Comscore Tracker

6 Film Horor yang Wajib Kamu Tonton di Netflix, Bikin Merinding!

Berani nonton semuanya? 

Sejujurnya, tidak semua film horor Netflix yang mengesankan. Meski begitu, ada beberapa film horor yang benar-benar sepadan dengan waktu kalian dan daftar ini akan menjelaskan beberapa film tersebut. Dengan catatan, daftar di bawah ini dibuat dari beberapa film horor yang dirilis selama lima tahun terakhir.

Berikut 6 rekomendasi film horor terbaru yang bisa kamu tonton di Netflix.

1. The Blackcoat's Daughter (2015)  

https://www.youtube.com/embed/pRc_-iK3RVE

Disutradarai oleh Oz Perkins, The Blackcoat's Daughter menceritakan dua gadis remaja yang tertinggal di asrama sekolah mereka selama liburan musim dingin. Di sana, mereka mencoba bertahan dari kekuatan jahat yang mengancam hidup mereka.

Meskipun plotnya sederhana, akhir yang agak tiba-tiba, dan beberapa akting yang terkadang terlihat biasa-biasa saja, nyatanya film ini berhasil menciptakan suasana yang benar-benar menyeramkan dan tidak rusak karena jump scare murahan seperti film-film horor arus utama.

Terlebih lagi, film ini memanfaatkan soundtrack-nya, yang sangat seimbang dengan saat-saat hening, sehingga keheningan di dalamnya terkadang terasa lebih menakutkan. Narasi film ini juga menarik perhatian kita, menggunakan banyak loncatan waktu, menciptakan keadaan yang membingungkan dan misteri yang baru terjawab di bagian akhir film.

Jika kalian menyukai film horor dengan atmosfer yang lambat, maka kemungkinan besar kalian akan menyukai The Blackcoat's Daughter.

2. The Witch: A New England Folktale (2015)  

https://www.youtube.com/embed/iQXmlf3Sefg

Sebagai salah satu film horor yang paling terkenal dalam satu dekade terakhir, The Witch: A New England Folktale menceritakan satu keluarga Puritan yang hidup di New England pada tahun 1630. Di sana, mereka diresahkan oleh kejahatan yang tak kasat mata dan bersembunyi dalam hutan gelap di sekitar rumah mereka. 

Ketika hewan-hewan ternak mereka mulai bertingkah aneh, panenan mereka gagal dan salah satu dari anak-anak tampak dirasuki oleh entitas yang tidak terlihat, anggota keluarga yang paranoid menuduh anak perempuan tertua mereka, Tomasin (Anya Taylor-Joy), sebagai penyihir.

Latar sejarah, tema agama yang kompleks, fanatisme, penindasan wanita, suasana yang tidak tenang seperti mimpi, dan horor yang tidak klise menjadikan film debut sutradara Robert Eggers ini sebagai salah satu film horor paling menyegarkan di tahun 2010-an. 

Meskipun tidak ada banyak jump scare atau pertumpahan darah, The Witch masih menjadi salah satu film horor yang paling memukau dan menyeramkan yang pernah dirilis oleh A24.

3. Hush (2016)  

https://www.youtube.com/embed/Q_P8WCbhC6s

Disutradarai oleh Mike Flanagan (Oculus, The Haunting Of Hill House), Hush adalah film horor yang menceritakan sebuah invasi rumah dengan sebuah twist yang mengejutkan.

Film ini menceritakan seorang wanita muda (diperankan oleh istri Flanagan, Kate Siegel) yang tinggal di sebuah rumah terpencil di dekat hutan dan harus berjuang untuk hidupnya ketika sesosok pria bertopeng mencoba masuk ke dalam rumahnya. Yang membuat film ini menarik adalah fakta bahwa wanita ini harus berjuang di tengah kondisinya yang tuli dan bisu.

Hal tersebut benar-benar mengubah cara bagaimana sebuah film horor harus membuka diri, sekaligus menjadikan Hush sebagai sebuah penyegaran yang cerdas untuk genre slasher yang membuatnya layak untuk ditonton.

Baca Juga: 6 Film Horor Asal Argentina yang Ngeri Banget, Berani Nonton?

4. The Autopsy Of Jane Doe (2016)  

https://www.youtube.com/embed/mtTAhXuiRTc

Disutradai oleh André Øvredal, The Autopsy of Jane Doe adalah film yang berputar di sekitar sosok penyelidik (ayah dan putranya) yang menemukan mayat seorang wanita tak dikenal yang ditemukan di sebuah lokasi tempat terjadinya beberapa pembunuhan. Oleh karena itu, mayat perempuan ini diberi nama Jane Doe. 

Kedua penyelidik ini pun merasa bingung ketika mereka tidak menemukan tanda-tanda trauma yang terlihat pada tubuh wanita itu. Namun ketika melakukan otopsi, mereka menemukan hal aneh di dalam tubuhnya. Segera, mereka mulai curiga kalau mayat Jane Doe yang misterius ini mungkin belum mati.

The Autopsy of Jane Doe memang memiliki beberapa kelemahan dalam plot dan sedikit tersendat-sendat menjelang akhir, tetapi secara keseluruhan cukup baik. Suasananya yang mencekam benar-benar dapat merasuk ke dalam kulit kalian, sedangkan sebagian besar plotnya yang misterius dan pintar akan membuat mata kalian terus terpaku ke arah layar. 

5. Train To Busan (2016)  

https://www.youtube.com/embed/1ovgxN2VWNc

Film thriller zombie serba cepat ini menampilkan Gong Yoo sebagai ayah yang workaholic. Di awal film, ia berencana pergi ke Busan bersama dengan putrinya yang masih kecil (Kim Su-an) untuk melihat ibunya di hari ulang tahunnya. Seperti judulnya, sebagian besar film ini berlangsung di dalam kereta api.

Namun, perjalanan Gong Yoo justru menjadi perjalanan kereta terburuk dalam sejarah, karena di saat ia pergi, virus zombie mulai menyebar dan turut menginfeksi seluruh penumpang kereta. Ayah dan anak ini pun harus berjuang untuk menyelamatkan hidup mereka sendiri dan terus mencari cara untuk mencapai tempat yang aman.

Yang membedakannya dari film-film zombie lain adalah bahwa zombie dari Train To Busan bukanlah jenis zombie yang bergerak lambat seperti dalam film George A. Romero (lebih mirip seperti zombie di World War Z). Hal ini menjadikan Train To Busan sebagai film zombie paling liar, gila, dan paling menghibur yang bisa kalian tonton di Netflix.

6. Gerald's Game (2017)  

https://www.youtube.com/embed/twbGU2CqqQU

Sebagai salah satu film adaptasi novel Stephen King terbaik dalam beberapa tahun terakhir, Gerald's Game menceritakan kisah seorang wanita (Carla Gugino) yang terperangkap di dalam rumahnya dan diborgol ke tempat tidur setelah suaminya tiba-tiba meninggal ketika sedang melakukan hubungan badan.

Disutradarai oleh Mike Flanagan, Gerald's Game berhasil melakukan tugas yang mustahil untuk mengadaptasi salah satu novel Stephen King tanpa kehilangan terlalu banyak esensi dari materi aslinya. Gerald's Game sendiri adalah sebuah novel di mana sebagian besar aksinya terjadi di dalam pikiran protagonis.

Meski sulit, nyatanya Flanagan berhasil menunjukkan bakatnya sebagai sutradara dan penulis skenario horor. Dalam film ini, ia berhasil menampilkan kompleksitas dan teror dari dalam buku Stephen King dengan cara yang sangat kreatif. Perlu diketahui kalau Gerald's Game bukanlah film untuk orang-orang yang lemah dan mudah pingsan.

Di dalamnya, ada adegan tertentu yang akan membuat pecinta film horor yang paling berani sekalipun ingin memalingkan muka. Para penonton yang paling cengeng pun akan setuju kalau Gerald's Game adalah salah satu film horor paling ngeri dan mencekam yang pernah ada di Netflix.

Nah, itu tadi 6 rekomendasi film horor terbaru yang bisa kamu tonton di Netflix. Apakah ada film horor terbaru yang tidak masuk ke dalam daftar di atas? Jika ada, kalian bisa menulis rekomendasi film kalian di kolom komentar ya!

Baca Juga: Horor Hingga Komedi, Ini 10 Rekomendasi Film Thailand di Netflix

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

For further reading: trakteer.id/shandy-pradana, qureta.com/next/profile/Shandy_Pradana49003 and jurnalshandy.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya