Comscore Tracker

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmu

Jago akting, menuis skenario, dan jadi sutradara

Ben Affleck menjadi salah satu wajah paling familiar di industri perfilman Hollywood. Berkarier sejak muda, wajah Ben Affleck sering ditemukan dalam sejumlah judul film populer pada akhir 90an dan awal 2000an.

Tidak hanya berakting, Ben Affleck juga punya kemampuan mumpuni dalam bidang lain. Affleck bahkan memenangi Oscar pertamanya pada usia 26 tahun. Kala itu, Affleck bersama sahabatnya Matt Damon, memenangi Oscar untuk kategori skenario asli terbaik lewat Good Will Hunting.

Karier akting Ben Affleck sendiri terhitung tidak mulus karena ia justru kerap terjebak dalam film-film yang tidak sukses secara komersil maupun kritikus. Namun Affleck kembali mampu mematri namanya dalam jajaran elite Hollywood saat memulai karier sebagai sutradara. Film-film yang disutradarai oleh Ben Affleck justru menuai pujian dari para kritikus.

Berikut 7 film terbaik dari Ben Affleck, sang mantan Batman:

1. Good Will Hunting

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmuimdb.com

Dari segi akting, Ben Affleck hanya mendapatkan peran kecil di film Good Will Hunting. Peran yang lebih besar justru Affleck terima di belakang layar saat ia dan Matt Damon menjadi penulis skenario dari film ini.

Cerita Good Will Hunting sendiri selalu menarik untuk disimak dan tidak pernah lekang oleh waktu. Film ini menceritakan tentang seorang petugas kebersihan bernama Will Hunting yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang matematika. Hal ini terlihat dari keberhasilan Will menyelesaikan soal matematika di papan tulis kampus MIT yang bahkan para mahasiswa tidak mampu. Akan tetapi, Will terkenal bengal sehingga harus mengunjungi seorang psikolog agar kemampuannya bisa tersalurkan dengan baik.

Good Will Hunting tidak hanya menampilkan cerita yang menarik, tetapi dua aktor utamanya juga bermain begitu cemerlang. Matt Damon suskes memerankan Will Hunting dan mendiang Robin Williams memberikan salah satu penampilan terbaiknya sebagai Dr. Sean.

2. The Town

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmuimdb.com

The Town menjadi film pertama yang disutradari sekaligus dimainkan oleh Ben Affleck. Pada debut penyutradaraannya di film Gone Baby Gone, Ben Affleck tidak berakting sekaligus dan memilih mempercayakan peran utama kepada sang adik, Casey Affleck.

Dalam The Town, Affleck berhasil menunjukkan kemampuannya dalam menyutradarai film bertema kriminal. Affleck berperan sebagai gembong kriminal yang hobi merampok bank. Dalam sebuah perampokan, Affleck justru jatuh cinta dengan salah satu pegawai bank yang belum mengetahui identitas sebenarnya. Kini Affleck harus merencanakan perampokan selanjutnya meski situasi lebih rumit dengan adanya kehadiran seorang wanit dan agen FBI yang berusaha mengejarnya.

Affleck kembali membuktikan tangan dinginnya sebagai sutradara di film ini. Ia berhasil membawa Jeremy Renner meraih nominasi Oscar untuk pemeran pendukung terbaik lewat The Town.

3. Argo

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmuimdb.com

Argo bisa dibilang sebagai film yang menandai puncak kebangkitan karier Ben Affleck, baik sebagai sutradara maupun aktor. Film ini berhasil memenangi tiga Piala Oscar sekaligus, termasuk untuk kategori Best Picture. Anehnya, Ben Affleck justru tidak mendapat nominasi sutradara terbaik.

Argo merupakan adaptasi dari kisah nyata salah satu operasi CIA di Tehran, Iran. Pihak Amerika Serikat berusaha menyelamatkan enam warganya yang tertahan sebelum dieksekusi oleh warga setempat. Mereka pun menyamar menjadi crew untuk sebuah film produksi Hollywood.

Setelah dua kali sukses menyutradarai film drama dan kriminal, Ben Affleck membuktikan bahwa ia bisa menyutradarai sebuah thriller. Affleck berhasil membangun momen-momen menegangkan di Argo yang mendramatisir sumber aslinya.

Baca Juga: 6 Film Hollywood yang Akan Menggebrak Bioskop Indonesia di April 2019

4. Gone Girl

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmuimdb.com

Affleck turut ikut serta dalam film drama thriller yang diangkat dari novel laris karya Gyllian Flynn ini. Ada cerita menarik mengenai proses casting Affleck hingga ia akhirnya mendapat peran di film ini. Sutradara Gone Girl, David Fincher, melihat senyum Affleck di Google image dan hal tersebut ia rasa cocok dalam satu adegan di film ini.

Gone Girl menceritakan tentang proses pencarian Amy Dunne, istri Affleck dalam film ini. Amy dianggap kabur setelah petunjuk-petunjuk yang ditemukan oleh tim investigasi ternyata mengarah ke kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh karakter Affleck, Nick Dunne. Namun filmnya ternyata menyimpan sebuah twist gila di akhir.

Gone Girl mendapat respons positif dengan rating 8,1 yang film ini dapatkan di situs IMDb. Rosamund Pike yang memerankan Amy Dunne jjuga berhasil mendapatkan nominasi aktris terbaik di Piala Oscar 2015.

5. Armageddon

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmuimdb.com

Armageddon jelas menjadi salah satu judul film paling populer yang pernah dibintangi oleh Ben Affleck. Film ini menandai karier cemerlang Affleck pada akhir 90an.

Disutradarai oleh sutradara action terkenal, Michael Bay, Armageddon menceritakan tentang sekumpulan tukang bor yang ditugaskan oleh NASA untuk menyelamatkan bumi dari serangan asteroid. Armageddon berhasil menunjukkan sisi flamboyan dari seorang Ben Affleck.

Di sini, Ben Affleck berperan sebagai A.J yang tengah terlibat hubungan dengan anak pemimpin misi penyelamatan tersebut. A.J dianggap kurang pantas bersanding dengan sang anak tetapi misi menyelamatkan bumi ini dijadikannya sebagai pembuktian bahwa ia pantas bersanding dengan kekasihnya saat ini.

6. Chasing Amy

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmuimdb.com

Satu lagi film Ben Affleck pada akhir 90an yang mendapat respons positif. Chasing Amy mendapat rating 7,3 di IMDb dan 87% dari situs Rotten Tomatoes.

Filmnya sendiri menceritakan tentang  Affleck yang menjadi seorang penulis komik di sini. Ia lalu jatuh cinta dengan seorang perempuan bernama Alyssa. Saat Affleck merasa Alyssa adalah cinta sejatinya, sang perempuan justru mengaku bahwa ia adalah penyuka sesama jenis. Keduanya tetap berusaha berteman akrab meski Affleck akhirnya tidak tahan dan memilih untuk mengungkapkan perasaannya meski ia tahu akibatnya akan sangat besar.

Chasing Amy memiliki cerita seperti film romantis komedi yang lain. Akting Affleck dan chemistry-nya dengan Joey Lauren Adams yang memerankan Alyssa menjadi nilai tambah dalam film ini.

7. Shakespeare in Love

7 Film Terbaik Ben Affleck yang Wajib Masuk Daftar Tontonmuimdb.com

Selain Good Will Hunting, Affleck juga terlibat dalam film peraih Oscar lainnya pada akhir 90an dalam Shakespeare in Love. Di sini, Affleck memang hanya berperan sebagai pemain pembantu.

Filmnya sendiri menceritakan kisah cinta terlarang William Shakespeare terhadap seorang putri bangsawan saat ia menjadikannya sebagai inspirasi untuk drama terbarunya. Affleck sendiri di film ini berperan sebagai salah satu aktor kenamaan yang akan ikut bergabung ke dalam drama William Shakespeare tersebut. Shakespeare in Love meraih sukses besar pada Piala Oscar 1998 dengan membawa pulang kategori Best Picture.

Ternyata selain menjadi Batman, Ben Affleck juga punya daftar film yang bagus-bagus, ya. Mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Sarat Makna tentang Keluarga, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Film "Us"

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You