Comscore Tracker

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!

Para karakter berwatak gigih, bertanggung jawab, dan peduli!

Etos kerja merupakan watak, prinsip, dan sikap yang menjadi pegangan seorang individu untuk menjalankan kinerja. Lantaran dilakukan secara berulang, dan bahkan diterapkan dalam lingkup kelompok maka etos kerja juga bisa menjadi budaya kerja.  

Akan ada banyak dampak positif yang bisa dihasilkan ketika setiap individu pada masing-masing profesi bisa memiliki etos kerja yang baik. Etos kerja yang baik membuat perusahaan atau pun instansi bisa mendapatkan produktivitas pegawai yang maksimal, suasana lingkup kerja menjadi kondusif, pengguna jasa bisa terbantu dan terpuaskan. Sedangkan untuk si pekerja sendiri akan membuat dirinya menjadi individu profesional yang teladan.

Berikut ini 10 karakter dalam drama Korea yang etos kerjanya patut untuk dijadikan teladan. Yuk, simak!

1. CEO Ma Sang Go (Because This Is My First Life)  

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/tvN DRAMA

Ma Sang Go adalah tipikal CEO yang bakal bikin pegawai betah bekerja dengannya. Meskipun menjabat sebagai atasan, namun Ma Sang Go bisa membuat para pegawainya akrab dengan dirinya layakny/a kawan. Energi positif dan selera humor dari Ma Sang Go juga mampu membuat suasana kantor jadi gak monoton.

2. Manajer Park Dong Hun (My Mister)  

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/tvN DRAMA

Sebagai insinyur struktural, Park Dong Hun selalu melakukan analisis bangunanan secara objektif dengan sudut pandang teknis. Park Dong Hun berprinsip untuk menekankan agar hasil analisisnya tidak bermuatan politis.

Manajer yang satu ini juga tidak pernah tertarik untuk terlibat dalam politik kotor di kantornya. Park Dong Hun menganggap lebih penting menaruh fokus pada kinerja dan bukannya berfokus pada pengejaran jabatan semata.

3. Pekerja lepas Baek Joon (Revolutionary Love)

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/tvN DRAMA

Baek Joon merupakan sosok pekerja keras dan pemberani. Pekerja lepas yang satu ini gak segan untuk membela hak rekan kerja yang dilanggar oleh perusahaan. Beruntung jika di kantormu ada pegawai seperti Baek Joon yang selalu berani menyuarakan hak pekerja.

4. Ibu guru Ha So Hyun (Class of Lies) 

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/OCN

Ha So Hyun merupakan guru olahraga SMA yang bukan hanya menaruh perhatian pada nilai akademis semata. Ia juga secara tulus memperhatikan kondisi psikologis para muridnya.

Di saat guru lainnya menghindari siswa bermasalah, So Hyun justru menaruh perhatian lebih pada siswa-siswa tersebut. Andai semua guru seperti Ha So Hyun, pasti banyak murid yang mampu mengatasi masalahnya di sekolah, ya?

5. Jang Geu Rae si pegawai baru (Misaeng: Incomplete Life)

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/tvN D Indonesia

Berbeda dengan rekan kantor lain yang lulus dari universitas bergengsi, seorang pegawai baru bernama Jang Geu Rae berhasil diterima kerja dengan berbekal ijazah paket C. Geu Rae mengatasi segala ketertinggalannya dengan secara konsisten belajar hal baru tentang seluk beluk tugas kantor setiap harinya. Konsistensi dan kegigihan Jang Geu Rae patut ditiru, nih!

Baca Juga: Penuh Halusinasi, 10 Karakter Drama Korea Ini Tak Ada di Dunia Nyata

6. Sekretaris Kim Mi So (What’s Wrong With Secretary Kim)

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/Viu Singapore

Meskipun sempat kesulitan ketika menjadi pegawai baru, namun Kim Mi So gak menyerah. Kim Mi So merupakan sekretaris yang selalu berusaha maksimal untuk setiap tugas kerja yang diberikan sang bos. Pegawai yang akrab disapa skretaris Kim ini juga tipikal pegawai yang memberikan energi positif untuk rekan kantornya.

Sisi teladan lainnya dari Kim Mi So yaitu ia gak segan berbagi ilmu dan selalu sabar mengajari pegawai baru. Wah, kalau punya rekan kantor senior seperti sekretaris Kim pasti semua pegawai baru bakal betah, sih!

7. Polisi So Jung Hwa (Stranger From Hell)

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/OCN

Sebagai polisi di sebuah distrik kecil, So Jung Hwa gak pernah meremehkan setiap laporan yang masuk di kantor polisi tempat ia berjaga. Ia selalu memperhatikan laporan tersebut, dan mencoba mencari fakta di lapangan. Sikap kepeduliannya ini membuat pelaku tindak kriminal terungkap dan korban bisa selamat. Salut!

8. PNS Lee Hye Joon (Money Game)

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/tvN D Indonesia

Sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS), Lee Hye Joon tahu betul jika tugasnya adalah untuk mengupayakan kebijakan publik yang berpihak kepada rakyat. Bisa melayani rakyat juga alasan utama mengapa Hye Joon ingin menjadi seorang PNS.

Lee Hye Joon gak segan membeberkan fakta kepada publik ketika ada birokrat yang berusaha memanipulasi kebijakan yang akhirnya merugikan rakyat. Salut, nih dengan integritas dan keberanian Lee Hye Joon!

9. An Young Yi si pegawai teladan (Misaeng: Incomplete Life)

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/tvN D Indonesia

An Young Yi selalu bersikap profesional di kantor. Ia gak pernah terlibat dalam obrolan gosip, atau pun membeda-bedakan rekan kantor. An Young Yi berfokus untuk memberikan hasil yang baik di setiap tugas kerjanya. Rekan kantor idaman!

10. Aktor Lee Joon Ki - Welcome to Waikiki  

Etos Kerja Tinggi, 10 Karakter KDrama Ini Patut Dicontoh!youtube.com/JTBC Drama

Meskipun Lee Joon Ki merupakan anak dari aktor ternama, namun Joon Ki yang juga punya impian menjadi aktor papan atas ini gak mau impiannya tersebut digapai lewat koneksi dari ayahnya. Lee Joon Ki dengan optimis mau bersusah payah mengawali karier aktingnya dengan menjadi figuran. Keren banget, sih Joon Ki!

Itu tadi 10 karakter dalam drama Korea yang etos kerjanya patut untuk dijadikan teladan. Lantaran kita menerima upah dari pekerjaan yang kita pilih, maka alangkah bijaknya jika kita bisa menerapkan etos kerja yang postif. Terlebih jika bekerja di bidang pelayanan publik, pasti kinerja kita berdampak luas buat harkat hidup orang banyak, lho! 

Baca Juga: 8 Karakter ‘Toxic Friend’ yang Sering Kamu Jumpai dalam Drama Korea

Shinta Dwi Adinda Photo Verified Writer Shinta Dwi Adinda

Just keep moving!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya