristus telah menikah dengan Maria Magdalena. Namun semua kontroversi ini justru membantu novel The Da Vinci Code menjadi bestseller internasional.

Kontroversi seputar film yang rilis di tahun 2006 ini pun hampir sama dengan novelnya yang sudah dirilis 3 tahun sebelumnya. Banyak yang mengatakan bahwa film ini secara historis tidak akurat dan anti-Katolik.

Bahkan kritikus memberikan 25 persen pada skor Rotten Tomatoes, dan penonton bioskop yang kurang terkesan hanya memberi skor penonton sebesar 57 persen saja. Walaupun demikian, film ini dapat meraup 77 juta dolar AS pada akhir pekan pertamanya, dan berakhir dengan menghasilkan 217 juta dola AS di dalam negeri dan 758 juta dolar AS di seluruh dunia.

4. Angels and Demons (2009)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Belum puas dengan The Da Vinci Code, Tom Hanks dan Ron Howard kembali menuai kontroversi saat membuat sekuelnya pada tahun 2009, Angels & Demons.

Dalam film ini, Hanks kembali berperan sebagai simbolog Harvard, Robert Langdon, dan harus bekerja sama dengan seorang fisikawan nuklir untuk mencegah pembunuhan para Kardinal dan mencegah serangan teroris terhadap Vatikan.

Pihak Vatikan sendiri percaya bahwa Angels & Demons adalah sebuah karya anti-Katolik, sehingga melarang produksi syuting mereka di Takhta Suci. Seperti yang dikutip dari laman The Guardian, Vatikan bahkan sempat berpikir untuk memboikot film tersebut.

Kontroversi ini tidak hanya dirasakan oleh orang Katolik yang tidak menyukainya, karena para kritikus kembali memberikan skor "busuk" sebesar 37 persen di Rotten Tomatoes.

Walau bergitu, Angels & Demons tetap menghasilkan jutaan dolar dari kontroversi ini. Total mereka mendapat 133 juta dolar AS di Amerika Serikat dan 485 juta dolar AS di seluruh dunia dengan anggaran 150 juta dolar AS. 

Baca Juga: 7 Film Romantis Indonesia Era 2000an yang Hits dan Bikin Baper

5. Django Unchained (2012)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Quentin Tarantino dan kontroversi memang sering berjalan bersamaan di dalam film-filmnya, dan salah satunya terjadi di film Django Unchained. Kontroversi ini dimulai dengan ucapan "N-word" lah yang dikeluarkan lebih dari 100 kali selama hampir tiga jam runtime film ini.

Bahkan Leonardo DiCaprio, yang berperan sebagai seorang pemilik budak yang rasis dan kejam, Calvin Candie, sangat tidak nyaman saat ia harus mengucapkan kata tersebut, sampai lawan mainnya, Jamie Foxx dan Samuel L. Jackson, harus turun tangan. 

Kekerasan di dalam film ini juga cukup mengganggu banyak penonton, khususnya adegan di mana seorang budak dimakan hidup-hidup oleh seekor anjing. Namun karena alasan tersebut, Django Unchained menjadi hit besar, menghasilkan 162 juta dolar AS di Amerika Serikat dan 425 juta dolar AS di seluruh dunia dengan anggaran 100 juta dolar AS.

Django Unchained juga turut dihujani banyak penghargaan, mendapatkan lima nominasi Oscar dengan kemenangan untuk aktor pendukung Christoph Waltz dan skenario asli buatan Quentin Tarantino.

6. The Wolf of Wall Street (2013)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Dirilis pada tahun 2013, The Wolf of Wall Street adalah kolaborasi kelima antara sutradara Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio. Film ini, pada dasarnya, adalah 180 menit murni yang diisi dengan pesta pora dan kata-kata kotor.

Lagi pula, untuk sebuah film yang dianggap kontroversial di zaman ini, The Wolf of Wall Street menjamah hampir semua kebejatan di dalamnya.

Mulai dari penggunaan narkoba, konten seksual eksplisit, adegan senonoh ekstrem, dan pengucapak kata-kata kasar. Mereka bahkan memenangkan Guinness World Records karena pengucapan F-word terbanyak dalam sebuah film. Kurang lebih "F-bom" dijatuhkan sebanyak 506 kali, dengan rata-rata 2,81 kali per menit di dalam film ini. 

Membuktikan bahwa kebenaran itu lebih aneh daripada fiksi, film ini, yang didasarkan pada memoar Jordan Belfort, adalah sebuah fakta yang benar adanya.

Namun kontroversi tidak berhenti sampai di situ, karena produser film harus membayar 60 juta dolar AS setelah mendapat tuduhan bahwa film tersebut didanai dengan uang yang dicuri dari dana investasi negara Malaysia.

Jordan Belfort, yang kegiatan kriminalnya dengan jelas digambarkan dalam film ini, bahkan menyebut produserya dengan julukan "f*****g criminals." Walau harus membayar 60 juta dolar, mereka pasti lega ketika film tersebut menghasilkan 116 juta dolar AS di dalam negeri dan 392 juta dolar AS di seluruh dunia.

7. Noah (2014)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Passion of the Christ adalah keberhasilan yang tak terduga dan belum pernah terjadi sebelumnya, terutama dengan melihat respon dari komunitas Kristen, sehingga menginspirasi pembuatan Noah sepuluh tahun setelah perilisannya.

Film yang rilis pada tahun 2014 ini dibintangi Russell Crowe sebagai Noah, sang pembuat bahtera raksasa yang ceritanya diadaptasi dari Kitab Kejadian. Film ini juga dibintangi oleh Emma Watson, Jennifer Connelly, dan Anthony Hopkins, semua di bawah arahan sutradara Darren Aronofsky. 

Jadi, apa kontroversinya? Karena sebagian besar film ini mengacu pada penafsiran Alkitab, beberapa elemen seperti lingkungan hidup di dalam film tersebut, Nephilim dalam Alkitab yang digambarkan sebagai monster batu raksasa, dan kisah penciptaan yang disamakan dengan evolusi mulai menuai kontroversi.

Bahkan sebagai seorang ateis yang blak-blakan, Aronofsky menyombongkan diri bahwa filmnya adalah "film alkitabiah yang paling tidak alkitabiah" yang pernah dibuat. Walau nyatanya, kontroversi ini tidak berhasil menenggelamkan Aronofsky dan bahteranya.

Film ini berhasil mendapat skor sebesar 76 persen pada Rotten Tomatoes, serta menghasilkan 101 juta dolar AS di Amerika Serikat dan 362 juta dolar AS di seluruh dunia dengan anggaran 125 juta dolar AS.

8. Ghosbusters (2016)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahimdb.com

Terlepas dari beberapa ide sekuel yang gila, kelanjutan waralaba Ghostbusters tetap menjadi wacana selama hampir 30 tahun setelah Ghostbusters II.

Dan film Ghostbusters yang rilis pada tahun 2016 ini bukanlah sekuel yang menyatukan kembali Bill Murray, Dan Aykroyd, dan geng mereka. Ini adalah reboot yang dibintangi oleh pemburu hantu yang semuanya perempuan, menampilkan Melissa McCarthy, Kristen Wiig, Kate McKinnon, dan Leslie Jones.

Film ini bahkan sudah memicu kontroversi di trailer pertamanya, dengan kritik terhadap Leslie Jones, satu-satunya orang Afrika-Amerika di tim ini. Dalam film ini Jones berperan sebagai seorang pekerja kerah biru, bukan ilmuwan (mirip dengan Ernie Hudson dalam seri aslinya). 

Kontroversi pun tidak berakhir di sana. Ghostbusters mulai diserang oleh fans dari internet bahkan sebelum film tersebut rilis, dengan banyak kritikus budaya yang berpendapat bahwa film ini adalah propaganda feminisme yang seksis. Sebagian besar kritikus memberikan skor 74 persen Rotten Tomatoes, walau skor dari penontonnya hanya 50 persen. 

Namun sepertinya skor tersebut tidak memengaruhi angka box office mereka. Saat dibuka, Ghostbusters langsung menempati peringkat satu dengan meraup 46 juta dolar dalam perjalanan ke 128 juta dolar AS dalam negeri dan 229 juta dolar AS di seluruh dunia, menjadikannya blockbuster di musim panas tahun itu.

9. Joker (2019)

Sering Dihujat, Ini 9 Film Kontroversial Tersukses Sepanjang Sejarahtimeout.cat

Sebelumnya sudah ada keributan tentang film Joker-sentris selama bertahun-tahun, dengan duet Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio di dalamnya. Namun saat proyek ini akhirnya diumumkan, sutradara Hangover, Todd Phillips, didapuk untuk mengarahkan Joaquin Phoenix sebagai Joker.

Reaksi dari penggemar pun beragam, walau Joker sendiri berhasil memenangkan Golden Lion di Festival Film Venesia. Jelas bahwa penghargaan Ini menempatkan Joker — sebuah film comicbook — bersanding dengan film buatan Federico Fellini, Akira Kurosawa, Ingmar Bergman, Ang Lee, dan Alfonso Cuarón.

Hal itu adalah pencapaian yang tidak pernah dicapai oleh film komik lainnya, atau bahkan film komersial lainnya. Perlu diakui bahwa Joker bukan hanya film yang bagus, tetapi menjadi sebuah "transformasi" dari film bergenre superhero yang biasa saja menjadi sebuah seni sinematik tingkat tinggi. 

Namun di sinilah sebuah kontroversi akan dimulai. Saat film ini mendapatkan euforia dari berbagai pujian yang datang ke arahnya, sebuah kontra-narasi dibuat dengan mengklaim bahwa Joker berpotensi untuk menginspirasi seorang penyendiri menjadi kejam dan tidak stabil.

Phoenix bahkan keluar dari sebuah wawancara ketika dia ditanya apakah Joker bisa menginspirasi tindakan kekerasan. Karena hal ini, Joker hanya mendapat 68 persen pada tomatometer Rotten Tomatoes.

Namun para penonton bioskop yang menyukai Joker menghadiahkan skor sebesar 89 persen dan mendorongnya ke rekor pembukaannya yang berhasil meraup 96 juta dolar AS, hampir dua kali lipat dari anggarannya yang hanya 55 juta dolar AS.

Nah, itu tadi 9 film kontroversial yang paling sukses sepanjang masa. Film-film di atas adalah sebuah bukti bahwa kritik dan kontroversi terhadap suatu karya bukanlah penghalang untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga: Tidak Biasa, 8 Film Komedi Romantis yang Justru Berakhir Twist Ending

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You