Comscore Tracker

Punya Hobi yang Gokil? Yuk Ikutan Kompetisi Menulis bersama Smartfren

Pandemik batasi aktivitas, jangan batasi kemampuan menulismu

IDN Times mau tebak nih, pasti kamu lagi bingung ya enaknya ngapain saat karantina di rumah? Namanya anak muda, pasti tidak mungkin kehabisan ide dong! Daripada selama PPKM ini waktumu habis dan malah jadi tidak produktif, coba deh kamu cari cara untuk membuka peluang selama pandemik ini.

Nah, buat kamu yang hobi banget menulis, ada kabar gembira. Lagi-lagi, Smartfren kembali mengadakan kompetisi menulis yang bertajuk #IniBaruGokil persembahan Smartfren bersama IDN Times Community. Tentu ada hadiahnya dong, tapi perhatikan dulu ya beberapa mekanisme berikut ini. Ssst, hadiahnya gak main-main lho!

1. Terdaftar dalam IDN Times Community

Punya Hobi yang Gokil? Yuk Ikutan Kompetisi Menulis bersama SmartfrenIlustrasi mendaftar di IDN Times Community (Shutterstock/Farknot Architect)

Untuk mengikuti kompetisi menulis ini, kamu harus sudah terdaftar (memiliki akun) di IDN Times Community ya. Kalau kamu belum memiliki akun, silakan registrasi melalui link berikut ini: https://community.idntimes.com/login ya!

Kalau sudah, kamu juga wajib untuk mendaftar di link ini: http://bit.ly/SmartfrenGokilMaxKompetisiMenulis dan juga membeli produk berupa Kartu Perdana Smartfren GOKIL MAX 36 GB terlebih dahulu ya. Kamu bisa mendapatkannya di Gallery Smartfren atau outlet-outlet pembelian pulsa terdekat ya! Nah, buat kamu yang tidak mau ke luar rumah, kamu bisa memesannya lewat toko resmi Smartfren di GrabMart ya! Tenang, uang pembelian produk ini bisa kamu reimburse kok tapi dengan catatan kamu sudah mendaftar dan mengisi di link sebelumnya ya, dan ini hanya berlaku untuk 650 peserta pertama. Ayo, cepat daftar ya kalau mau ikutan!

Baca Juga: Gokil! Streaming Film Gak Pernah Sepi Peminat, Ini 5 Alasannya

2. Topik artikel yang ditentukan

Punya Hobi yang Gokil? Yuk Ikutan Kompetisi Menulis bersama SmartfrenIlustrasi menentukan topik artikel (Shutterstock/Day Of Victory Studio)

Sudah gak sabar untuk menulis artikelnya di IDN Times Community ya? Oke, IDN Times jelaskan ya. Terkait topik artikel, kamu bisa memilih topik seputar pengalaman saat menggunakan Smartfren GOKIL MAX. Sebagai contoh, kamu bisa membahas seputar kecepatan internet, kenyamanan, dan kepuasan menggunakan kuota Smartfren Gokil Max.

Pokoknya, angle tulisan boleh disesuaikan dengan minat yang kamu sukai kok. Mulai dari musik, gaming, streaming film/series atau angle lainnya. Sebisa mungkin, artikel diusahakan lebih relevan dengan kondisi saat ini (PPKM, pandemik, dan sebagainya).

3. Format artikel yang harus ada

Punya Hobi yang Gokil? Yuk Ikutan Kompetisi Menulis bersama SmartfrenSeseorang sedang menulis artikel (Shutterstock/selinofoto)

Topik sudah selesai, sekarang kita beralih pada format artikel. Perhatikan satu per satu ya:

  1. Seperti artikel yang biasa ada di IDN Times, format penulisan yang digunakan adalah dalam bentuk listicle atau poin dengan minimal 5 poin. Ingat, salah satu poin wajib membahas mengenai informasi produk dari Smartfren GOKIL MAX yaitu Kuota, Internet, Cepat, Stabil, Murah, Jaringan, Lancar, Kuota Besar, Kuota Nasional (bisa digunakan di mana saja), Kuota Lokal (berlaku hanya di kotamu, nyaman internetan walau di rumah saja), Extra Kuota (01.00 - 05.00), atau 24 Jam Semua Aplikasi.
  2. Terkait harga, kamu bisa menyebutkannya bahwa harga ini mulai dari Rp30.000,- dan jaringan 100 persen 4G. Dalam poin pembahasan tersebut, kamu juga wajib menyertakan hashtag #MAX pada bagian judul, serta #IniBaruGokil di dalam tulisan artikel kamu dan juga bagian excerpt, lengkap dengan guideline tulisan sebagai berikut:
    • Menambahkan kata-kata “Gokil”, “Kuotanya Beneran Gokil”, “Kuota Sultan/Kuotanya Sultan” dan “MAXimal”.
    • Penulisan brand yang benar adalah “Smartfren” kecuali penggunaan dalam judul artikel dapat menggunakan Smartfren (huruf S besar).
    • Penulisan produk yang benar adalah GOKIL MAX (apabila menggunakan huruf besar semua), Gokil Max (apabila menggunakan huruf besar & kecil), Gokil MAXimal (apabila menggunakan gabungan huruf besar & kecil).
    • Peserta diwajibkan untuk menuliskan pengalaman pribadinya saat berinternet dengan Smartfren Gokil Max. Misalnya, bagaimana ceritamu saat download drama Korea, upload konten di media sosial, atau cerita yang lainnya.
  3. Ingat, kamu tidak diperbolehkan upload tulisan bertema sama yang sudah pernah kamu tulis di blog pribadi, apalagi di media lain. Selain itu, kamu tidak diperbolehkan untuk copy-paste tulisan atau karya orang lain baik hanya 4 kata berurutan dalam satu kalimat, karena IDN Times Community bersama dengan Smartfren akan menganggap hal tersebut sebagai tindakan plagiarisme.
  4. Hindari menggunakan sudut pandang negatif pada artikel yang kamu tulis seperti lemot, lelet, lambat dan sebagainya. Hindari juga membandingkan antar layanan internet provider.

    Kamu diwajibkan untuk download aplikasi MySmartfren dan juga follow/like/subscribe akun social media (Twitter, Facebook, Instagram, YouTube) @smartfrenworld untuk meraih kesempatan jadi pemenangnya.

4. Foto artikel yang digunakan

Punya Hobi yang Gokil? Yuk Ikutan Kompetisi Menulis bersama SmartfrenIlustrasi menggunakan foto pada artikel (Shutterstock/oatawa)

Oh ya, kamu juga diwajibkan untuk upload foto produk Smartfren GOKIL MAX yang sudah dibeli, dengan guideline sebagai berikut:

  • Bisa menggunakan screen capture aplikasi MySmartfren yang menampilkan kuota
  • Produk harus terlihat jelas, tidak tertutup oleh objek atau benda lain.
  • Produk harus dalam keadaan baik, tidak lecek, sobek ataupun terlipat.
  • Pencahayaan tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap.
  • Diusahakan tidak ada elemen warna dari kompetitor (Kuning, Ungu, Biru)

Foto-foto bisa menggunakan hasil jepretan kameramu dengan ketentuan format landscape serta berkualitas HD (1280 x 720 piksel), tentunya penulisan sumber foto/gambar wajib mengikuti panduan kepenulisan di IDN Times. Bagi kamu yang belum pernah menulis di IDN Times, kamu bisa mengikuti panduan penulisan sumber foto/gambar pada link ini ya.

Oh ya, dalam poin pembahasan tersebut, pastikan kamu juga mengajak pembaca untuk turut mencoba produk Smartfren GOKIL MAX ini. Oke?

5. Ketentuan dan periode kompetisi menulis

Punya Hobi yang Gokil? Yuk Ikutan Kompetisi Menulis bersama SmartfrenSeseorang sedang menulis (Shutterstock/BongkarnGraphic)

Periode ini berlangsung dari tanggal 29 Juli-26 September 2021 ya. Selama periode ini berlangsung, kamu hanya diperbolehkan submit 1 artikel per akun IDN Times Community ya. Nantinya, hanya ada 100 artikel terpilih yang akan di-publish selama periode kompetisi. Mungkin kamu salah satunya?

Setiap satu artikel yang berhasil kamu submit maka otomatis akan mendapat bonus 500 poin atau senilai Rp50.000,-. Namun ini hanya berlaku untuk 150 artikel pertama yang di-submit via IDN Times Community dan selama periode kompetisi ya.

Selama periode kompetisi akan dipilih 36 pemenang mingguan dengan ketentuan 9 pemenang/per 2 minggu. Ini akan diumumkan setiap 2 minggu dan akan mendapatkan bonus 2.500 poin atau senilai Rp250.000,-. Nah, dari 36 pemenang mingguan inilah yang akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemenang utama.

Sebagai syarat pemenang, peserta wajib untuk posting di Instagram feed berupa produk Smartfren GOKIL MAX beserta cerita pengalaman setelah menggunakan Smartfren GOKIL MAX di dalam caption, disertakan hashtag #IniBaruGokil, dan mention serta tag ke @smartfrenworld @idntimes.

6. Hadiah yang didapatkan

Punya Hobi yang Gokil? Yuk Ikutan Kompetisi Menulis bersama SmartfrenIlustrasi hadiah utama MacBook (Shuttestock/vanilla22)

Pasti bagian ini 'kan yang paling kamu tunggu? Oke, bagi artikel yang berhasil dinobatkan sebagai artikel tergokil akan mendapatkan hadiah utama sebagai berikut:

  • Juara Pertama berhak mendapatkan MacBook Air 2020 M1
  • Juara Kedua berhak mendapatkan Apple iPad Air 4th Gen
  • Juara Ketiga berhak mendapatkan Samsung Galaxy Tab S6 Lite
  • Juara terfavorit akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp500.000,-

Yakin gak mau ikutan? (WEB)

Baca Juga: Lakukan Trial Test Jaringan 5G, Smartfren Bocorkan Kapan Launching

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya