Comscore Tracker

Ngeri! 9 Rekomendasi Anime Horor Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Tertarik untuk menonton semuanya?

Studio-studio Hollywood dan pembuat film indie mungkin telah sama-sama meningkatkan kualitas genre horror dalam beberapa tahun terakhir. Walau genre horor telah mengalami peningkatan, tetap saja para pembuat film masih mengalami keterbatasan dalam hal sumber daya, salah satunya adalah anggaran yang tersedia.

Namun ketika berbicara tentang pembuatan anime horor, satu-satunya batasan tersebut adalah imajinasi. Dari wabah zombie sampai buku yang bisa mencabut nyawa seseorang, berikut 9 anime horor yang wajib untuk kamu tonton.

1. Highschool of the Dead (2010)

https://www.youtube.com/embed/RVQPds7Qyss

Adaptasi anime dari karya Daisuke Satou, Highschool of the Dead, memang mendapatkan banyak pujian sejak perilisannya di tahun 2010. Bahkan Wired menyebutnya sebagai anime dengan gaya horor khas George A. Romero dengan kesan "seksual" dari kehidupan sekolah menengah di Jepang.

Anime horor yang brutal ini menceritakan sebuah wabah pandemi yang menyebar di seluruh dunia, dan diawali dengan seorang siswa sekolah menengah bernama Takashi Komuro yang harus membunuh sahabatnya sendiri setelah dia berubah menjadi zombie.

Ia pun bersumpah untuk menjaga pacar kawannya, Rei Miyamoto. Bersama dengan beberapa orang yang masih hidup, mereka mengelilingi Jepang untuk mencari anggota keluarga yang masih hidup.

2. Another (2012)

https://www.youtube.com/embed/MWhuNQpM9Ls

Tidak seperti kebanyakan anime di daftar ini, Another diadaptasi dari sebuah novel alih-alih manga. Novel misteri karya Yukito Ayatsuji ini berfokus pada keganjilan kelas 3-3 di Sekolah Menengah Yomiyama North, yang secara tragis kehilangan salah satu siswa paling populernya pada tahun 1972.

Ketika siswi baru bernama Kouichi Sakakibara pindah ke kelas tersebut sekitar 26 tahun kemudian, ia berteman dengan Mei Misaki, seorang gadis yang selalu diabaikan oleh siswa lainnya.

Setelah teman-teman sekelasnya dan keluarga mereka mulai meninggal dalam kecelakaan yang mengerikan (ada nuansa Final Destination di sini), Kouichi baru menyadari kalau nama gadis populer yang meninggal 26 tahun yang lalu adalah Misaki.

Jika kamu adalah penggemar film horor khas Amerika, Another adalah rekomendasi anime terbaik yang harus kamu tonton sebagai awal untuk memasuki genre horor.

3. The Future Diary (2011)

https://www.youtube.com/embed/wNT7pUmZLJ8

The Future Diary (Mirai Nikki) karya Sakae Esuno memang memiliki banyak keunikan, tetapi jika harus menggambarkan manga horor ini dalam sebuah kalimat, kalian bisa menyebutnya sebagai "persilangan antara Battle Royale dan Death Note dengan sentuhan romansa ala Bonnie dan Clyde."

Adaptasi animenya mengikuti perjalanan Yukiteru Amano, seorang siswa SMA yang menghabiskan sebagian besar harinya dengan menulis di "buku harian" ponselnya dan berbicara dengan dua teman imajinernya, Deus Ex Machina (dewa waktu dan ruang) dan pelayannya, Murmur.

Kehidupan Yuki mulai berubah saat dia menyadari kalau Deus dan Murmur bukan sosok imajiner. Deus pun memberikan Yuki sebuah buku harian baru yang memungkinkannya untuk membaca deskripsi tentang peristiwa di masa depan, dan memasukkannya ke dalam pertempuran sampai mati dengan sebelas pemegang ponsel gaib lainnya.

Mirai Nikki menyajikan konsep yang fantastis, di mana masing-masing pemegang buku harian memiliki alasan dan masa lalu yang kelam. Dinamika antara Yuno Gasai dan Yuki juga sangat menarik untuk ditonton, walau terlihat sedikit menganggu terutama lewat sikap overposesif Yuno terhadap Yuki.

4. Ajin: Demi Human (2016)

https://www.youtube.com/embed/blpFm9qfUq8

Diangkat berdasarkan manga karya Gamon Sakurai dengan judul yang sama, Ajin: Demi Human mulai dikenal oleh khalayak umum setelah Netflix menyetujui kesepakatan untuk menayangkan anime ini.

Anime ini menceritakan kehidupan Kei, seorang siswa sekolah menengah yang menyadari kalau dia adalah makhluk abadi yang dikenal sebagai Ajin setelah ditabrak truk dan berhasil hidup kembali.

Manusia biasa takut pada Ajin dan kemampuan mereka, yang memaksa Kei untuk memilih dua pilihan yang mengerikan: menjalani hari-harinya dengan rahasia atau bergabung dengan kelompok bawah tanah Ajin yang kejam dan ingin menggulingkan umat manusia.

Anime News Network menyebut Ajin: Demi Human sebagai sebuah "kisah gelap yang menggambarkan sisi negatif dari sifat manusia" dalam ulasan mereka.

Baca Juga: Wajib Ditonton, Ini 7 Rekomendasi Anime Terbaik di Awal Tahun 2020

5. Parasyte: The Maxim (2015)

https://www.youtube.com/embed/dT1TA-KANac

Parasyte: The Maxim adalah anime yang diadaptasi dari manga fiksi ilmiah ciptaan Hitoshi Iwaaki, Parasyte. Plotnya sendiri berfokus pada keberadaan makhluk seperti cacing yang dapat mengambil alih manusia dengan masuk ke dalam otak mereka.

Dalam ulasannya untuk Parasyte: The Maxim, Geek Tyrant menyebut anime ini sebagai "anime yang harus ditonton karena unsur gore, horor, dan animasinya," dan menggambarkannya sebagai gabungan dari Alien dan Bodysnatchers.

6. Perfect Blue (1998)

https://www.youtube.com/embed/UXQraSkOOGs

Anime yang disajikan dalam sebuah film (bukan serial) ini mengikuti kejatuhan psikologis seorang bintang J-Pop bernama Mimi, seorang wanita muda yang menyadari kalau dirinya sedang dikuntit oleh penggemar yang obsesif setelah memilih untuk meninggalkan dunia musik demi dunia akting.

Meskipun pernah membantahnya, jelas sekali kalau Black Swan buatan Darren Aronofsky sangat terinspirasi oleh Perfect Blue, sampai-sampai ada beberapa adegan yang identik di dalamnya.

"Tergantung dari sudut mana kalian melihatnya, Black Swan adalah ekstrapolasi brilian dari tema yang dieksplorasi dalam film Perfect Blue, atau bahkan telah melakukan sedikit 'pencurian' darinya," ucap Dazed dalam ulasan mereka tentang anime ini di "anime maverick" Kon.

7. Tokyo Ghoul (2014)

https://www.youtube.com/embed/whsQGujTLq0

Siapa yang tidak tahu Tokyo Ghoul? Manga horor supernatural karya Sui Ishida ini sudah melakukan debutnya di majalah Weekly Young Jump pada tahun 2011 dan diadaptasi dalam bentuk anime oleh Studio Pierrot pada tahun 2014, mendapat rating 8.02 di  MyAnimeList dan masuk ke dalam sepuluh anime Pierrot yang paling populer.

Anime ini berlatar di ibukota Jepang, Tokyo, yang terganggu oleh makhluk haus darah yang terlihat seperti manusia biasa, Ghoul. Ketika seorang mahasiswa bernama Ken Kaneki menerima sumbangan organ dari Ghoul, ia menjadi setengah manusia setengah Ghoul, dan menjadi jembatan antara dua dunia yang berbeda.

8. Elfen Lied (2004)

https://www.youtube.com/embed/cJz1YsnIwaw

Sampai hari ini, Elfen Lied mungkin menjadi salah satu anime terbaik yang belum pernah didengar oleh kebanyakan orang. Berdasarkan manga Lynn Okamoto dengan judul yang sama, anime ini menceritakan kisah seorang gadis muda bernama Lucy, anggota ras mutan manusia yang lahir dengan tangan telekinetik yang tak terlihat.

Selain tangan telekinetik, Lucy juga memiliki kecepatan dan kekuatan yang luar biasa sehingga menarik perhatian badan pemerintah yang ingin melakukan percobaan padanya. Setelah membacanya, apakah plot tersebut terasa akrab di telinga kalian?

Pencipta Stranger Things, Ross dan Matt Duffer mengungkapkan hal ini pada The Hollywood Reporter, bahwa anime "tak dikenal" bernama Elfen Lied adalah kunci dari serial Netflix buatan mereka. Jadi tidak heran jika plotnya terdengar mirip.

9. Death Note (2006)

https://www.youtube.com/embed/tJZtOrm-WPk

Ada banyak alasan untuk menyebutkan mengapa remake Death Note di Netflix baru-baru ini adalah kegagalan yang menyedihkan. Salah satu alasan terbesarnya mungkin karena manga asli dan serial animenya adalah sebuah masterpiece dan selalu dipuja oleh para penggemarnya.

Anime Death Note yang dirilis pada tahun 2006 terdiri dari tiga puluh tujuh episode, menjadi legenda dan dianggap sebagai salah satu pertunjukan terbaik yang pernah dibuat, baik sebagai anime bergenre horor atau umum.

Anime ini menceritakan kehidupan seorang remaja bernama Light Yagami yang memiliki kecerdasan luar biasa. Ia menghadapi serangkaian dilema moral setelah memiliki Death Note — sebuah buku catatan supernatural yang memungkinkan pemiliknya untuk membunuh siapa pun dengan mencatat nama mereka dan membayangkan wajah mereka.

Akhirnya, Light Yagami memutuskan untuk membersihkan dunia kejahatan menggunakan Death Note dan mengangkat dirinya sendiri sebagai dewa baru, yang dikenal di seluruh dunia sebagai Kira. Dengan skor 8,69 di MyAnimeList, Death Note berada di peringkat pertama sebagai anime paling populer sepanjang masa.

Nah, itu tadi 9 rekomendasi anime horor yang wajib untuk kamu tonton. Bagaimana, tertarik untuk menonton semuanya?

Baca Juga: 5 Karakter Anime Kucing yang Menggemaskan, Ada Favoritmu?

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya