Comscore Tracker

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDrama

Suka alur yang tipe mana? #IDNTimesHype #WaktunyaKorea

Drama Korea terutama genre romantis selalu punya tempat di hati para penggemar KDrama. Bukan hanya karena keromantisannya, tetapi alur drama yang menarik membuat banyak orang ketagihan menyaksikan drama Korea romantis.

Drama Korea romantis seringkali menunjukkan kisah antara dua karakter yang saling bertolakbelakang namun pada akhirnya mereka saling jatuh cinta. Kontradiksi karakter pada drama Korea inilah yang seringkali menjadi minat dan keunikan di mata para penikmat KDrama.

Berikut ada 10 alur kontradiksi drama Korea yang sering muncul di drama romansa. Yuk, segera simak! Siapa tahu ada alur KDrama kesukaanmu!

1. Manusia dengan makhluk fantasi

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaMy Roomate Is A Gumiho dan Goblin (Dok. tvN/My Roommate is Gumiho | Dok. tvN/Goblin)

Bagi kamu pecinta KDrama kelas veteran, pasti kamu sudah tahu betul banyak KDrama yang mengangkat kisah percintaan antara manusia dengan makhluk fantasi. Alur seperti ini pun selalu menjadi langganan dan kesukaan para penggila KDrama karena keunikan cerita dan para aktor yang memerankan.

Sebut saja contohnya drama My Roommate is Gumiho yang mengangkat kisah percintaan wanita dengan sosok gumiho. Ada juga Goblin dan Dooms at Your Service yang mengangkat kisah asmara manusia dengan dewa. Ada juga yang mengangkat tema kisah romansa antara manusia dengan alien seperti halnya dalam drama My Love From the Star.

Masih banyak lagi drama-drama Korea romantis yang karakternya merupakan makhluk fantasi. Seperti The Bride of Habaek, W Two Worlds, A Korean Odyssey, Hotel de Luna, Memories of the Alhambra, Tale of Nine Tailed, dan masih banyak lagi.

2. Orang kaya dengan orang miskin

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaThe Heirs dan Cinderella and the Four Knights (Dok. SBS/The Heirs | Dok. tvN/Cinderella and the Four Knights)

Alur yang satu ini sepertinya bakal selalu ada dalam dunia KDrama. Banyak penulis KDrama yang mengangkat kisah romansa antara si kaya dengan si miskin. Meskipun terlihat klise, nyatanya banyak drama romansa dengan alur kontradiksi seperti ini yang sukses mencapai rating tinggi.

Misalnya saja The Heirs dan Princess Hours. Selain itu, drama yang juga menyajikan premis seperti ini, antara lain Cinderella and the Four Knights, Love Alarm season 1, Monthly Magazine, dan masih banyak lagi yang bisa kamu telusuri.

Biasanya alur kontradiksi ini selalu menyajikan alur di mana karakter si pria merupakan seorang yang kaya raya yang jatuh cinta dengan wanita sederhana. Namun, ada juga yang sebaliknya. Para penggemar pun kemudian menjuluki alur ini sama seperti kisah Cinderella.

3. Siswa pintar dengan siswa bodoh

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaNaughty Kiss dan A Love So Beautiful (Dok. MBC/Naughty Kiss | Dok. KakaoTV/A Love So Beautiful)

Kalau drama tentang sekolahan, pasti kita tentu pernah menyaksikan alur yang satu ini. Di mana dikisahkan seorang murid terpintar di sekolah yang akhirnya jatuh hati kepada murid yang kurang pintar di sekolah.

Kalau sudah melihat KDrama dengan plot ini, pasti banyak yang merasa gemas dengan tingkah 2 karakter yang sangat berbeda ini. Drama yang pernah mengangkat plot seperti ini, yakni Naughty Kiss dan A Love So Beautiful.

4. Si rupawan dan buruk rupa

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaTrue Beauty dan She Was Pretty (Dok. tvN/True Beauty | Dok. MBC/She Was Pretty)

Kalau biasanya kita selalu dibuat terpana dengan visual 2 karakter drama yang memukau, ada juga nih beberapa drama Korea antimainstream yang mengangkat kisah romansa antara si rupawan dengan si buruk rupa. Jadi, tidak selamanya karakter dalam drama Korea itu cantik-cantik atau ganteng-ganteng.

Misalkan saja True Beauty dan She Was Pretty yang mengisahkan kisah cinta antara pria tampan dengan seorang wanita biasa yang tidak cantik. Meskipun begitu, berkat ketulusan dan kebaikan hati yang dimiliki si wanita akhirnya mampu meluluhkan hati si pria.

Alur seperti ini biasanya mengajarkan kita untuk tidak selalu memandang fisik dalam menjalin hubungan asmara. Drama lainnya yang juga pernah mengangkat tema seperti ini, antara lain My ID is Gangnam Beauty dan Birth of A Beauty.

5. Atasan dengan bawahan

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaThe Secret Life of My Secretary dan What's Wrong With Secretary Kim (Dok. SBS/The Secret Life of My Secretary | Dok. tvN/What's Wrong With Secretary Kim))

Bukan hanya saja si kaya dan si miskin, alur romansa tentang atasan dan bawahan dalam kantor pun seringkali muncul dalam dunia KDrama. Meskipun banyak drama yang mengusung plot ini, nyatanya drama dengan plot yang satu ini tetap banyak digemari dan ditonton.

Biasanya drama ini selalu menyajikan alur cerita seorang atasan yang dingin dan galak yang berakhir jatuh cinta dengan pegawai mereka yang selalu setia menemani mereka. Kalau sudah tonton, pasti kamu bakal dibuat senyum-senyum sendiri dan baper. 

Drama yang mengangkat kisah percintaan antara atasan dan bawahan, yakni What's Wrong With Secretary Kim, The Secret Life of My Secretary, Touch Your Heart, Strong Woman Do Bong Soon, Lucky Romance, Jugglers, Introverted Boss, dan masih banyak lagi. Pokoknya banyak banget deh dan seru-seru!

Baca Juga: 10 Drama dan Film Korea Ini Berasal dari Legenda Korea, Tonton Yuk!

6. Cowok playboy dengan cewek polos

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaNice Guy dan Nevertheless (Dok. KBS2/Nice Guy | Dok. JTBC/Nevertheless)

Alur yang satu ini cukup menarik, nih. Kalau biasanya kita bakal disajikan male lead yang begitu romantis dan baik hanya terhadap female lead-nya. Beda halnya dengan tipe alur yang satu ini. Mengangkat karakter pria yang playboy dengan karakter wanita yang polos dan tulus seringkali buat penonton cenat cenut menyaksikannya.

Drama Nice Guy dan Nevertheless merupakan drama yang mengangkat alur kontradiksi berikut. Para penonton bakal dibuat baper dengan kelakuan manis mereka namun di saat yang bersamaan juga dibuat kesal dengan kelakuan palsu mereka. Pastinya alur seperti ini bakal buat kamu makin penasaran dengan kelanjutannya. Kalau kamu sendiri, cenat cenut juga tidak nih kalau nonton drama dengan tema seperti ini?

7. Cewek badass dengan cowok kalem

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaIt's Okay to Not Be Okay (Dok. tvN/It's Okay to Not Be Okay)

Kalau tadi karakter cowok playboy, sekarang ada karakter cewek badass yang dikisahkan berakhir jatuh cinta dengan cowok kalem. Perbedaan sifat yang sangat ketara antara karakter wanita dan karakter pria seringkali buat para penonton semakin gemas menyaksikannya.

Drama It's Not to Be Okay merupakan salah satu drama yang mengangkat premis cerita ini. Karakter cewek yang tangguh dan badass berakhir jatuh cinta pada sosok pria yang kalem dan tenang. Drama lainnya yang juga memiliki kisah romansa pasangan dengan kontradiksi sifat seperti ini, antara lain Hotel de Luna, Itaewon Class, The Secret Life of My Secretary (second couple), Backstreet Rookie, dan masih banyak lagi.

8. Manusia dengan robot

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaAre You Human dan My Absolute Boyfriend (Dok. KBS2/Are You Human | Dok. SBS/My Absolute Boyfriend)

Penulis KDrama memang dikenal sangat kreatif. Salah satu bukti kreatif mereka adalah dengan menyajikan drama Korea yang mengangkat kisah cinta antara manusia dengan robot. Sekilas memang terdengar dan terlihat aneh, manusia yang jatuh cinta dengan robot.

Meskipun begitu, banyak penonton yang merasakan chemistry romantis pada dua karakter yang sangat berbeda dan mustahil ini. Drama yang pernah mengisahkan asmara manusia dengan robot, yakni Are You Human dan My Absolute Boyfriend.

9. Si bangsawan dan rakyat biasa

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaRiver Where The Moon Rises dan 100 Days My Prince (Dok. KBS2/River Where The Moon Rises | Dok. tvN/100 Days My Prince)

Untuk KDrama Sageuk, kisah romansa yang cukup sering diangkat adalah kisah asmara antara seorang bangsawan dengan orang biasa. Kisah-kisah seperti ini biasanya selalu berhasil membuat para pemirsa baper dan juga merasa sedih menyaksikan perjuangan-perjuangan cinta yang dilakukan para tokoh untuk hanya bisa bersama.

Drama Sageuk yang memiliki alur seperti ini, antara lain River Where the Moon Rises dan 100 Days My Prince. Selain itu, masih ada lagi, seperti The Moon That Embraces The Sun dan My Sassy Girl.

10. Manusia dengan hantu

10 Alur Kontradiksi Drama Romansa Korea yang Sering Muncul di KDramaLet's Fight Ghost dan Arang and the Magistrate (Dok. tvN/Let's Fight Ghost | Dok. MBC/Arang and the Magistrate)

Terakhir, ada kisah asmara antara manusia dengan hantu yang pernah diangkat menjadi alur KDrama. Di dunia nyata, hal seperti ini memang tidak ada. Namun, di KDrama, kisah manusia dengan hantu bisa dibuat sebegitu romantis dan sukses ngebaperin sejuta umat.

Contohnya saja drama Let's Fight Ghost dan Arang and The Magistrate. Mengisahkan manusia yang jatuh cinta dengan hantu membuat orang-orang menjadi tertarik untuk menyaksikannya dan penasaran bagaiman akhir dari romansa ini.

Nah, itulah 10 alur kontradiksi yang sering muncul di KDrama. Dari alur-alur di atas, paling gereget sama kisah cinta yang mana?

Baca Juga: 10 Drama Korea 18+ yang Suguhkan Adegan 'Panas', Terbaru Nevertheless

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya