Comscore Tracker

Super Keren, Ini 5 Sub Unit Girl Group yang Debut di 2018

#Replay2018 Gak kalah dengan grup aslinya!

Tidak heran jika sebuah grup KPop akan memiliki sub unit. Sub unit sendiri dibentuk dengan berbagai macam tujuan yang berbeda dari masing-masing grup. Seperti memberikan konsep dan warna musik yang berbeda dari grup aslinya, menggali bakat-bakat terpendam dari member yang kurang terekspos, dan lainnya. Di tahun 2018 ini sendiri beberapa girl grup memutuskan untuk membuat sub unit. Sub unit ini sendiri tidak kalah menarik dan populer lho dengan grup aslinya. Yuk kita lihat daftarnya di bawah ini!

1. Oh My Girl BANHANA

https://www.youtube.com/embed/rW9r_1ys2ec

Oh My Girl Banhana merupakan sub unit pertama dari Oh My Girl yang debut pada tanggal 2 April 2018 dengan album Banana Allergy Monkey. Sub unit ini terdiri dari Hyojung, Binnie, dan Arin. Proses pembuatan album ini sendiri dibantu oleh sisa member Oh My Girl lainnya. Sayangnya, tidak semua fans menyukai konsep ini dan cenderung berkomentar jika alih-alih terlihat lucu dan menggemaskan, konsep ini terlihat aneh dan sangat berbeda dengan comeback terakhir mereka sebagai grup dengan Secret Garden.

2. PRISTIN V

https://www.youtube.com/embed/-z3iyydFevQ

Pristin V merupakan sub unit pertama dari Pristin. Huruf V dalam nama sub unit bisa diartikan menjadi dua hal. Pertama adalah huruf romawi yang melambangkan lima di mana jumlah anggota sub unit sendiri memang ada lima. Dan yang kedua V untuk kata villain yang berarti penjahat di mana merujuk pada konsep penjahat yang mereka gunakan. Grup ini terdiri dari Nayoung, Roa, Eunwoo, Rena, dan Kyulkyung. Mereka debut pada tanggal 28 Mei 2018 dengan single album Like a V.

Baca Juga: 5 Idol Group KPop dengan Subscriber YouTube Terbanyak, Siapa Saja Sih?

3. LOONA yyxy

https://www.youtube.com/embed/tIWpr3tHzII

Debut pada tanggal 30 Mei 2018 dengan mini album Beauty and The Beat, Loona yyxy merupakan sub unit pre debut ketiga milik Loona setelah Loona 1/3 dan Loona OEC. Sub unit ini sendiri memiliki 4 anggota yaitu Yves, Chuu, Gowon, dan Olivia Hye. Grup ini sendiri boleh dikatakan unik karena mereka pertama kali menampilkan aksi panggungnya di acara milik mereka sendiri dan bukan di panggung musik seperti debut kebanyakan pada umumnya.

4. Gugudan SEMINA

https://www.youtube.com/embed/UpLwQAN25so

Gugudan SEMINA adalah sub unit kedua milik Gugudan yang terdiri dari Sejeong, Mina, dan Nayoung. Nama sub unit mereka sendiri diambil dari nama depan masing-masing member. Tidak hanya dikenal sebagai member Gugudan, mereka juga dikenal sebagai trainee yang pernah mengikuti Produce 101 Season 1. Mereka debut pada tanggal 10 Juli 2018 dengan single Semina. Pemotretan dan pembuatan MV ini sendiri terbilang spesial karena mereka melakukannya di Bali. 

5. Girl's Generation Oh!GG

https://www.youtube.com/embed/SdzLl-XpJt0

Girl's Generation-OH!GG merupakan sub unit kedua milik Girl's Generation setelah Girl's Generation TaeTiSeo. Mereka debut pada tanggal 5 September dengan single Lil' Touch. Anggota dari sub unit ini sendiri merupakan anggota Girl's Generation yang masih bertahan di SM Entertainment di antaranya adalah Taeyeon, Sunny, Hyoyeon, Yuri, dan Yoona.

Ada sub unit favoritmu gak nih?

Baca Juga: 8 Kolaborasi Idol & Sub Unit Paling Diharapkan Fans, Kamu Juga?

YOOL Photo Community Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You