Comscore Tracker

5 Film yang Mampu Menggambarkan Susahnya Hidup Setelah Kuliah

Saat realita tak sesuai ekspektasi

Rata-rata orang akan merasa semangat setelah lulus kuliah karena mereka tidak sabar untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh. Semangat ini kadang cepat pudar begitu bertemu dengan realita.

Nyatanya, masa-masa setelah lulus kuliah memanglah tidak mudah. Beberapa orang tidak kunjung mendapat pekerjaan atau bekerja tidak sesuai impiannya.

Orang-orang jadi mudah merasa kurang percaya diri karena membandingkan nasibnya dengan yang lain. Itulah mengapa lima rekomendasi film ini bisa menyajikan gambaran besar terkait hidup pasca kuliah.

Berikut 5 rekomendasi film yang cocok ditonton setelah lulus kuliah.

1. Frances Ha

5 Film yang Mampu Menggambarkan Susahnya Hidup Setelah Kuliahimdb.com

Frances Ha adalah representasi nyata akan orang-orang yang kurang beruntung setelah kuliah dan hidup di kota besar. Tokoh utamanya, Frances, merupakan seorang introvert yang idealis.

Frances merasa bahwa hidupnya sudah lengkap dengan memiliki satu sahabat saja. Saat sahabat dekatnya menikah, Frances mulai dilanda berbagai masalah seperti ketidakmampuan menyewa apartemen di New York, belum dapat pekerjaan, serta kehidupan asmara yang buruk.

Masalah yang tiba-tiba datang secara bersamaan memang membuat kita pesimistis terlebih dahulu. Namun seperti Frances, masalah tersebut akhirnya juga bisa selesai dan  bahkan bisa mewujudkan impian.

2. Reality Bites

5 Film yang Mampu Menggambarkan Susahnya Hidup Setelah Kuliahimdb.com

Mahasiswa terbaik pasti pasti mendapat jalan mudah setelah lulus kuliah? Belum tentu. Di film Reality Bites, mata kita coba dibuka oleh realita bahwa kehidupan pasca kuliah memang berat, bahkan untuk lulusan terbaik sebuah universitas.

Aktris Winona Ryder memerankan tokoh utama dalam film ini yang bernama Lelaina. Ia sempat bekerja di televisi tetapi dipecat karena etos kerjanya yang buruk. Impiannya membuat sebuah film dokumenter juga belum bisa terwujud.

Reality Bites rilis pada 1994, tetapi masalah yang dihadapi para tokohnya masih relevan sampai sekarang. Lulusan sebuah universitas tidak akan langsung melenggang ke pekerjaan idaman jika tidak dibarengi dengan kerja keras dan etos kerja yang baik.

Baca Juga: 5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasional

3. Liberal Arts

5 Film yang Mampu Menggambarkan Susahnya Hidup Setelah Kuliahimdb.com

Berbeda dengan dua film sebelumnya, Liberal Arts tidak bercerita tentang masa-masa setelah wisuda. Film ini mengambil latar waktu lebih jauh karena sang tokoh utama sudah lulus kuliah sejak lama.

Film ini memberikan gambaran tentang betapa susahnya untuk melupakan masa-masa kuliah, terutama bagi mereka yang memiliki prestasi luar biasa di sana. Orang seolah terjebak dalam nostalgia masa kuliah yang berlarut-larut hingga susah melihat masa depan yang lebih cerah.

4. St. Elmo's Fire

5 Film yang Mampu Menggambarkan Susahnya Hidup Setelah Kuliahimdb.com

Ada juga film jadul dari dekade 1980-an berjudul St. Elmo's Fire yang bercerita tentang kegamangan para mantan mahasiswa menghadapi realita. St. Elmo Fire menceritakan tentang segerombolan anak muda yang baru lulus kuliah dan menghadapi susahnya masa-masa tersebut lewat cara yang berbeda.

Setiap karakter di film ini dikisahkan lewat perjuangan masing-masing setelah lulus kuliah. Banyak dari mereka yang berusaha memperoleh pekerjaan impian meski terlebih dahulu harus melewati masa-masa bekerja yang tidak sesuai dengan keinginan.

5. Adventureland

5 Film yang Mampu Menggambarkan Susahnya Hidup Setelah Kuliahimdb.com

Banyak orang yang tidak siap menghadapi realita setelah masa kuliah mereka selesai. Untuk itu, banyak di antaranya yang memilih untuk istirahat sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja dan masalah setelah kuliah lainnya. Sayangnya, hal ini tidak selalu bisa dicapai.

Inilah yang coba digambarkan oleh film  Adventureland. Setelah lulus kuliah, karakter James Brennan yang diperankan Jesse Eisenberg sebenarnya ingin berlibur ke Eropa. Rencana tersebut batal karena orang tuanya tidak bisa membiayai liburan sehingga ia harus mengambil pekerjaan kasar di taman hiburan.

Meski pekerjaan tersebut awalnya tidak ia sukai, James justru mengambil banyak pelajaran darinya. Lewat pengalaman itu, ia seolah sedang dilatih untuk menghadapi realita pasca kuliah.

Bagi yang baru lulus kuliah, kelima film ini bisa jadi referensi bagus. Selamat menonton!

Baca Juga: Menyenangkan, 5 Hal Masa Sekolah Ini Pasti Kamu Rindukan Saat Kuliah

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You