Comscore Tracker

Tak Selalu Baik, Ini 6 Sisi Gelap Superman yang Harus Kamu Ketahui

Pernah membunuh temannya sendiri lho!

Dia mewakili kebenaran, keadilan, dan American Ways. Ya, dari semua superhero di dunia, Superman adalah sebuah mercusuar harapan yang bersinar, simbol dari apa yang harus kita semua perjuangkan.

Terkadang, dia juga bisa lupa tentang semua hal itu, dan bahkan bisa berubah 180 derajat. Karena dia adalah makhluk terkuat di planet ini (dalam versi komik, tentunya) dia bisa melakukan banyak hal keji yang tidak dapat kita bayangkan.

Dari mengamuk sampai membunuh orang terdekatnya, berikut 6 sisi gelap Superman yang mungkin tidak kamu ketahui.

1. Membunuh Zod yang sudah tidak berdaya

Tak Selalu Baik, Ini 6 Sisi Gelap Superman yang Harus Kamu Ketahuigamek.vn

Semua orang pasti kaget saat melihat akhir dari film Man of Steel, saat di mana Superman mematahkan leher Jenderal Zod. Masalahnya, Superman melakukan itu untuk mencegah Zod supaya tidak mengarahkan laser dari matanya kepada keluarga yang sudah terpojok. Pada saat itu, Superman tidak punya pilihan lain.

Hal itu juga tidak seburuk seperti versi komiknya. Dalam versi ini, Zod berasal dari "pocket universe" di mana ia dan teman-temannya membunuh semua orang Bumi di dimensi itu. Superman akhirnya mengetahuinya, dan menggunakan kryptonite emas untuk mengambil kekuatan Zod.

Setelah mengambil kekuatannya, Superman menggunakan kryptonite hijau untuk membunuh Zod yang sudah tidak berdaya. Meskipun Zod tidak lagi menjadi ancaman, Superman memutuskan kalau ia harus mati dengan cara itu. Hal itu cukup mengerikan, mengingat ada banyak cara yang lebih cepat untuk membunuh Zod.

2. Superboy Prime yang mengamuk

Tak Selalu Baik, Ini 6 Sisi Gelap Superman yang Harus Kamu Ketahuidaybreakgames.com

Sebelum New 52, ​​ada beberapa realitas berbeda yang dihuni oleh karakter DC Comics. Semua itu sebelum komik Crisis on Infinite Earths menggabungkan semua realitas berbeda tersebut menjadi satu. Di sinilah pertama kali Superboy Prime muncul.

Dia masih Superman, hanya dengan sejarah yang sedikit berbeda. Perlu diketahui kalau Superboy Prime tidak seperti Superman biasa yang baik hati dan dipenuhi rasa keadilan — karena dia adalah sosok monster yang sebenarnya.

Selama event ini, Superboy adalah satu-satunya orang yang selamat dari realitasnya, dan akhirnya hidup di dalam dimensi "surga." Untuk beberapa alasan, hal ini membuatnya gila dan merubahnya menjadi jahat. Setelahnya, Superboy Prime melakukan perjalanan ke Bumi utama DC Universe dan menyebabkan peristiwa crisis lainnya

Dia bertengkar dengan Superboy dari semesta ini, yang notabene adalah tiruan dari Superman. Pertarungan mereka menyebabkan banyak kehancuran dan kematian beberapa superhero. Harga yang mahal untuk pertarungan antara entitas Superman.

3. Menyiksa villain yang sudah kalah

Tak Selalu Baik, Ini 6 Sisi Gelap Superman yang Harus Kamu Ketahuitheforce.net

Jika kalian tidak terlalu mengikuti komik, maka kalian tidak mengenal Chuck Austen. Perlu kalian ketahui jika Austen adalah seorang penulis yang kontroversial dan pernah disewa untuk menulis cerita Superman, yang tentunya membuat marah para penggemar komik DC.

Salah satu momen yang paling menonjol dalam komik yang dibuatnya adalah pertemuan antara Superman dengan Barrage, seorang villain yang biasa-biasa saja. Dalam cerita ini, Superman berdiri di depan Barrage yang sangat ketakutan dan mengejeknya sebelum ia menabral mobil sampai hancur.

Dia kemudian menarik Barrage keluar dari bawah mobil yang hancur dan melemparnya ke seberang kota. Dia melakukan semua ini pada seorang pria yang pada dasarnya sudah menyerah. Kemudian, ketika pemilik mobil mempertanyakan Supes tentang tindakannya, ia hanya menepisnya.

Supes malah menawarkan untuk memberikan tanda tangan "lasernya" ke mobil pria itu agar ia bisa menjualnya di eBay. Untungnya cerita versi Austen ini dihentukan, karena ia menulis Superman seperti pengganggu yang bahkan tidak mengerti bagaimana cara ekonomi bekerja.

Baca Juga: Bisakah Superman Mengangkat Mjolnir? Berikut 5 Penjelasannya

4. Membiarkan Parasite "menyerap" Lois Lane

Tak Selalu Baik, Ini 6 Sisi Gelap Superman yang Harus Kamu Ketahuidc.fandom.com

Parasite adalah villain yang menyedot kekuatan kehidupan dari orang lain. Jika dia benar-benar eksis di dunia nyata, mungkin kalian ingin menjauhkannya dari orang-orang yang kalian cintai, kecuali kalian adalah Superman dan dalam hal ini kalian justru akan membiarkannya melakukannya.

Melalui serangkaian peristiwa yang cukup gila, Lois akhirnya mendapatkan kekuatan psikis, dan akhirnya menemukan fakta kalau Clark Kent dan Superman adalah orang yang sama. Dia pun jatuh koma sebelum dapat memberi tahu orang lain, meninggalkan Superman yang mencari solusi untuk menyembuhkannya.

Ketika Parasite menyerang rumah sakit tempat Lois dirawat, Superman justru membiarkannya untuk "memakan" Lois. Untungnya cara ini berhasil. Lois kehilangan kekuatan psikisnya dan lupa kalau Clark adalah Superman.

Hal itu mungkin pilihan yang baik, karena Lois mungkin tidak akan pernah memaafkannya jika tahu kalau Supes membiarkan seekor alien menghisap kekuatan hidupnya. Timbul juga sebuah pertanyaan, mengapa Superman berani mengambil risiko kehilangan Lois hanya untuk melindungi identitas rahasianya?

5. Hampir membunuh Batman

Tak Selalu Baik, Ini 6 Sisi Gelap Superman yang Harus Kamu Ketahuigamek.vn

Pada tahun 2011, DC Comics meluncurkan kembali komik-komiknya dalam sebuah acara yang dikenal sebagai The New 52. Dalam acara ini, DC me-reboot Justice League dan membuat cerita baru tentang bagaimana pada superhero ini bertemu dalam kesinambungan baru.

Karena cerita ini seharusnya menjadi titik "awal" dalam karier masing-masing superhero, semua anggota tim Justice League pun pada awalnya bertindak dengan ceroboh. Green Lantern sangat sombong, Wonder Woman keras kepala, dan Superman menjadi penuh dengan amarah.

Ketika Batman dan Green Lantern muncul, Superman tiba-tiba menyerang mereka. Dia menjadi gila dan pada satu titik mulai mencekik Batman. Superman tidak terpancing oleh ucapan Batman atau Green Lantern, ia hanya muncul dan mencoba untuk membunuh mereka.

Dia terus membual tentang bagaimana mereka tidak akan bisa menyakitinya. Tentunya sulit bagi Batman untuk menjelaskan kalau ia bukan ancaman ketika Supes mencekik lehernya.

6. Membunuh banyak superhero di event Injustice

Tak Selalu Baik, Ini 6 Sisi Gelap Superman yang Harus Kamu Ketahuipinterest.com

Superman dikenal sebagai sosok yang loyal kepada teman-temannya, sehingga satu-satunya hal yang mungkin tidak akan ia lakukan adalah melukai orang-orang terdekatnya. Namun pandangan ini tidak sepenuhnya benar, terutama jika kalian membaca cerita komik Injustice yang diangkat dari versi gamenya.

Dalam komik ini, yang berlatar di semesta alternatif, Superman kehilangan Lois dan anak yang sedang dikandungnya karena ulah Joker. Lebih buruk lagi, Supes menjadi orang yang bertanggung jawab karena ia mengira kalau Lois adalah Doomsday sehingga mengangkatnya ke luar angkasa sampai mati.

Saat Lois mati, bom yang dipasang Joker pun meledak dan menghancurkan Metropolis. Dalam kasus ini, Supes telah kehilangan kekasih, calon anak, dan kotanya dalam satu hari yang buruk. Ia pun mencari Joker dan membunuhnya di tempat, tepat di hadapan Batman. Sejak saat itu, ia tidak pernah lagi sama dan lambat laun menjadi seorang fasis yang kejam.

Ia berseteru dengan Batman, memimpin Justice League-nya sendiri dan memimpin dunia dengan tangan besi. Ia akan menghabisi siapa saja yang menghalangi jalannya, bahkan jika mereka adalah teman-temannya sendiri. Ia membunuh Green Arrow, Black Canary, Hawkman, Batwoman, Shazam, dan bahkan Lex Luthor yang saat itu menjadi temannya.

Nah, itu tadi 6 sisi gelap Superman yang mungkin tidak kamu ketahui. Hampir sama seperti di kehidupan nyata, tidak ada yang benar-benar "sempurna" di dalam dunia komik, terutama jika itu menyangkut DC Comics yang memiliki alur cerita yang gelap dan intens.

Baca Juga: Gak Cuma di Film, 5 Hero DC Comics Ini Juga Ada di Arena of Valor

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You