Comscore Tracker

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turut

Ada sutradara favoritmu?

Menjadi sutradara yang hebat hampir sama seperti menjadi olahragawan yang hebat. Mereka dituntut untuk selalu konsisten dalam mempertahankan kualitas terbaiknya. Bisa dibilang hal ini cukup sulit untuk dilakukan, mengingat mereka harus bekerja dengan kru yang sama dari film ke film sambil mempertahankan konsistensi artistik di semua aspek produksi.

Dari sekian banyak sutradara hebat, berikut 9 sutradara yang berhasil menyutradarai 5 film hebat secara berturut-turut.

1. Charlie Chaplin

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutnerdist.com

Transisi ikonik Charlie Chaplin dari The Gold Rush ke The Great Dictator yang berlangsung selama lima belas tahun adalah contoh yang bagus dari mengapa kita sebaiknya mengambil segala sesuatu secara perlahan. Setiap film yang ia ciptakan nyaris sempurna, dengan kombinasi komedi dan patho yang tiada bandingnya.

Ketika industri perfilman mulai bergerak dari film bisu ke film suara, Charlie Chaplin langsung memulainya dengan The Great Dictator, yang secara tidak langsung menyindir Adolf Hitler sendiri, menjadikannya sebagai salah satu film anti-fasis terbaik yang pernah dibuat.

Dari sekian banyak film yang dibuatnya, berikut 5 film hebat yang ia sutradarai secara berturut-turut:

1. The Gold Rush (1925)
2. The Circus (1928)
3. City Lights (1931)
4. Modern Times (1936)
5. The Great Dictator (1940)

2. Alfred Hitchcock

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutbfi.org.uk

Akhir 50-an dan awal 60-an merupakan periode yang luar biasa bagi Alfred Hitchcock. Pada masa kejayaannya tersebut, Hitchcock berhasil memodifikasi beberapa genre film dalam prosesnya.

Vertigo berhasil mengubah landasan dari film noir, menghantui dan berliku-liku layaknya sebuah labirin. North By Northwest pada dasarnya adalah film "James Bond" dengan kombinasi aksi dan petualangan dengan plot konspirasi mata-mata. Sedangkan Psycho adalah film yang akan mengubah genre horor-misteri selamanya.

Sepertinya sulit untuk menyebutkan rentang waktu yang lebih berpengaruh dalam sejarah sinema populer selain rentang ini. Dijuluki master of suspense, berikut 5 film terbaik Hitchcock yang disutradai berturut-turut olehnya:

1. Vertigo (1958)
2. North by Northwest (1959)
3. Psycho (1960)
4. The Birds (1963)
5. Marnie (1964)

Baca Juga: 5 Film Tentang Time Traveling Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

3. Stanley Kubrick

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutpri.org

Siapa yang tidak mengenal Stanley Kubrick? Salah satu sutradara paling berpengaruh dalam sejarah sinematik dengan karya-karyanya yang ikonik. Film-filmnya seperti 2001: A Space Odyssey, misalnya, masih menjadi film klasik yang masih sulit dipahami sampai saat ini.

Dengan ciri khas cliffhanger ending yang penuh ambiguitas, film-filmnya telah menjadi definisi dari budaya populer itu sendiri. Terhitung ada 14 nominasi Oscar yang didapat dari lima film di bawah ini, di mana lima di antaranya berhasil dibawa pulang. Berikut 5 film terbaik yang disutradarai oleh Kubrick secara berturut-turut:

1. 2001: A Space Odyssey (1968)
2. A Clockwork Orange (1971)
3. Barry Lyndon (1975)
4. The Shining (1980)
5. Full Metal Jacket (1987)

4. Woody Allen

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutamgreatness.com

Woody Allen mungkin dikenal sebagai sutradara film bergenre drama-romansa-komedi. Namun pada dekade 80-an, filmografinya ternyata lebih beragam dari yang dapat kita bayangkan.

Allen memang selalu berhasil untuk membuat drama yang sangat manusiawi tentang hubungan dan makna hidup. Di sisi lain, Allen juga sangat sangat produktif, dan lima film di bawah ini mungkin akan menjelaskan keterampilannya yang luar biasa dalam dunia perfilman:

1. Zelig (1983)
2. Broadway Danny Rose (1984)
3. Purple Rose of Cairo (1985)
4. Hannah and her Sisters (1986)
5. Radio Days (1987)

5. Steven Spielberg

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutbloody-disgusting.com

Steven Spielberg dikenal oleh khayalak setelah mengarahkan film Jaws (1975), tetapi baru mendapat "hit" setelah George Lucas mendekatinya untuk mengembangkan versi baru "James Bond." Namun alih-alih memesan martini dan memiliki peralatan canggih, versi baru "James Bond" ini lebih memilih untuk menggunakan cambuk dan memakai topi.

Dengan bantuan dari penulis skenario Lawrence Kasdan, film Indiana Jones pun lahir. Raiders of the Lost Ark adalah hit yang luar biasa, dan terus membuat sensasi hingga adegan terakhirnya. Setelahnya, Spielberg menyutradarai E.T. the Extra-Terrestrial, salah satu film keluarga paling ikonik yang pernah dibuat.

Kita tahu bahwa Spielberg mendapatkan kesuksesan lewat film-film sci-fi dan sejarahnya, seperti Schindler's List, Jurassic Park, Saving Private Ryan, dan Lincoln. Namun 5 film di bawah ini adalah pembuka kejayaannya di dunia Hollywood:

1. Raiders of the Lost Ark (1981)
2. E.T. the Extra-Terrestrial (1982)
3. Indiana Jones dan The Temple of Doom (1984)
4. The Color Purple (1985)
5. Empire of the Sun (1987)

6. Martin Scorsese

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutfilmpluskritik.com

Martin Scorsese adalah seorang sutradara "gangster," dan reputasi itu akan melekat padanya selamanya. Hit pertamanya mungkin adalah Taxi Driver (1973), tetapi Goodfellas (1990) lah yang berhasil mengangkat namanya di dunia Hollywood.

Namun Scorsese bukanlah orang yang mudah puas, karena ia juga memiliki ambisi untuk mengangkat tema agama ke dalam film-dilmnya. Hal ini dapat dilihat dalam The Last Temptation of Christ (1988) dan Silence (2016).

Berikut 5 film hebat dari"Godfather of gangster" yang disutradainya secara berurut-turut"

1. The Last Temptation of Christ (1988)
2. Goodfellas (1990)
3. Cape Fear (1991)
4. The Age of Innocence (1993)
5. Casino (1995)

7. Hayao Miyazaki

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutcomicbook.com

Karya awal Miyazaki adalah sebuah masterpiece dalam ranah film animasi. Tidak dapat dipungkiri juga jika film-filmnya selalu berhasil menyampaikan "pesan" tersirat di dalamnya.

Nausicaä of The Valley of the Wind adalah film yang membahas masalah lingkungan, sementara Castle in The Sky menggabungkan keajaiban dengan kiasan aksi petualangan. Kemudian muncul dua film terbaiknya, dan dua penggambaran terbaik tentang indahnya masa kecil kita, My Neighbor Totoro dan Kiki’s Delivery Service.

Lalu lewat Porco Rosso, ia menyalurkan salah satu obsesinya kepada dunia penerbangan untuk menceritakan kisah seorang pilot pesawat babi yang tidak pernah berhenti berjuang untuk apa yang ia yakini.

Film-film ini menempatkan Miyazaki sebagai salah satu sutradara animasi terbaik, mungkin animator kedua setelah Walt Disney sendiri dalam visi epis, namun lebih humanis darinya:

1. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984)
2. Castle in The Sky (1986)
3. My Neighbor Totoro (1988)
4. Kiki’s Delivery Service (1989)
5. Porco Rosso (1992)

8. Denis Villeneuve

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turuttheverge.com

Sejak "banting setir" dari film-film berbahasa Prancis ke dunia Hollywood, Villeneuve telah menciptakan beberapa karya terbaik dalam dekade ini. Prisoners, dibantu oleh sinematografi yang cantik oleh Roger Deakins, adalah film thriller-kejahatan yang gelap dan misterius.

Lalu ada Enemy, film thriller yang menceritakan karakter Jake Gyllenhaal yang melawan doppelgänger-nya sendiri, sementara Sicario menceritakan pertarungan melawan dunia narkoba. Sejak saat itu, ia dipercaya untuk menangani film sci-fi dengan anggaran besar seperti Arrival dan Blade Runner 2049.

5 film di bawah ini adalah bukti bahwa Denis Villeneuve pantas disebut sebagai salah satu sutradara terbaik di dekade ini:

1. Prisoners (2013)
2. Enemy (2013)
3. Sicario (2015)
4. Arrival (2016)
5. Blade Runner 2049 (2017)

9. Christopher Nolan

9 Sutradara yang Menyutradarai 5 Film Hebat Secara Berturut-turutwalkerart.org

Bisa dibilang bahwa film Memento (2000) lah yang melejitkan nama Christopher Nolan di panggung Hollywood. Film dengan alur campuran — yang ditunjukkan lewat pergantian urutan hitam-putih dan warna — tersebut berhasil menunjukkan kejeniusannya sebagai seorang sutradara.

Namun film-film selanjutnya adalah sebuah keindahan filmografi yang mengukuhkan namanya sebagai salah satu sutradara terbaik di abad ini. Dikenal dengan ciri khas mindblown-nya, film-film Nolan identik dengan konsep-konsep filosofis maupun konsep sosiologis dan etis yang mengeksplorasi moral manusia di dalamnya.

Film-film terbaik Nolan ini mungkin akan menjadi classic cult di masa mendatang:

1. The Prestige (2006)
2. The Dark Knight (2008)
3. Inception (2010)
4. The Dark Knight Rises (2012)
5. Interstellar (2014)

Nah, itu tadi 9 sutradara yang berhasil menyutradarai 5 film hebat secara berturut-turut. Apakah ada sutradara lain yang seharusnya ada di dalam daftar ini? Jika ada, kamu bisa tulis di kolom komentar beserta 5 film terbaiknya, ya!

Baca Juga: 6 Film Karya Sutradara Denis Villeneuve Ini Wajib Ditonton

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

You can read my other articles on Qureta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya