Comscore Tracker

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai Leader

Dari SuJu sampai Seventeen!

Kamu tentu tahu bukan bahwa dalam sebuah grup KPop terdapat berbagai posisi yang akan di duduki oleh para idol, salah satunya posisi leader. Merupakan posisi yang cukup penting, bisa di bilang para leader ini memikul tanggung jawab yang lebih berat dari member lain.

Meski tidak semua, tapi kebanyakan grup KPop biasa memilih leader dengan mempertimbangkan usia, sehingga banyak dari mereka yang menunjuk member dengan usia paling tua untuk menempati posisi leader atau pemimpin grup. Contohnya sembilan boy group berikut ini.

1. Monsta X

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai LeaderInstagram.com/official_monsta_x

Boy group bentukan Starship Entertainment, Monsta X, memilih Shownu sebagai leader mereka karena usianya yang lebih tua dari member lain. Meski para member Monsta X ini memiliki jarak usia yang berdekatan, namun Shownu menjadi satu-satunya anggota yang lahir pada tahun 1992.

2. Seventeen

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai LeaderInstagram.com/saythename_17

Grup ramai yang beranggotakan 13 member ini memiliki seorang leader yang juga merupakan anggota tertua, namun berparas imut layaknya seorang maknae. Bernama panggung S.Coups, member tertua ini saking imutnya sering dipanggil penggemar dengan sebutan cute leader lho.

Baca Juga: 5 Sisi Leadership RM BTS yang Bisa Ditiru Para Pemimpin Muda

3. Stray Kids

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai LeaderInstagram.com/realstraykids

Awalnya grup yang sudah debut sejak Maret 2018 ini memiliki Woojin sebagai anggota tertuanya. Namun setelah Woojin hengkang awal November lalu, Bang Chan kini menduduki posisi leader sekaligus menjadi anggota dengan usia paling tua dalam grup Stray Kids.

4. SHINee

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai LeaderInstagram.com/shinee

Meski sudah tak seaktif dulu, namun SHINee masuk dalam daftar boy group yang menjadikan member tertuanya sebagai leader. Dialah Onew, member yang juga dikenal memiliki kemampuan berbahasa Jepang. Di bulan Desember nanti, leader SHINee ini bahkan akan segera berulang tahun yang, lho. Udah siapin kado belum?

5. Super Junior

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai LeaderInstagram.com/superjunior

Selain SHINee, boy group generasi dua Super Junior juga menempatkan posisi leader untuk member tertuanya, Leeteuk. Sudah bertahan dengan SuJu selama 14 tahun, Leeteuk telah menjadi ayah sekaligus leader paling berharga bagi para member SuJu. Saking istimewanya, ia memiliki julukan Angel Without Wings dan Special Leader dari para penggemar.

6. VIXX

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai LeaderInstagram.com/vixx_stargram

VIXX menjadikan N sebagai leader mengingat usianya yang lebih tua dibandingkan dengan member lain. Meskipun jadi member tertua, wajah N yang cukup baby face sering bikin banyak orang menduga ia adalah member termuda lho.

7. Infinite

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai Leadertwitter.com/ifntinfo

Boy group selanjutnya adalah Infinite, yang posisi leader-nya ditempati oleh Kim Sung Gyu sebagai anggota dengan usia paling tua. Sekarang grup asuhan Woollim Entertainment ini tersisa 6 member sejak Hoya memutuskan keluar pada akhir Agustus 2017 lalu.

8. The Boyz

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai Leaderhellokpop.com

Debut sejak Desember 2017, grup The Boyz digawangi oleh sang leader Sangyeon yang sudah dianggap ayah oleh para member lain. Ia lahir pada 4 November 1996 dan saat ini masih menjadi anggota yang paling tua di antara member The Boyz lainnya.

9. HIGHLIGHT

9 Boyband KPop yang Menjadikan Member Tertua sebagai Leadertwitter.com/Jeff__Benjamin

Meskipun pada 2016 para member memutuskan untuk keluar dari agensi Cube Entertainment, namun hal itu tidak membuat grup yang sudah berdiri sejak 2009 ini bubar. Melakukan debut ulang pada Maret 2017, sejak dibentuk Highlight tidak pernah mengganti leader mereka dan tetap memercayakannya pada Yoon Do Joon yang merupakan member dengan usia paling matang dalam grup.

Di usia muda maupun tua, ketika seorang idol ditunjuk untuk menjadi leader, artinya mereka memang dinilai telah memiliki kedewasaan dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. So, siapa pun yang menjadi leader dalam grup KPop, kita jangan sampai menjatuhkan mereka, ya!

Baca Juga: Membanggakan, 7 Leader KPop Group Ini Punya Banyak Prestasi Lho!

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya