Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red Velvet

Sudah pada tahu belum?

Selain merilis 100 lagu terbaik 2018 pada bulan Desember lalu, situs Billboard.com juga memilih 20 Best KPop Songs of 2018 berdasarkan pilihan para kritikus, dan menempatkan lagu 'Bad Boy' milik Red Velvet, sebagai lagu peraih posisi pertama Top 20 tersebut.

Meski comeback dengan "Power Up" dan juga "Really Bad Boy", tapi mereka menyebutkan kesempurnaan "Bad Boy" memang tidak diragukan lagi di tahun ini. Berikut adalah fakta-fakta lagu 'Bad Boy' sejak rilis hingga sukses masuk kategori sebagai lagu KPop terbaik di 2018 lalu.

1. Rajai chart musik dalam dan luar negeri

Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red Velvetkelandmelreviews.com

Lewat single 'Bad Boy', grup musik yang digawangi oleh Irene, Seulgi, Wendy, Joy, dan Yeri itu telah meraih posisi nomor satu di banyak tangga lagu Korea Selatan mulai dari Melon, Genie, Bugs, Olleh Music, Soribada, dan Naver Music sejak perilisannya. Selain di dalam negeri, popilaritas 'Bad Boy' juga berlanjut sampai ke manca negara.

Lagu yang menjadi title track di album 'The Perfect Red Velvet' ini sukses menempati posisi satu di tangga album iTunes di 16 negara, yakni Belanda, Finlandia, Slovenia, Latvia, Rumania, Brasil, Argentina, Cile, Kazakhstan, Panama, Thailand, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Di China, Bad Boy berhasil merebut posisi juara di tangga lagu Xiami Music.

Raihan ini menjadi bukti bahwa masyarakat luar dan dalam negeri begitu antusias sejak awal rilisnya lagu Bad Boy.

2. Lagu RV pertama yang masuk di Billboard Canadian Hot 100

Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red VelvetInstagram.com/redvelvet.smtown

Lewat lagu Bad Boy, Red Velvet sukses memasuki grafik Canadian Hot 100 Billboard untuk pertama kalinya sejak mereka melakukan debut. Canadian Hot 100 sendiri merupakan tangga lagu yang diterbitkan oleh majalah Billboard, dimana chart ini menampilkan urutan lagu paling populer di Kanada dari semua genre setiap minggunya, yang dihitung melalui kombinasi data dari siaran radio, penjualan, dan aktivitas streaming.

Oleh karena itu sangat jarang bagi sebuah lagu K-pop bisa memasuki tangga lagu ini. Namun Red Velvet akhirnya berhasil menembusnya lewat lagu 'Bad Boy' dan menyusul Blackpink, BTS, PSY, BIGBANG, dan EXO, dan CL yang juga sudah terlebih dahulu masuk Canadian Hot 100.

3. Menang di acara musik terbesar Korea

Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red VelvetInstagram.com/redvelvet.smtown

Salah satu prestasi mengagumkan 'Bad Boy' adalah ketika ketika lagu tersebut berhasil meraih puncak di tangga lagu acara musik terbesar di Korea, Music Bank. Bad Boy yang saat itu mendapat 5.962 poin sukses mengalahkan lagu hits milik iKON 'Love Scenario' yang meraih poin 5.887. Prestasi ini menjadi kemenangan ketiga yang diraih Red Velvet dalam lagu 'Bad Boy' kala itu. 

4. MV Red Velvet yang capai viewers terbanyak dalam waktu singkat

Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red Velvetbillboard.com

Sejak diunggah di situs YouTube pada Senin, 29 Januari 2018, dalam waktu 19 jam, video klip 'Bad Boy' sudah ditonton kurang lebih sebanyak 6 juta kali. Dan hanya dalam kurun waktu 3 bulan saja, MV ini berhasil meraih 100 juta viewers dan 1,6 juta likes. Angka ini merupakan capaian istimewa Red Velvet selama comeback yang dilakukannya.

Baca Juga: Sukses Raih "Perfect All Kill", Ini 7 Fakta Lagu Power Up Red Velvet

5. Sempat dihujat

Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red Velvettwitter.com/mnetmama

Terlepas dari kesuksesannya, Bad Boy juga rupanya sempat dihujat beberapa kalangan dan menuai banyak kontroversi. Musik video 'Bad Boy' dianggap terlalu vulgar, seksi, dan mengandung unsur kekerasan. Dalam video itu sendiri memang terdapat tampilan senjata dan ada beberapa member Red Velvet yang juga memegang senjata api, sehingga video ini dianggap tidak pantas untuk ditonton. 

Selain itu, kritikan juga sempat dialamatkan kepada grup yang diketuai Irene, saat mereka melakukan performa live di M!Countdown. Koreografi yang dilakukan member RV dinilai kurang padu dan tidak sesuai tempo. Padahal, comeback grup dianggap sebagai momen dimana semua member seharusnya bisa memberikan penampilan yang maksimal.  

6. Comeback dengan konsep yang tidak pernah dilakukan RV sebelumnya

Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red Velvetshoplook.io

Dari masa Happiness sampai Russian Roullete, Red Velvet terkenal sebagai grup yang cenderung mempunyai nuansa ceria dan warna warni. Tapi saat comeback dengan Peek A Boo, mereka tampil lebih dark dan saat rilis Bad Boy, penampilan mereka berubah total dan mengubah sisi girl group ini menjadi lebih berani dan misterius. Dari mulai menampilkan sisi nakal, hingga koreografi yang dirasa menjadi koreo paling seksi yang pernah dilakukan girl group tersebut. 

7. Deretan penghargaan yang diraih 'Bad Boy'

Jadi Lagu KPop Terbaik 2018 Lalu, Ini 8 Fakta 'Bad Boy' Red Velvetsoompi.com

Kemenangan Red Velvet dengan lagunya 'Bad Boy' pertama kali diraih pada 7 Februari 2018 di acara musik "Show Champion". Mereka juga berhasil bertahan sebagai pemegang posisi pertama selama 2 minggu berturut-turut di acara "M!Countdown" pada 8 dan 15 Februari 2018. Kemudian Bad Boy kembali meraih rentetan penghargaan lain pada 9 dan 11 Februari dalam program "Music Bank" dan "SBS Inkigayo". Keren deh!

Dibalik fakta-fakta berikut, Bad Boy juga merupakan lagu KPop yang enak didengar lho. Genre Hip Hop dengan polesan R&B-nya menjadikan Bad boy sebagai lagu yang ringan dan cocok dibawa santai.

Baca Juga: Baru Sehari Rilis, Lagu Bad Boy Red Velvet Puncaki iTunes di 16 Negara

Rachel Park Photo Verified Writer Rachel Park

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya