Comscore Tracker

5 Film Komedi yang Berhasil Masuk Nominasi Best Picture Oscar

Bukti bahwa Oscar bukan hanya untuk film-film serius

Piala Oscar sering diidentikkan dengan film-film drama yang mendominasi jajaran nominasi. Sebab film dengan muatan konflik yang serius memang lebih sering muncul dalam daftar nominasi Piala Oscar.

Namun, bukan berarti film-film komedi luput dari perhatian juri Oscar. Sebab ada pula film komedi yang berhasil menembus nominasi Piala Oscar untuk kategori Best Picture. Berikut beberapa contohnya.

1. Midnight in Paris

https://www.youtube.com/embed/FAfR8omt-CY

Genre komedi romantis memang sering dipandang sebelah mata kala masuk gelaran Piala Oscar. Namun kegemilangan Midnight in Paris berhasil meruntuhkan tradisi buruk tersebut.

Film yang menceritakan tentang fantasi romantis seorang pria bertemu para penulis sastra zaman dahulu ini berhasil mendapat sambutan meriah. Hasilnya, Midnight in Paris berhasil meraih nominasi Oscar kategori Best Picture pada 2012.

2. Lady Bird

https://www.youtube.com/embed/cNi_HC839Wo

Greta Gerwig berhasil membawa film debutnya sebagai sutradara yakni Lady Bird masuk ke dalam nominasi Best Picture Oscar 2018. Film ini merupakan fenomena sendiri karena memperoleh rating yang tinggi dari situs Rotten Tomatoes.

Lady Bird memang mengusung cerita yang menarik tentang seorang gadis dari bagian pinggiran California yang bermimpi untuk berkuliah di New York.

Dalam usahanya mewujudkan impian tersebut, ia harus sering bermasalah dengan ibunya yang memiliki pandangan berbeda. Pada akhirnya, keduanya menyadari bahwa mereka menyayangi satu sama lain.

Baca Juga: 5 Film Komedi Dave Franco yang Wajib Kamu Tonton, Kocak Abis!

3. Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)

https://www.youtube.com/embed/uJfLoE6hanc

Birdman berbeda dari film lainnya karena mengambil tema dark comedy. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang mantan aktor terkenal yang mencoba memulai karier baru di pentas Broadway.

Komedi absurd Birdman dengan satir efektif untuk dunia seni mencuri perhatian para juri Piala Oscar. Tidak hanya masuk nominasi, Birdman juga berhasil memenangi Best Picture Oscar pada 2015.

4. Juno

https://www.youtube.com/embed/ldEt22KEKhU

Jason Reitman memilih untuk tidak menampilkan film tentang siswi sekolah yang hamil di luar nikah dengan bumbu drama. Juno justru tersaji begitu menggelitik kala membahas tema yang cukup sensitif ini.

Pengarahan cerdik Reitman dan penampilan mengesankan dari Ellen Page menjadi kunci kesuksesan Juno. Tidak heran jika film ini masuk nominasi Best Picture Oscar pada 2008.

 

5. Little Miss Sunshine

https://www.youtube.com/embed/wvwVkllXT80

Komedi keluarga disfungsional memang menjadi jaminan penonton bisa tertawa terbahak-bahak. Tidak hanya komedi yang tersaji secara maksimal, ceritanya pun seimbang dengan konklusi yang hangat.

Little Miss Sunshine memiliki semua elemen itu. Film ini menceritakan tentang perjuangan satu keluarga mengantarkan anak perempuannya ke ajang kecantikan dan dalam perjalanan itu, mereka menemui beragam masalah yang justru membuatnya menyenangkan. Film ini berhasil meraih nominasi Best Picture Oscar pada 2007.

Film-film komedi tidak selamanya memiliki kualitas lebih rendah dari film drama serius. Sudah siap menonton film-film komedi berkualitas ini?

Baca Juga: 7 Film Underrated yang Diprediksi Akan Warnai Nominasi Oscars 2020

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya