Comscore Tracker

Tanpa Kamu Sadari, 8 Film Terkenal Ini Terinspirasi oleh Anime Lho

Sudah nonton salah satunya?

Animasi Jepang, yang biasa disebut anime (singkatan Jepang untuk animation), telah memberikan dampak yang luar biasa pada dunia internasional. Sementara kartun Barat dibuat sekitar awal abad ke-20, anime baru muncul pasca-Perang Dunia II di mana ia dikembangkan untuk menceritakan kisah sambil memperbaiki citra Jepang di komunitas global.

Karakter di dalamnya terlihat lebih mirip orang kulit putih ketimbang Jepang, dengan mata yang lebih lebar dan warna rambut yang bervariasi, dengan cerita yang umumnya melibatkan aktivitas sehari-hari. Toei Animation, Toho dan Studio Ghibli adalah beberapa studio yang membantu mengembangkan potensi anime di kancah global.

Namun, hubungan antara karya-karya Barat dan Timur ini belum begitu akur, walau nyatanya perusahaan animasi Amerika seperti Pixar juga ikut mendapat pengaruh dari anime. Lalu, bagaimana dengan film-film Hollywood? Tanpa kamu sadari, ternyata mereka juga mendapat pengaruh dari anime. Beberapa di antaranya akan dibahas dalam daftar di bawah ini.

1. Inception

https://www.youtube.com/embed/YoHD9XEInc0

Dari semua sutradara yang ada di dalam daftar ini, Christopher Nolan mungkin menjadi satu-satunya yang tidak mungkin terinspirasi oleh anime. Berasal dari latar belakang film indie Inggris, film-film Nolan sebelum Inception terkenal karena fokusnya pada realisme eksistensial: berpikir di luar kotak, tetapi secara pragmatis.

Namun sekali lagi, tidak ada yang masuk akal bagi karya Nolan. Setelah sukses besar lewat The Dark Knight, Nolan akhirnya mendapatkan dana untuk proyek impian literalnya: Inception.

Menceritakan sekelompok pengekstrak mimpi yang dipimpin oleh karakter Leonardo DiCaprio, Inception akhirnya keluar dari format tradisional Nolan dengan menjelajahi lanskap yang lebih metafisik dan penuh dengan set piece yang gila. Nyatanya, bagian dari perubahan ini dapat dikaitkan dengan film Satoshi Kon, Paprika, yang dirilis pada tahun 2006.

Sama seperti Inception, Paprika menggambarkan sebuah masyarakat di mana mereka dapat memasukkan impian orang lewat mesin, di mana para penjahat memanfaatkan teknologi ini untuk menyembunyikan rahasia.

Walaupun jelas tidak sama persis dengan Inception, sebuah artikel yang diterbitkan oleh Film School Rejects mengungkapkan bahwa anime yang diproduksi Madhouse ini sebenarnya memiliki pengaruh yang kuat selama fase penulisan Inception.

2. The Matrix

https://www.youtube.com/embed/vKQi3bBA1y8

Untuk beberapa hal, tahun 1990-an adalah akhir dari film fiksi ilmiah asli yang kuat. Sementara kita akan memiliki banyak film sci-fi hebat di abad ke-21 seperti Sunshine, Children of Men, WALL-E, dan District 9, tetap tidak cukup bagus untuk dibandingkan dengan karya-karya mewah pada dekade sebelumnya.

Tentu saja karya-karya ini termasuk Total Recall, Terminator 2: Judgment Day, Jurassic Park, Gattaca, dan Dark City. Namun, akhir dekade 90-an telah memberikan dunia sesuatu yang benar-benar tak terlupakan, dan itu adalah The Matrix.

Disutradarai oleh Wachowski bersaudara, The Matrix adalah contoh dari talenta sederhana yang dibawa ke garis depan pembuatan film. Sementara efek visualnya disorot sebagai contoh revolusioner, yang membantu film tersebut memperoleh ketenaran adalah kisahnya yang sederhana namun menggugah pemikiran dengan melibatkan sifat realitas.

Sayangnya, film ini tidak terlalu orisinal karena ternyata Wachowski bersaudara terinspirasi dari anime Ghost in the Shell. Untuk membuktikan hipotesis ini, alangkah baiknya untuk menonton kedua masterpiece tersebut.

3. Man of Steel

https://www.youtube.com/embed/KVu3gS7iJu4

Meskipun menggebrak dunia superhero di akhir 70-an dan awal 80-an, nyatanya film Superman yang dibintangi oleh Christopher Reeve kurang dihormati oleh produsennya. Oleh karena itu, banyak upaya untuk membawa Superman kembali layar lebar, salah satunya versi Bryan Singer, Superman Returns, yang malah berakhir dengan buruk.

Pada akhirnya, tahun 2013 memberikan audiens wajah segar Superman dengan film Man of Steel. Disutradarai oleh Zack Snyder, Man of Steel tidak hanya berfungsi sebagai kisah asal yang di-reboot, tetapi juga menjadi entri pertama di DC Extended Universe.

Man of Steel akhirnya membuka banyak ulasan yang beragam, tetapi tidak ada yang akan menyangkal kalau film aksi ini adalah salah satu mahakarya yang indah. Beberapa penonton bioskop bahkan menyebutkan kalau urutan pertarungan destruktif di dalamnya mirip seperti anime shonen klasik Dragon Ball Z.

Ketika sedang mempromosikan film ini di Jepang, Snyder mengungkapkan bahwa, sementara secara umum anime adalah inspirasi besar dalam pekerjaannya, pengaruh utamanya dalam Man of Steel adalah OVA tahun 90-an yang disebut Birdy the Mighty, yang menceritakan pertarungan makhluk-makhluk bertenaga tinggi dalam sebuah lanskap kota urbicidal.

Baca Juga: 10 Film Keren Hollywood yang Gagal Masuk Nominasi Oscar, Sedih!

4. Pacific Rim

https://www.youtube.com/embed/5guMumPFBag

Pacific Rim mungkin menajdi film yang tampak jelas terpengaruh oleh anime dalam daftar ini, mengingat kalau film ini mengutip genre kaiju dan mecha. Pada kenyataannya, monster raksasa dan robot yang menjulang tinggi telah menjadi bagian panjang dari bahan film Barat yang diambil dari mitologi Yunani.

Dalam Pacific Rim, manusia dipaksa untuk menggunakan robot kolosal yang dikenal sebagai "jaegers" untuk melawan monster bernama "kaiju" yang menginvasi Bumi. Sementara estetika Guillermo del Toro selalu menyenangkan untuk ditonton, penggunaan referensi anime di dalam Pacific Rim turut membantu mengangkat gaya visual film ini.

Berlawanan dengan kepercayaan umum, Neon Genesis Evangelion ternyata bukan satu-satunya yang ia jadikan referensi, dengan del Toro yang menambahkan kalau ia juga terinspirasi oleh Patlabo dan Tetsujin 28-go sebagai pengaruh yang lebih besar untuk filmnya.

5. Requiem for a Dream

https://www.youtube.com/embed/0nU7dC9bIDg

Darren Aronofsky memang memulai kariernya dari kontroversi. Film-filmnya sering membahas subyek-subyek yang dianggap terlalu ekstrim untuk arus utama Hollywood, salah satunya adalah Requiem for a Dream.

Mengambil kenyataan yang mengganggu dari kecanduan narkoba, Aronofsky mengumpulkan para pemain dan kru yang berbakat untuk menghidupkan visinya yang mengejutkan, menunjukkan kedalaman cerita di mana narkoba dapat menghubungkan orang serta mengubah persepsi mereka tentang apa yang nyata dan tidak.

Meskipun kita dapat berterima kasih kepada novel dan skenario film buatan Hubert Selby Jr. karena menyediakan dasar untuk film yang gelap ini, nyatanya ada anime yang memiliki dampak besar pada seni Aronofsky, dan itu adalah Perfect Blue karya Satoshi Kon.

Anime thriller tahun 1997 ini memiliki plot yang mirip dengan masterpiece-nya, Black Swan, (bahkan para kritikus menyebut Black Swan telah menjiplak anime ini), menceritakan seorang aktris yang ingin mencapai tempat tertinggi, tapi akhirnya menjadi paranoid ketika ia mendapati hambatan di dalam prosesnya tersebut.

Untungnya cerita Requiem for a Dream tidak seperti itu, sehingga Aronofsky dapat menyangkal dugaan plagiarisme yang ditujukan padanya. Namun, salah satu adegan paling terkenal dari film ini, yaitu ketika karakter Jennifer Connelly (Marion Silver) terbaring telanjang di bak mandi mirip persis seperti adegan yang terjadi di dalam Perfect Blue.

7. Avatar

https://www.youtube.com/embed/6ziBFh3V1aM

Bahkan jika kalian tidak suka dengan film epik buatan James Cameron ini, tidak dapat disangkal kalau kalian setidaknya pernah melihatnya.

Avatar sendiri adalah fenomena dalam segala hal: menjadi film terlaris sepanjang masa sebelum dilengserkan oleh Avengers: Endgame, memakai inovasi teknologi terbesar dalam sejarah sinematik, serta membuktikan kalau proyeksi 3D dan penangkapan gerak bisa lebih dari sekadar tipuan.

Walau disebut telah mendapatkan inspirasi dari film-film Hollywood lainnya, nyatanya ada anime yang sangat dihormati dan secara terbuka diakui oleh Cameron sebagai inspirasinya. Fans Studio Ghibli mungkin mengingat film yang ironisnya dirilis pada tahun yang sama dengan film Cameron lainnya, Titanic, yaitu Princess Mononoke.

Princess Mononoke sendiri adalah gambaran yang indah tentang hubungan antara kemajuan manusia dan lingkungan, dan bagaimana rasa hormat diperlukan di kedua sisi.

Cameron jelas memberikan rasa hormatnya terhadap anime tersebut, dengan mengatakan dalam sebuah wawancara kalau ia memang menggunakan Princess Mononoke sebagai salah satu dari banyak inspirasi untuk Avatar, di mana hal ini dapat terlihat dari latar hutan di dalamnya.

7. Looper

https://www.youtube.com/embed/2iQuhsmtfHw

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, film fiksi ilmiah yang mind-blowing banyak dibuat pada tahun 90-an. Namun film thriller buatan Rian Johnson yang rilis pada tahun 2012, Looper, berhasil mengambil elemen tersebut untuk membuat salah satu karya yang paling cerdas.

Berfokus pada seorang penjahat yang kembali ke masa lampau untuk membunuh diri mudanya, Looper menampilkan banyak turn dan twist yang menunjukkan kedewasaan nyata dalam diri Johnson. Dengan rendah hati, Johnson sendiri mau membicarakan tentang inspirasi dalam filmnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Collider News, sutradara itu berkomentar kalau ia tidak berusaha menjadi orisinal, melainkan berfokus pada sebuah cerita yang akan "memukul" penonton dengan keras. Ia mengutip film anime populer Akira sebagai salah satu dari tiga pengaruh besar dalam Looper secara keseluruhan.

8. Scott Pilgrim vs. the World

https://www.youtube.com/embed/7wd5KEaOtm4

Edgar Wright adalah salah satu sutradara yang memiliki kreativitas tinggi. Semua filmnya memiliki gaya khas dan dapat membuat penonton "kecanduan" untuk mengharapkan pengalaman yang menyenangkan saat menontonnya.

Salah satu filmnya, Scott Pilgrim vs. the World, adalah coretan seni Wright ke dalam genre buku komik. Ia mengadaptasi seri eponymous buatan Bryan Lee O'Malley ke dalam film yang mengasyikkan, menampilkan karakter protagonis yang harus berhadapan dengan tujuh mantan pacar dari pacar barunya untuk memenangkan hatinya.

Tidak seperti entri lain dalam daftar ini, Scott Pilgrim tidak mengandung pengaruh anime tertentu, tetapi kalian dapat melihat beberapa elemen anime di dalam film ini.

Polisi vegan, misalnya, yang menggunakan pistol jari untuk menghilangkan kekuatan Todd Ingram mirip seperti Yu Yu Hakusho, sementara banyak pakaian karakter yang terinspirasi dari Astroboy, sebuah anime yang sangat berpengaruh dalam karier O'Malley.

Nah, itu tadi 8 film terkenal yang terinspirasi oleh anime. Diakui atau tidak, sebenarnya anime dan film Hollywood saling memengaruhi satu sama lain. Jadi, jangan dulu menganggap kalau salah satu telah menjiplak yang lainnya.

Baca Juga: 5 Karakter Paling Overpower di Anime, Seberapa Kuat Mereka?

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I always tell the truth, even when I lie." For further reading: jurnalshandy.blogspot.com and qureta.com/next/profile/Shandy_Pradana49003

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya