Comscore Tracker

Keren, Ini 5 Lagu Hits BTS yang Raih Sertifikat Rekaman Amerika RIAA

Lagu favorit ARMY!

Sertifikat RIAA adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Recording Industry Association of America sebagai penanda bahwa sebuah rekaman musik telah terjual dengan jumlah kopi tertentu. 

Sertifikat emas RIAA ini diberikan kepada penyanyi yang telah menjual digital single sebanyak 500 ribu unit. Sementara, sertifikat platinum diberikan jika digital single telah terjual sebanyak satu juta unit.

Adapun, ketentuan setiap unduhan digital permanen dihitung sebagai satu unit. Sementara, 150 streaming audio atau video on-demand dihitung sebagai 1 Unit.

Lantas, gimana dengan BTS? Berikut lima lagu BTS yang mendapatkan sertifikat RIAA tersebut.

1. "DNA"

Keren, Ini 5 Lagu Hits BTS yang Raih Sertifikat Rekaman Amerika RIAAriaa.com

Lagu hits BTS yang pertama mendapatkan sertifikat emas dari RIAA adalah lagu "DNA". Lagu ini diambil dari album Love Yourself: Her pada 9 Februari 2018. 

Lagu yang dirilis pada 18 September 2017 silam ini memang menunjukkan jumlah penayangan MV yang cukup mengesankan di YouTube. Tak heran jika lagu ini juga mendapatkan sertifikasi emas dari RIAA.

https://www.youtube.com/embed/MBdVXkSdhwU

2. "Fake Love"

Keren, Ini 5 Lagu Hits BTS yang Raih Sertifikat Rekaman Amerika RIAAriaa.com

"Fake Love" merupakan lagu ketiga BTS yang mendapatkan sertifikat emas dari RIAA setelah "DNA" dan "MIC Drop". Lagu tersebut terjual 500 ribu dengan perhitungan equivalent song unit sesuai dengan ketentuan RIAA.

"Fake Love" sendiri merupakan lagu dari seri ketiga album Love Yourself: Tear yang dirilis pada 18 Mei dengan penjualan preorder 1,44 juta dalam waktu 6 hari. 

https://www.youtube.com/embed/6LB4JWRnyrM

Baca Juga: Belum Terlalu Terkenal, 7 Girlband KPop Ini Punya Lagu Enak Lho!

3. "MIC Drop"

Keren, Ini 5 Lagu Hits BTS yang Raih Sertifikat Rekaman Amerika RIAAriaa.com

Berdasarkan keterangan RIAA, lagu yang menampilkan gaya super swag dari tiap member BTS ini telah mencapai penjualan sebesar 1 juta unit pada 9 November 2018. Karenanya, BTS menjadi grup KPop pertama yang berhasil meraih sertifikat platinum untuk lagu "MIC DROP" yang sebelumnya mendapatkan sertifikat emas pada 6 Februari 2018 dari RIAA. 

https://www.youtube.com/embed/kTlv5_Bs8aw

4. IDOL

Keren, Ini 5 Lagu Hits BTS yang Raih Sertifikat Rekaman Amerika RIAAriaa.com

Lagu BTS yang tak kalah fenomenal dan hits lainnya adalah "IDOL". Berbeda dengan musik- musik BTS sebelumnya, lagu "IDOL" BTS ini banyak sekali mengandung unsur kebudayaan Korea, mulai dari alunan musiknya hingga penampilan para member BTS yang terlihat gagah dengan balutan baju tradisional Korea, hanbok.

Lagu "IDOL" sendiri mendapatkan sertifikat emas berbarengan dengan sertifikat platinum "MIC Drop" dan sertifikat emas album Love Yourself: Answer pada 9 November 2018 lalu. 

https://www.youtube.com/embed/pBuZEGYXA6E

5. "Boy With Luv"

Keren, Ini 5 Lagu Hits BTS yang Raih Sertifikat Rekaman Amerika RIAAriaa.com

Menambah daftar panjang prestasi BTS, pada Senin, 24 Juni 2019, RIAA mengumumkan di situs lamannya bahwa "Boy with Luv" telah mencapai satu juta unit dan kini bersertifikat platinum. Dalam situs laman resminya terlihat bahwa lagu BTS tersebut tersertifikasi pada 20 Juni 2019.

"Boy with luv" sendiri merupakan single utama dari album teranyar BTS, Map Of The Soul: Persona yang rilis pada 12 April 2019. Lagu ini menjadi lagu kedua setelah "MIC Drop" yang mendapatkan sertifikat platinum.

https://www.youtube.com/embed/XsX3ATc3FbA

RIAA juga mencatat bahwa pada 2019, hanya ada kurang dari 10 lagu telah mencapai sertifikasi platinum, salah satunya adalah "Boy With Luv" milik BTS. Daebak! 

Baca Juga: 5 Lagu KPop Tahun 2000-an Ini Sangat Familier bagi Millennials

Sherly Photo Verified Writer Sherly

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You