Comscore Tracker

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahui

Memulai debutnya dalam serial animasi Batman

Buku-buku komik memang penuh dengan karakter penjahat. Namun terkadang, karena popularitas mereka, para penjahat ini berubah menjadi apa yang disebut sebagai "anti-hero," karakter yang berjalan di antara sisi baik dan jahat. Harley Quinn adalah contoh sempurna untuk menggambarkan karakter ini. 

Selama dua setengah dekade terakhir, daya tarik Harley Quinn sebagai maniak yang menggemaskan membuatnya berevolusi dari karakter yang tidak dikenal menjadi salah satu karakter ikonik DC Comics.

Jadi, jika kalian adalah pendatang baru di geng Harley dan ingin tahu lebih banyak tentang sejarahnya yang aneh dan unik, silakan baca tujuh fakta menarik tentangnya di bawah ini. 

1. Debutnya dalam Batman Animated Series

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahuipopculture.id

Harley Quinn adalah salah satu karakter yang terkenal lewat layar televisi dan baru diadaptasi ke dalam buku komik setelahnya. Karakter ini pertama kali muncul pada tahun 1992 di "Joker's Favor," sebuah episode di Batman: The Animated Series. Sepanjang episode ini, dia membuat debutnya sebagai seorang wanita yang terobsesi dengan Joker. 

Setelah menyita perhatian para fans DC di episode ini, kelak Harley Quinn akan memiliki komiknya sendiri.

2. Debutnya dalam DC Comics

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahuigeekekrani.com

Tujuh tahun setelah debut TV-nya, Harley Quinn akhirnya resmi menjadi bagian dari DC Comics Universe di tahun 1999 dalam Batman: Harley Quinn #1. Tentu saja, Quinn sudah pernah muncul dalam komik sebelumnya, tepatnya pada tahun 1994 di The Batman Adventures: Mad Love.

Komik ini sendiri menceritakan asal mula Harley sebagai mantan dokter Joker di Arkham Asylum, yang kemudian menjadi terobsesi dengan pasiennya. Namun komik itu terhubung dengan dunia serial animasi, dan tidak menjadi bagian dari kanon DC Comics yang lebih besar.

3. Gotham City Sirens

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahuimovieweb.com

Pada tahun 2009, Harley Quinn membentuk kelompoknya sendiri dalam Gotham City Sirens #1, di mana Harley bergabung dengan dua anti-hero perempuan lainnya, Catwoman dan Poison Ivy.

Semuanya bermula setelah Ivy menyelamatkan Catwoman dari seorang supervillain yang bernama Bonebreaker, lalu mengundang Selina ke rumah barunya. Tidak lama setelahnya, Harley muncul dan bergabung dengan mereka. Sayangnya, komik Gotham City Sirens hanya bertahan selama 26 isu dan harus berakhir pada tahun 2011.

Baca Juga: 5 Film Terbaik Margot Robbie, Si Harley Quinn yang Selalu Menawan

4. Muncul dalam Batman: Arkham Asylum

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahuicbr.com

Pada Agustus 2009, baik penggemar dan gamer sama-sama senang saat disuguhi dengan game terbaru DC, Batman: Arkham Asylum. Dalam game ini, pemain mengambil peran sebagai Sang Kesatria Kegelapan, Batman.

Diceritakan kalau Batman mengantar Joker ke rumah sakit jiwa Arkham. Sayangnya, semua tidak berjalan seperti yang diharapkan, dan ia harus menghadapi Joker yang mencoba kabur dari Arkham dengan gerombolan penjahat klasik Gotham seperti Poison Ivy, Killer Croc, dan Scarecrow.

Game ini juga menampilkan banyak pengisi suara dari Batman: The Animated Series, termasuk Kevin Conroy sebagai Batman, Mark Hamill sebagai Joker, dan Arleen Sorkin sebagai Harley Quinn. 

5. Anggota tetap Suicide Squad

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahuipolygon.com

Percaya atau tidak, Harley Quinn tidak muncul dalam tiga jilid pertama komik Suicide Squad. Namun setelah bergabung dalam komik ini, dia menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Task Force X, sehingga sulit membayangkan kelompok ini tanpa kehadirannya. 

Dilansir dari laman DC Comics, volume baru Suicide Squad pada tahun 2011 kembali memperkenalkan ulang Harley dalam reboot line-wide DC, New 52. Di sini, Harley bergabung dengan para villain "langganan" Task Force X lainnya seperti Deadshot dan Captain Boomerang, serta tambahan anggota baru seperti King Shark dan Diablo. 

6. Debut Harley Quinn di layar bioskop

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahuidailysuperheroes.com

Pada tahun 2016, Harley Quinn akhirnya pergi ke layar lebar dengan memegang tongkat baseball dan mengenakan celana pendek di film Suicide Squad arahan David Ayer. Bintang yang sedang naik daun, Margot Robbie, didaulat untuk memerankan karakter maniak ini.

Berhasil menggambarkan Harley Quinn sebagai seorang wanita yang tidak sehat secara mental membuat para kritikus dan penonton terkesan dengan penampilannya di Suicide Squad. Lagi pula, Margot Robbie sudah mulai dikenal khalayak saat sukses memerankan karakter Naomi Lapaglia dalam film The Wolf of Wall Street arahan Martin Scorsese.

Di tengah-tengah pemain ansambel seperti superstar Will Smith sebagai Deadshot, Viola Davis sebagai Amanda Waller, dan Jared Leto sebagai Joker, Harley versi Robbie sangat menonjol dan berhasil "menolong" film ini. 

Tentu saja, bukan rahasia lagi kalau banyaknya uang yang dihasilkan Suicide Squad untuk Warner Bros tetap tidak memengaruhi penilaian kritikus terhadap film ini. Secara keseluruhan, mereka mengkritik habis-habisan Suicide Squad, tetapi menganggap Robbie sebagai pengecualian dan memuji performanya sebagai Harley Quinn.

7. Akan kembali muncul di film Birds of Prey dan Suicide Squad arahan James Gunn

Daddy's Lil Monster, 7 Fakta Harley Quinn yang Harus Kamu Ketahuigq.com

Pada bulan Februari 2020, para penggemar akhirnya akan memiliki kesempatan untuk kembali melihat Margot Robbie sebagai Harley Quinn dalam film Birds of Prey: and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn (disingkat Birds of Prey). 

Seperti yang telah ditunjukkan trailernya, film ini berlatar setelah Harley dan Joker "putus," dan seperti versi serial animasi DC Universe, Harley sedang berupaya untuk membuat jalannya sendiri dan mencoba keluar dari bayang-bayang Sang "Clown Prince of Crime."

Setelahnya, dia bergabung dengan sejumlah karakter terkenal DC seperti Black Canary (Jurnee Smollett-Bell), Huntress (Mary Elizabeth Winstead), Renee Montoya (Rosie Perez), dan Cassandra Cain (Ella Jay Basco).

Sudah dikonfirmasi kalau Joker tidak akan muncul secara langsung dalam film ini. Sebagai gantinya, Harley dan sekutu barunya akan menghadapi seorang penguasa kejahatan kota Gotham, Black Mask, yang akan diperankan oleh Ewan McGregor. 

Uniknya, tidak ada Harley Quinn dalam seri komik Birds of Prey. Alih-alih badut maniak, anggota aslinya adalah Oracle/Batgirl (Barbara Gordon), Black Canary, dan Huntress. Selain Birds of Prey, Harley Quinn akan kembali muncul di Suicide Squad arahan James Gunn. Untuk plotnya sendiri masih rahasia, namun sekali lagi tidak ada Joker di film ini.

Nah, itu tadi 7 fakta menarik Harley Quinn yang harus kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu menunggu film terbarunya, Birds of Prey, juga?

Baca Juga: 6 Fakta Birds of Prey, Film Terbaru Harley Quinn di Semesta DC

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya