Comscore Tracker

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answer

Banyak prestasi dan rekor yang didapatkan, daebak!

Tak henti-hentinya disepanjang tahun 2018 ini BTS menorehkan berbagai macam prestasi dan kebanggaan kepada para fansnya, ARMY.

Setelah mendapatkan 2 daesang baru-baru ini di MAMA Hongkong 2018. Tepat pada tanggal 9 November 2018 lalu, BTS kembali mendapatkan sertifikat emas dari Recording Industry Association of America. Bukan hanya satu sertifikat tetapi 3 sertifikat dan salah satunya adalah untuk seri album Love Yourself: Answer.

Ternyata selain mendapatkan sertifikat emas dari RIAA, ada fakta lain lho dari seri album Love Yourself : Answer ini.

1. Album repackage

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answeraminoapps.com

Seri album Love Yourself : Answer merupakan album repackage yang terdiri dari lagu BTS di album sebelumnya yaitu Love Yourself : Her dan Love Yourself : Tear.

Selain membuat repackage dari lagu terdahulunya, album teranyar dari BTS ini juga menyertakan enam lagu terbaru diantaranya Trivia: Just Dance, Trivia: Love, Trivia: Seesaw, I'm Fine, IDOL, dan Answer: Love Myself.

2. Intro Epiphany

https://www.youtube.com/embed/fIkZOLsnoqY

Jika diperhatikan intro dari seluruh seri album Love Yourself ini dibawakan oleh member dari Vocal line.

Untuk comeback kali ini, Jin yang membawakan intro untuk album Love Yourself : Answer. Melalui Epiphany, BTS mencoba untuk menyampaikan pesan akan pentingnya mencintai diri sendiri.

Setelah 24 jam dirilis, pada tanggal 11 Agustus, video Epiphany telah mencapai 11.4 juta views dan juga meraih 2.1 juta likes. Bahkan bukan hanya itu, berkat comeback trailer BTS yang berjudul Epiphany membuat pencarian kata tersebut meningkat dan meraih posisi ke 4 dalam top 10 kata Bahasa Inggris di tahun 2018 oleh kamus paling terpercaya di Amerika, "Merriam Webster".

3. Lagu IDOL sebagai title track

https://www.youtube.com/embed/pBuZEGYXA6E

BTS comeback dengan album Love Yourself: Answer dan MV IDOL pada 24 Agustus 2018.

Untuk comeback kali ini, BTS mengusung tema yang benar-benar berbeda dan baru, yaitu menggabungkan unsur modern dan tradisional di lagu dan MV IDOL.

Sentuhan tradisional Korea tidak hanya terdapat dalam musik, tapi juga unsur lain seperti pakaian, latar tempat, dan koreografi.

Tak hanya itu, lagu IDOL adalah jenis lagu tari bergaya Afrika Selatan. Irama musik IDOL merupakan hasil percampuran antara musik tradisional Korea dengan ketukan Afrika dan didukung oleh trap groove dengan sumber EDM populer.

4. Berkolaborasi dengan Nicki Minaj

https://www.youtube.com/embed/K1scjjbfNsk

BTS memang selalu memberikan kejutan untuk para fans. Untuk comeback album teranyarnya ini, BTS menggandeng rapper dan juga penyanyi kenamaan Amerika, Nicki Minaj.

Nicki ikut berkolaborasi bersama BTS di lagu IDOL. Sehingga terdapat 2 versi lagu dan MV IDOL, yakni IDOL dan IDOL ft Nicki Minaj.

5. Tak ada fansigning

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answertwitter.com/headlineplanet

Jadwal comeback yang dekat dengan jadwal tur dunianya, membuat BTS tak melakukan event fansigning dan langsung mempromosikan album barunya ini pada saat konser tur dunianya.

Tak hanya itu, untuk comeback kali ini juga tidak ada acara khusus di acara musik Korea untuk mempromosikan album mereka, BTS hanya menjadi bintang tamu saja di acara-acara musik Korea selama seminggu dan sisanya benar-benar di promosikan saat konser Love Yourself World Tour dan juga saat menjadi bintang tamu di acara-acara variety show Amerika dan juga Eropa.

Baca Juga: Burn the Stage! 10 Aksi Panggung Spektakuler BTS di Acara Music Award

6. Ada lagu solo baru tiap member RAP line

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: AnswerYouTube.com / BORAHAE ARMYs

Sebagai seri pelengkap album Love Yourself, di album ini para RAP line memiliki penampilan stage solo seperti Vocal line juga lho.

Trivia: Just Dance oleh J-Hope, Trivia: Love dibawakan oleh RM dan Trivia: Seesaw oleh Suga.

Dan di Vocal line, diantaranya Euphoria oleh Jungkook, Serendipity milik Jimin, Epiphany oleh Jin serta single bertajuk Singularity yang dinyanyikan oleh V.

7. Seri terakhir dari album Love Yourself

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answerpinterest.com

Kalau diperhatikan, detail dari series Love Yourself ini penuh dengan bunga Smeraldo. Album Love Yourself sendiri merupakan project album BTS yang dimulai sejak tahun 2017 dengan cerita yang masih berlanjut dari album BTS sebelumnya "The Most Beautiful Moment in Life (Hwa Yang Yeon Hwa)" di tahun 2015.

Series album ini dimulai dengan dirilisnya album Love Yourself : Her pada 18 September 2017 dengan title tracknya yang begitu hits, "DNA".

Lalu, pada tanggal 5 April 2018, Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi BTS, merilis Euphoria sebagai title track Love Yourself: Wonder. Love Yourself: Wonder ini tidak dirilis sebagai album, namun merupakan “jembatan” dari album Hwa Yang Yeon Hwa ke album Love Yourself sebagai kilas balik cerita.

Berlanjut sebulan setelahnya, BTS kembali comeback dengan album Love Yourself: Tear pada bulan Mei 2018 dengan penampilan intro Singularity yang dibawakan oleh V dan dirilisnya Fake Love sebagai title track albumnya.

Masih di tahun yang sama, untuk menuntaskan seri album Love Yourself, BTS merilis album Love Yourself : Answer pada agustus lalu sebagai “jawaban” dari semua cerita yang ada di series Love Yourself.

Keren banget kan konsep yang diusung BTS ini yoerobun.

8. Album dengan penjualan tertingi

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answertwitter.com/bts_geek_stats

Dengan popularitas BTS yang semakin tinggi membuat comeback BTS sangat dinantikan oleh para ARMY.

Terbukti, album Love Yourself: Answer ini pun mendapat respon yang sangat baik. Dalam minggu pertama pre-order-nya, Love Yourself: Answer telah dipesan sebanyak 1.511.910 kopi sejak 18 Juli 2018.

Ini adalah rekor baru untuk album KPop, dimana album ini juga telah memecahkan rekor album pre-order BTS sebelumnya, Love Yourself: Tear , yang ‘hanya’ mencapai 1.449.287 kopi di minggu pertama pemesanan.

Selain itu, Love Yourself: Answer juga menjadi album dengan penjualanan terbaik nomor 1 kategori CD & Vinyl pada semenjak hari pertama pre-order dibuka di Amazon.

Tak hanya itu, di Gaon Chart, album Love Yourself: Answer milik BTS ini telah terjual lebih dari 2,03 juta keping. Penjualan tersebut merupakan rekor tertinggi dalam sejarah Gaon Chart, karena hal itu BTS mendapatkan sertifikat 'Double Million' pada September 2018 lalu.

9. BTS banyak mendulang prestasi lewat lagu IDOL

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answersoompi.com

Sekitar 2 jam pasca perilisan, IDOL sukses menembus enam puncak chart musik realtime utama Korea: Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada dan menguasai chart iTunes Top Songs di 66 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Inggris.

Tak hanya itu, pada 25 Agustus 2018, pukul 10.09 KST, video klip IDOL di YouTube menembus 40 juta views. Hal itu dicapai BTS dalam waktu 16 jam 9 menit dan menjadikannya video klip KPop tercepat yang menembus angka tersebut dan memulai debutnya di Hot 100 dengan peringkat 11 pada 8 September 2018.

Selain memecahakan berbagai rekor tercepat dan terbanyak, lewat lagu IDOL juga BTS banyak mendapatkan penghargaan musik mulai dari Best Dance Track Male, Best Choreografer, Favorite MV dan yang terbaru TicTok best Music Video di MAMA Hongkong 2018.

10. Lagu IDOL mendapat sertifikat dari RIAA

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answertwitter.com/ BTSArmyZA

Sertifikat emas RIAA ini diberikan kepada penyanyi yang telah menjual digital singlenya sebanyak 500.000 unit. Setiap unduhan digital permanen dihitung sebagai 1 Unit, sementara 150 streaming audio dan video on-demand dihitung sebagai 1 Unit.

Dan 'IDOL' adalah lagu keempat BTS yang mendapatkan predikat tersebut, setelah 'Mic Drop', 'DNA', dan 'Fake Love', hal ini menjadikan BTS sebagai group KPop dengan perolehan sertifikat emas terbanyak dari RIAA.

11. Albumnya mendapatakan sertifikat emas dari RIAA juga

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answertwitter.com/ BTSArmyZA

Dalam sejarah musik Korea Selatan sejauh ini, baru pertama kalinya ada album yang mendapatkan sertifikasi emas dari RIAA. Hal ini tentu suatu pencapaian yang tidak mudah terlebih BTS bukan penyanyi dengan lagu berbahasa Inggris.

Selain single utama yakni IDOL yang berhasil meraih sertifikasi emas, album Love Yourself dari BTS juga mendapatkan sertifikasi emas dari RIAA karena sudah terjual sebanyak 500.000 unit. Dengan tanggal sertifikasi yang tercantum pada 9 November 2018.

Wah, keren banget ya kekuatan BTS dan ARMY, daebak!

12. Tak hanya lagunya, albumnya juga berprestasi

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: AnswerTwitter.com/ BigHitEnt

Sejak perilisannya, BTS mengambil alih iTunes Top Albums dan Top Songs charts di seluruh dunia lewat album dan sempat menjadikan 12 lagu dalam album 'Answer', berada di posisi pertama hingga ke-12 secara berurutan di chart musik iTunes Amerika Serikat.

Tak hanya itu, pada sabtu 29 September album Love Yourself : Answer sudah lebih dari 1 juta kali distreaming di Spotify, tentu saja album ini menjadi album KPop pertama yang meraih jumlah streaming sebanyak itu.

Beberapa penghargaan telah diraih melalui album ini, di antaranya "Male Group Award", "Album of the Year", termasuk "Artist of the Year" dan juga daesang "Digital Song of the Year".

13. Love Yourself : Answer di Billboard

Perdana Raih 'Certificated Gold', Ini 13 Fakta Album BTS LY: Answertwitter.com/billboardcharts

Love Yourself: Answer menjadi album kedua setelah Love Yourself : Tear yang membuat BTS kembali mencetak prestasi #1 di chart musik Billboard Amerika.

Atas pencapaian ini, BTS pun mendapatkan ucapan selamat dari pihak kepresidenan Korea Selatan. Hal ini diketahui lewat sebuah cuitan yang dibuat di akun Twitter resmi kepresidenan Korea Selatan. Prestasi ini pun semakin menunjukkan popularitas BTS di Korea, juga di berbagai penjuru dunia.

Dengan masuknya Love Yourself: Answer, BTS kini menjadi artis Korea pertama yang dua albumnya merajai tangga lagu di AS pada tahun yang sama.

Billboard 200 mendasarkan peringkatnya pada konsumsi multi-metrik, termasuk penjualan album tradisional, track equivalent albums (TEA) and streaming equivalent albums (SEA).

Baca Juga: Sempat Nyaris Bubar, Ini 7 MV BTS dengan Viewer YouTube Terbanyak

Sher Sher Photo Verified Writer Sher Sher

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya