Comscore Tracker

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungan

Gak cuma Thanos atau Darkseid, lho! #HypeIDN

Komik sudah eksis dan menghibur kita sejak awal abad ke-20. Dari sekian banyak komik, ada beberapa superhero terkenal seperti Batman, Superman dan Spiderman. Namun, apa jadinya mereka tanpa sosok antagonis yang selalu menantang mereka?

Selain Thanos dan Darkseid, berikut 9 supervillain paling badass dalam sejarah komik Marvel dan DC.

1. Bane  

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungancbr.com

Bane adalah karakter villain yang diciptakan oleh Chuck Dixon, Doug Moench dan Graham Nolan. Ia pertama kali muncul di Batman: Vengeance of Bane #1 (1993). Bane sendiri adalah pertarung kelas dunia yang memiliki kecerdikan taktikal, dan sering menambah kekuatan fisiknya dengan steroid yang disebut "venom."

Lahir dan dibesarkan di penjara Peña Duro, Santa Prisca, Bane bercita-cita untuk menghancurkan Batman demi membuktikan kehebatan dirinya. Hasilnya, Bane berhasil mematahkan punggung Batman selama event Knightfall

Sejak saat itu, ia menjadi penguasa kejahatan internasional, anti-hero, tentara bayaran, agen pemerintah dan bahkan diktator. Bane sendiri pernah menjadi anggota Secret Six, Suicide Squad dan Secret Society of Super-Villains. 

2. Lex Luthor 

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungancbr.com

Diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster, Lex Luthor memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangan DC Comics. Ia pertama kali muncul di Action Comics #23 (1940).

Lex Luthor dikenal sebagai salah satu pria paling berbahaya di Bumi, seorang penjahat super, ilmuwan yang brilian, miliarder, dan pemilik LexCorp. Tentunya, kombinasi ini membuatnya menjadi lawan yang sangat kuat dan tangguh bagi Superman meski ia hanya manusia biasa.

Selain memiliki dendam pribadi terhadap pria yang selalu menggagalkan setiap rencananya, Luthor juga membenci sang Man of Steel dari sudut pandang ideologis, terutama karena eksistensinya telah menghina segala prestasi yang dibuat oleh manusia.

Dalam komik, Luthor selalu menjadi sosok kontroversial karena perusahaannya yang terkenal korup. Namun, ia pernah meningkatkan popularitas politik di mata publik, bahkan menjadi presiden di salah satu event DC. Luthor sendiri pernah bergabung dengan Injustice League, the Secret Six, the Secret Society of Super-Villains dan Project 7734.

3. Galactus  

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungangeektyrant.com

Diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby serta pertama kali muncul di Fantastic Four #48 (1966), Galactus adalah satu-satunya spesies Taa-an yang berhasil bertahan hidup dari peristiwa Big Bang. Seperti yang telah diketahui, Galactus adalah supervillain yang suka mengonsumsi planet untuk kebutuhannya sendiri.

Galactus memiliki beberapa kemampuan layaknya dewa, termasuk manipulasi molekul pada skala kosmik, konversi materi menjadi energi dan sebaliknya, teleportasi melintasi jarak yang sangat jauh, mendirikan medan kekuatan yang tidak bisa ditembus, dsb. Galactus juga dapat memindai pikiran hampir semua makhluk yang telah diketahuinya.

4. Magneto  

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpunganguioteca.com

Pertama kali muncul di The X-Men #1 (1963), Magneto dikenal sebagai salah satu mutan terkuat di Marvel Universe yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan dan mengendalikan daya magnet di sekitarnya. Bernama asli Max Eisenhardt alias Erik Magnus Lehnsherr, Magneto adalah mutan yang selamat dari peristiwa Holocaust.

Tentu saja, pengalaman itu mendorongnya untuk melindungi mutan dari penderitaan dan nasib yang telah dialaminya. Sepanjang alur cerita komik, Magneto sering tampil sebagai sosok militan tanpa kompromi dan telah terlibat dalam berbagai aksi terorisme yang ia arahkan kepada umat manusia.

5. Apocalypse 

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungancomicbasics.com

Pertama kali muncul di X-Factor #5 sebagai cameo, En Sabah Nur alias Apocalypse adalah mutan pertama dan salah satu mutan terkuat di dunia.

Kekuatan Apocalypse terdiri dari kendali terhadap tubuhnya pada tingkat atom sehingga ia dapat melakukan penyerapan energi dan memproyeksikannya pada tingkat yang luar biasa. Kekuatannya juga berhasil ditingkatkan karena penguasaan dari teknologi alien yang ia temukan, khususnya dalam bidang genetika dan biokimia.

Sedangkan dalam X-Men: Apocalypse, ia dapat memindahkan kesadarannya ke dalam tubuh mutan lain. Hal ini membuatnya selalu awet muda dan mengakumulasikan segala kekuatan yang pernah ia dapatkan sebelumnya

Baca Juga: 7 Aktor Ini Pernah Jadi Superhero dan Supervillain 

6. Dr. Doom 

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungantwinfinite.net

Sebelum menjadi supervillain, Victor Von Doom adalah seorang anak biasa yang dibesarkan oleh para gipsi di sebuah negara kecil di Eropa, Latveria. Ketika beranjak dewasa, Victor mulai mempelajari sains dan pengetahuan mistis sampai ia diberikan beasiswa penuh ke Empire State University.

Di sana, Victor bertemu Reed Richards dan Ben Grimm, di mana ia memulai penelitian ekstra dimensionalnya. Namun sayang, kesombongan Victor membuat salah satu eksperimennya gagal dan hasil akhirnya adalah ledakan yang mengubah tubuhnya seumur hidup.

Diusir dari ESU, Victor berkeliling dunia dan akhirnya menemukan sebuah desa di Tibet. Di sana, para biksu Tibet melatihnya dan membuatkannya baju zirah lengkap dengan topengnya. Setelahnya, Victor segera kembali ke Latveria, menggulingkan pemerintahan dan memahkotai dirinya sendiri sebagai Raja Latveria.

Memerintah dengan tangan besi, Dr. Doom mulai mengubah sumber daya bangsanya untuk menguasai dunia.

7. Deathstroke 

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungandccomics.com

Slade Joseph Wilson adalah seorang tentara Amerika dengan kecakapan fisik yang ditingkatkan oleh sebuah eksperimen rahasia. Slade kemudian menjadi tentara bayaran setelah percobaan tersebut berakhir. Namun, ia merahasiakan kariernya dari keluarganya sampai seorang penjahat bernama Jackal menculik putranya, Joseph, sebagai sandera.

Setelah menculik anaknya, Jackal memaksa Slade untuk membocorkan nama klien yang telah mempekerjakannya sebagai seorang pembunuh. Meski anaknya disandera, Slade dengan tegas menolaknya, mengklaim kalau hal itu melanggar kode kehormatannya dan mulai membantai anak buah Jackal.

Sayangnya, tenggorokan Joseph ditebas oleh salah satu penjahat sebelum Slade bisa menyelamatkanya. Sejak saat itu, Slade melanjutkan kariernya dan akhirnya lebih dikenal dengan nama Deathstroke.

8. Doomsday 

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungancomicvine.gamespot.com

Berbeda dari para villain di daftar ini, Doomsday adalah monster pembunuh yang, tampaknya, tidak punya pikiran. Tujuannya hanya satu: membunuh Superman. Doomsday sendiri adalah hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh bangsa Krypton.

Dalam alur cerita komik The Death of Superman, di mana ia pertama kali muncul, diceritakan kalau Doomsday keluar dari sebuah pesawat luar angkasa, kemudian mulai membunuh dan menghancurkan semua hal yang dilihatnya. Motifnya awalnya tidak diketahui, tetapi jelas sekali kalau dia sangat kuat, tanpa ampun dan hampir tak terhentikan.

Bahkan, Doomsday dengan mudah mengalahkan seluruh anggota Justice League sebelum akhirnya berhadapan one-on-one dengan Superman. Seperti yang diperlihatkan dalam komik dan film animasinya, Doomsday adalah satu-satunya villain yang pernah membunuh superman.

Doomsday juga pernah terbunuh dalam pertempuran, walau sayangnya dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Superman sendiri sudah berkali-kali melawannya sejak pertarungan pertama mereka.

9. Joker

9 Supervillain Paling Ikonik yang Bikin Superhero Kelimpungancomicbook.com

Joker adalah villain paling terkenal dari alur cerita komik Batman. Sedangkan di layar kaca, karakter ini dibawakan dengan apik oleh Heath Ledger dalam The Dark Knight dan Joaquin Phoenix dalam Joker. Penampilan Joker memang tidak seseram badut lainnya, tetapi sifatnya lebih menyeramkan dari mereka.

Asal usulnya bervariasi, tetapi yang paling sering dijadikan referensi adalah kisahnya di The Killing Joke. Dalam alur cerita tersebut, dikisahkan kalau Joker adalah seorang komedian gagal yang terjatuh ke dalam tong kimia, yang kemudian memutihkan kulitnya, mengubah rambutnya menjadi hijau dan membuat bibirnya menjadi berwarna merah.

Karakter supervillain adalah salah satu bagian penting dari cerita superhero. Tanpa para karakter jahat, superhero tidak akan memiliki 'pekerjaan'. Adakah dari sembilan karakter di atas yang jadi supervillain favoritmu?

Baca Juga: Pintar dan Kuat, Ini 7 Supervillain Paling Ikonik Dalam Film

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya