Comscore Tracker

Wajib Tahu, Urutan Nonton 6 Film Marvel Cinematics Universe di Phase 1

Biar gak bingung, nostalgia lagi yuk!

Lebih dari satu dekade setelah kemunculannya, Marvel Cinematic Universe rasanya terlalu mencolok untuk diabaikan begitu saja. Faktanya, bahkan bisa menyusahkan untuk mengurutkan semua film MCU sesuai timeline.

Marvel Studios bukanlah yang pertama membuat film bergenre superhero, dan tentu tak akan jadi yang terakhir. Di antara semua film superhero, kesuksesan Iron Man tak pernah diprediksi sebelumnya. Film ini bukan hanya ide tentang universe yang saling berhubungan atau beberapa film yang gak ada masa depannya, tiap film MCU harus kamu lihat seksama untuk tahu apa yang ada di dalamnya.

Keluarnya Avengers: Endgame seolah membuat kita penasaran. Jika semua kejadian di MCU diurutkan sesuai timeline, film apakah yang harus ditonton pertama kali?

Keseluruhan film dibagi dalam beberapa phase dan ini adalah Phase 1.

1. Iron Man (2008)

https://www.youtube.com/embed/tbMG2yTDXSY

Terlepas dari adegan pertarungan terakhir yang seringkali sebuah kelemahan di setiap film Marvel Studios, Iron Man masih memiliki karakter film yang lucu dan tempo yang enerjik.

Robert Downey Jr. (RDJ) dan Gwyneth Paltrow menyajikan dua karakter yang saat itu mungkin gak diketahui penonton dan berhasil menjadikan RDJ sebagai salah satu aktor Hollywood papan atas.

2. The Incredible Hulk (2008)

https://www.youtube.com/embed/xbqNb2PFKKA

Ini adalah kisah asli Bruce Banner, ia berubah jadi Hulk setelah gagal melakukan eksperimen untuk restart program yang menciptakan Captain America. Kisah ini diikuti dengan perjalanan Bruce yang berusaha menyembuhkan dirinya sendiri yang tentu saja gak ada satu pun usahanya yang berhasil.

3. Iron Man 2 (2010)

https://www.youtube.com/embed/BoohRoVA9WQ

Iron Man 2 adalah sebuah kisah balas dendam: anak seorang ilmuwan yang dulu pernah bekerja dengan Howard Stark mencoba untuk menghancurkan hidup Tony Stark.

Di film ini, karakter baru muncul yaitu James Rhodes dan Black Widow yang saat itu menyamar sebagai asisten Tony Stark. Juga di after credit film ini, ada kemunculan palu Thor yang nantinya akan menuntun kita ke film selanjutnya.

Baca Juga: Keren! Marvel Bakal Garap Film Ms Marvel, Superhero Muslim

4. Thor (2011)

https://www.youtube.com/embed/uHBnrJowBZE

Thor adalah karakter yang menarik, sensitif, dan di film ini banyak karakter utama perempuan yang biasanya hanya sebagai pelengkap.

Loki yang diperankan oleh Tom Hiddleston berhasil membuatnya sebagai salah satu penjahat yang disukai fans. Juga, rasanya Chris Hemsworth lebih cocok memerankan karakter penuh komedi daripada penuh keseriusan.

5. Captain America: The First Avenger (2011)

https://www.youtube.com/embed/JerVrbLldXw

Kisah asli Captain America akan membawa kita ke Perang Dunia II di mana Steve Rogers berubah dari seorang prajurit perang bertubuh kecil dan selalu di-bully menjadi sosok keren yang melawan Red Skull dan HYDRA.

Disajikan dengan salah satu konflik romansa paling kuat di MCU, film ini berakhir dengan sedikit pilu. Steve yang mencair setelah membeku puluhan tahun tak bisa bertemu dengan kekasihnya.

6. The Avengers (2012)

https://www.youtube.com/embed/hIR8Ar-Z4hw

Universe Marvel yang terbagi membuat adanya sedikit masalah dengan Age of Ultron dan Captain America: Civil War, tapi The Avengers berhasil menyampaikan pesan yang memang selama ini diinginkan para fans, yaitu crossover di antara superhero MCU phase 1.

Semua Avengers saling melengkapi seperti potongan puzzle, yang merupakan sebuah penggambaran ulang apik dari adegan pertarungan dalam komik.

Itulah 6 film yang harus kamu tonton mulai dari urutan pertama agar mulai mengerti jalan cerita di Marvel Cinematic Universe. Siapkan camilan dan perlengkapan nontonmu, karena masih akan ada deretan film si Phase 2 dan Phase 3 yang harus kamu tonton.

Baca Juga: Yuk Mengenal Sosok Ms. Marvel, Superhero Muslim Pertama di Marvel Universe

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You