Comscore Tracker

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan September

Ada idol K-Pop favoritmu? #WaktunyaKorea #IDNTimesKorea

Setiap bulan, Gaon Charts mengumumkan sertifikasi baru untuk album dan lagu KPop yang telah mencapai jumlah penjualan, unduhan, atau streaming tertentu. Sertifikat yang diberikan Gaon ini merupakan pencapaian besar bagi para bintang KPop atas karya yang mereka rilis

Untuk kategori album, sebuah album akan menerima sertifikat platinum dengan 250 ribu penjualan, double platinum 500 ribu penjualan, triple platinum 750 ribu penjualan, dan sertifikat million seller (serta double atau triple untuk kelipatan juta penjualan).

Dari mulai D.O hingga BTS, pada Kamis (9/9) lalu, Gaon baru saja memberikan sertifikasi baru untuk 7 album KPop di bulan September.

1. D.O EXO

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan SeptemberD.O EXO (instagram.com/smtown)

Album debut solo D.O, Empathy, yang dirilis pada 26 Juli menjadi salah satu album KPop yang berhasil meraih sertifikat platinum dari Gaon. Sejak perilisan, album tersebut tercatat telah terjual sekitar 283 ribu keping. Sebab Empathy merupakan album debut D.O, maka sertifikat Gaon ini menjadi sertifikat pertama yang dimenangkan.

2. NCT DREAM

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan SeptemberNCT DREAM (instagram.com/nct_dream)8

Album KPop kedua yang berhasil mendapatkan sertifikat platinum dari Gaon di bulan September adalah Hello Future versi kit milik NCT DREAM. Album kit Hello Future tercatat mencapai lebih dari 250 ribu penjualan. Sementara versi non-kit dari album ini telah menerima penghargaan triple platinum sebelumnya.

3. MONSTA X 

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan SeptemberMONSTA X (instagram.com/official_monsta_x)

Album ketiga KPop yang mendapatkan sertifikat platinum adalah Take. 1 Are You There? milik MONSTA X yang dirilis pada 22 Oktober 2018 silam. Meskipun membutuhkan waktu selama 3 tahun, tetapi album tersebut kini berhasil terjual lebih 250 ribu keping, lho. Ini juga menjadi album kelima MONSTA X yang meraih sertifikat platinum dari Gaon.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Lagu Bahasa Inggris dari MONSTA X, Easy Listening!

4. SEVENTEEN 

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan SeptemberSEVENTEEN (instagram.com/saythename_17)

Album spesial milik SEVENTEEN yang bertajuk Director's Cut menjadi album KPop terakhir yang mendapatkan sertifikat platinum dari Gaon di bulan September. Album yang dirilis pada 2018 ini merupakan versi repackage dari album Teen, Age yang dirilis pada 2017.

5. ENHYPEN 

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan SeptemberENHYPEN (instagram.com/enhypen)

ENHYPEN menjadi grup rookie yang berhasil mendapatkan sertifikat double platinum yang cukup mengejutkan publik. Album mereka, Border: Day One, tercatat telah melampaui 500 ribu penjualan.

Tak hanya itu, ENHYPEN menjadi satu-satunya grup rookie yang mendapatkan sertifkat double platinum di bulan September, lho.

6. BLACKPINK 

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan SeptemberBLACKPINK (instagram.com/blackpinkofficial)

Kill This Love milik BLACKPINK yang dirilis pada 5 April 2019 menjadi album kedua yang mendapatkan sertifikat double platinum di bulan September.

Album ini tercatat berhasil melampaui 500 ribu penjualan. Tak hanya itu, BLACKPINK ternyata juga memiliki 3 album lain yang dengan sertifikat Gaon, salah satunya The Album yang mendapatkan sertifikat million seller.

7. BTS 

D.O dan 6 Grup KPop Ini Raih Sertifikat Gaon di Bulan SeptemberBTS (instagram.com/bts.bighitofficial)

Album terakhir yang mendapatkan sertifikat Gaon di bulan September adalah single album terbaru BTS, Butter. Dirilis pada bulan Juli 2021 lalu, album ini telah melampaui 2 juta penjualan, lho. Oleh karena itu, Butter berhasil mendapatkan sertifikat double million seller satu-satunya di bulan ini.

Ketujuh album KPop yang berhasil mendapatkan sertifikat dari Gaon di bulan September tadi patut diberi apresiasi. Dari mulai sertifikat platinum hingga double million seller, selamat kepada ketujuh idol KPop yang mendapatkan sertifikat baru.

Baca Juga: 6 Lagu BTS yang Buktikan Teaser dan Lagu Full-nya Sering Kali Berbeda!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya