Comscore Tracker

Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk Dirinya

Bukan 'he' atau 'she', tapi 'them'

Belum lama ini, Sam Smith membagi informasi di media sosial miliknya bahwa ia mengidentifikasikan diri sebagai non-biner. Sebenarnya apa arti dari kata ganti kelamin yang dimaksud Sam Smith? Apakah dengan menjadi non-biner menjadikan Sam Smith sebagai transgender?

1. Bukan rahasia lagi jika Sam Smith memang bagian dari komunitas LGBTQ+

Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk DirinyaBerbagai Sumber

Sebelumnya dilaporkan Smith berpacaran dengan aktor serial Netflix '13 Reasons Why' Brandon Flynn sehingga mengungkap orientasi seksualnya yang sebenarnya. Kini, Sam Smith memiliki informasi penting yang ia bagikan kepada followernya di media sosial, Twitter dan Instagram.

“Today is a good day so here goes. I’ve decided I am changing my pronouns to they/them. After a lifetime of being at war with my gender, I’ve decided to embrace myself for who I am, inside and out. I’m so excited and privileged to be surrounded by people that support me in this decision but I’ve been very nervous about announcing this because I care too much about what people think but f*** it! I understand there will be many mistakes and misgendering but all I ask is you please please try. I hope you can see me like I see myself now. Thank you."

Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk Dirinyatwitter.com/samsmith
Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk Dirinyatwitter.com/samsmith
Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk Dirinyatwitter.com/samsmith

2. Lantas, apa artinya ketika seseorang mendefinisikan dirinya sebagai 'non-biner'?

Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk Dirinyainstagram.com/samsmith

Tentu saja, identitas gender seseorang sifatnya adalah personal dan setiap orang memilih untuk mengekspresikan gendernya dengan cara yang berbeda. Hal itu juga berlaku pada orang yang mengidentifikasikan dirinya sebagai non-biner.

Menurut istilah yang mengacu pada Human Rights Campaign, "orang-orang 'non-biner' akan mengidentifikasikan dirinya sebagai laki-laki dan perempuan, di antara keduanya, atau bahkan tidak keduanya sama sekali. Ketika banyak juga yang mengidentifikasikan dirinya sebagai transgender, tak semua orang-orang non-biner demikian."

Beberapa selebriti akhir-akhir ini juga mengelaborasikan identitas gender dan ekspresi gender mereka seperti grooming expert dari Queer Eye, Jonathan Van ness, yang juga mengidentifikasikan dirinya sebagai non-biner.

Di postingan Instagramnya, Sam Smith menjelaskan keputusannya untuk akhirnya come out.

“I am at no stage just yet to eloquently speak at length about what it means to be non-binary but I can’t wait for the day that I am. So, for now, I just want to be visible and open. If you have questions and are wondering what this all means I’ll try my best to explain but I have also tagged below the human beings who are fighting the good fight every day. These are activists and leaders of the non-binary/trans community that have helped me and given me so much clarity and understanding.”

Baca Juga: Kenalin! Brandon Flynn si Kekasih Baru Sam Smith yang Ganteng Abis

3. Lantas apa ini artinya Sam Smith adalah transgender?

Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk Dirinyainstagram.com/samsmith

Menurut Human Rights Campaign, kata 'transgender' adalah "istilah payung untuk orang-orang yang identitas dan atau ekspresi gendernya berbeda dari ekspektasi kultural berdasarkan jenis kelamin yang mereka bawa saat dilahirkan."

Dan ini juga termasuk Sam Smith, yang sebelumnya mengidentifikasikan dirinya sebagai laki-laki namun kini mengidentifikasikan dirinya bukan sebagai laki-laki atau perempuan.

Seperti yang dinyatakan di postingannya, Sam Smith mengubah katak ganti kelaminnya sebagai "they/them". Hanya karena seseorang mengidentifikasikan dirinya sebagai non-biner bukan berarti ia transgender. Namun, Sam Smith juga membagikan fotonya bersamaan dengan bendera pride transgender.

Beberapa fans memuji Sam Smith akan keterbukaannya. Tapi hingga kini belum ada pemberitaan terbaru mengenai musik terbaru yang akan dikeluarkan Sam Smith.

4. Meski perubahan kata ganti kelamin ini belum terlalu banyak, namun sebenarnya hal ini bukan hal yang baru di komunitas LGBT

Sam Smith Umumkan Perubahan Kata Ganti Kelamin untuk Dirinyainstagram.com/samsmith

Banyak orang yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai non-biner telah meningkatkan kesadaran orang awam akan masalah ini di kehidupan sehari-hari.

Karena masih terlalu sedikit lembaga yang menaungi hal ini, banyak komunitas yang harus menahan kegundahannya secara diam-diam. Mulai dari pelecehan karena preferensi gender mereka tidak cocok dengan tatanan sosial di masyarakat, hingga orang-orang yang masih dengan sengaja memanggil mereka dengan sebutan "sir" atau "madam".

Menggunakan kata ganti "they/them" bisa membantu individu non-biner merasa lebih diterima.

Semoga apa yang dilakukan oleh Sam Smith bisa membuka mata dunia tentang opsi ini. 

Baca Juga: Ini Dia 5 Lagu Sam Smith Lainnya yang Belum Kamu Hapal Di Luar Kepala

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya