Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tonton

Tertarik untuk menonton salah satunya?

Kebanyakan komedi Inggris sangat politis atau sensitif secara sosial, sehingga tidak jarang jika lelucon di dalamnya memungkinkan para pelawak untuk mengejek agama, kelompok etnis, bahkan sejarah.

Namun dark humor inilah yang mengundang penonton untuk menertawakan kesengsaraan mereka sendiri, dan pada saat yang sama memberikan pelarian dari kehidupan mereka. Dari sekian banyak film komedi Inggris, berikut 7 film terbaik yang bisa kamu tonton di akhir pekan ini.

1. Death at a Funeral (2007)

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tontonimdb.com

Disutradarai oleh Frank Oz, film komedi hitam ini menceritakan sebuah keluarga besar yang berkumpul untuk menghadiri pemakaman seorang pengusaha di pedesaan Inggris. Namun alih-alih menjadi momen untuk reuni keluarga, acara tersebut justru berubah menjadi kacau.

Menariknya, film ini mendapat ulasan yang lebih baik di pasar internasional daripada di Inggris. Mungkin Death at a Funeral menawarkan versi humor Inggris yang sedikit dipromosikan, tetapi humor hitam yang tajam dan jajaran pemeran yang brilian tetap menjadi kombinasi yang sempurna di dalam film ini.

2. The World’s End (2013)

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tontonimdb.com

The World’s End bercerita tentang sekelompok sahabat yang selalu gagal untuk menyelesaikan tantangan minum 12 gelas bir di 12 pub berbeda. Bertahun-tahun kemudian, pentolan grup tersebut, Gary King (Simon Pegg), memutuskan untuk mengumpulkan kembali teman-teman lamanya dan menyelesaikan tantangan itu.

Namun ketika sedang bernostalgia, mereka menyadari bahwa banyak yang telah berubah di kota asal mereka, Newton Haven. Selain Pegg, film ini juga dibintangi oleh Nick Frost, Martin Freeman, Rosamund Pike, dan Pierce Brosnan.

3. Four Lions (2010)

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tontonimdb.com

Four Lions adalah film komedi hitam yang menceritakan sekelompok teroris Islam yang mencoba melakukan serangan bom bunuh diri di London. Para teroris tersebut, Omar (Riz Ahmed), Waj (Kayvan Novak), Faisal (Adeel Akhtar) dan Hassan (Arsher Ali) digambarkan sebagai karakter yang lucu tetapi manusiawi di saat yang bersamaan.

Bersama dengan orang kulit putih, Barry (Nigel Lindsay), kelompok itu memutuskan untuk melakukan serangan teroris selama London Marathon, yang malah berakhir dengan bencana. Dibintangi pula oleh Benedict Cumberbatch, Four Lions adalah film komedi tentang terorisme dan perang melawan terorisme, dengan tidak sedikit bayangan penistaan agama di dalamnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Disutradarai Peter Jackson, Wajib Nonton Nih!

4. Shaun of the Dead (2004)

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tontonimdb.com

Shaun of the Dead adalah film pertama dalam Trilogi Three Flavours Cornetto karya Edgar Wright. Plot film ini berfokus pada Shaun (Simon Pegg), seorang lelaki biasa yang berusaha mempertahankan ritme kehidupan sehari-harinya yang nyaman, sampai suatu hari serangan zombie menyerbu kota yang ditinggalinya.

Menampilkan beberapa nama terkenal seperti Bill Nighy, Martin Freeman, Dylan Moran, Simon Pegg dan Nick Frost, Shaun of the Dead dianggap sebagai film komedi Inggris terbaik di abad ini sampai Hot Fuzz rilis.

5. Hot Fuzz (2007)

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tontonimdb.com

Sering disebut sebagai film komedi Inggris terbaik pada abad ini, Hot Fuzz tidak hanya menampilkan aksi-aksi jenaka, tetapi juga merujuk banyak film aksi seperti Point Break dan Supercop. Meskipun Wright dan Pegg terus memarodikan film-film ini tanpa ampun, sindiran tajam dan lelucon cerdas di dalamnya tidak akan membuatmu bosan.

Film ini bercerita tentang seorang polisi berprestasi yang dipromosikan sebagai sersan, kemudian ditransfer ke desa kecil di Sanford, Gloucestershire, karena tidak disukai oleh rekan-rekannya. Sesampainya di sana, ia ditemani oleh polisi yang tidak berpengalaman dan mulai menguak rahasia yang tersembunyi di desa terpencil itu.

Sebagai komedi flavoursome, Hot Fuzz tidak menganggap dirinya terlalu serius dan humor cerdasnya tetap menyegarkan, menjadikannya film yang unik di tengah film-film komedi yang selalu memakai plot mainstream.

6. Lock, Stock, and Two Smoking Barrels (1998)

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tontonimdb.com

Lock, Stock, and Two Smoking Barrels adalah film komedi yang disutradarai oleh Guy Ritchie. Film ini mengeksplorasi dunia kejahatan London dan menceritakan sekelompok orang yang mencoba merampok geng lokal untuk melunasi utang mereka.

Walau terdengar mainstream, para pemain di dalamnya berhasil membawa kecerdikan yang sinis ke setiap adegan di dalamnya, membawa energi yang sanggup membuat kita tertawa terbahak-bahak bahkan di saat-saat paling brutal sekalipun.

Lock, Stock, dan Two Smoking Barrels adalah contoh sempurna dari gaya punk rock yang mendefinisikan lingkungan underground Inggris. Jason Flemyng, Vinnie Jones, Jason Statham, dan para pemain lainnya juga memberikan totalitas saat memberikan lelucon di sepanjang film.

7. Snatch (2000)

7 Rekomendasi Film Komedi Inggris yang Wajib untuk Kamu Tontonimdb.com

Lewat kesuksesannya dalam Lock, Stock, and Two Smoking Barrels (1998), Guy Ritchie kembali menjadi sutradara dalam film komedi-kriminal Inggris dua tahun setelahnya, Snatch, dan bisa dibilang ini adalah film terbaiknya. 

Berlatar di dunia kriminal London, film ini memiliki dua plot yang berhubungan: yang pertama berurusan dengan pencarian berlian curian, dan lainnya menceritakan seorang promotor tinju kecil (Jason Statham) yang memiliki masalah dengan seorang gangster kejam (Alan Ford).

Snatch dibintangi oleh Vinnie Jones, Jason Statham, Benicio Del Toro, Brad Pitt, dan Alan Ford. Brad Pitt sendiri berhasil membawakan karakter yang lucu ala komika ke dalam seorang pikey di dalam film ini. 

Tujuan utama dari Snatch adalah bahwa kita seharusnya tidak tertawa saat menontonnya, karena film ini menceritakan orang-orang jahat yang melakukan hal-hal yang mengerikan. Namun semua itu berhasil disampaikan dengan energi yang pas dan sarkasme yang membuat kita tidak bisa menahan tawa di saat melihat kesialan para karakter di dalamnya.

Nah, itu tadi 7 rekomendasi film komedi Inggris yang wajib untuk kamu tonton di akhir pekan ini. Bagaimana, tertarik untuk menonton semuanya?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Horor Australia yang Bikin Kamu Merinding

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You