Comscore Tracker

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjang

Kuat nontonnya gak, nih?

Marvel mengejutkan banyak orang kala merilis durasi film terbaru mereka, Avengers: Endgame, yang berdurasi 3 jam 1 menit. Durasi panjang tersebut mendapat beragam reaksi dari publik.

Ada yang merasa durasi tersebut sudah sesuai karena filmnya yang menjadi konklusi perjalanan Marvel Cinematic Universe selama 11 jam. Namun tidak sedikit pula yang protes karena menganggap durasi tersebut terlalu panjang.

Pada awal kemunculannya, Marvel memang lebih sering memasang durasi relatif pendek untuk film-film rilisannya. Baru setelah menuai untung besar, Marvel mulai berani merilis film-film dengan durasi cukup pandang, terutama untuk seri Avengers mereka.

Berikut 7 film Marvel Cinematic Universe dengan durasi terpanjang

1. The Avengers (2012)

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjangimdb.com

Film-film fase pertama MCU rata-rata berdurasi tidak lebih dari dua jam. The Avengers pun menutup perjalanan mereka pada fase pertama lewat durasinya yang cukup panjang.

Menurut informasi dari situs resmi IMDb, The Avengers memiliki durasi 143 menit atau dua jam 23 menit. Durasi yang cukup panjang ini ternyata tetap mendatangkan kesuksesan besar untuk Marvel.

2. Captain America: The Winter Soldier (2014)

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjangimdb.com

Seri kedua dari film Captain America ini juga berdurasi cukup panjang. Rilis pada 2014, Captain America: The Winter Soldier berdurasi 136 menit atau dua jam 16 menit.

Film ini menjadi perkenalan antara Marvel dan sutradara The Russo Brothers. Sukses secara finansial maupun kritik, The Russo Brothers akhirnya dipercaya untuk menangani film-film Marvel lain seperti Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame.

3. Avengers: Age of Ultron

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjangimdb.com

Mempertemukan para anggota Avengers kembali untuk melawan musuh baru, Ultron, film ini kembali hadir dengan durasi mirip pendahulunya. Avengers: Age of Ultron memiliki durasi 141 menit atau dua jam 21 menit.

Avengers: Age of Ultron sendiri menjadi karya kerja sama terakhir antara Joss Whedon dan MCU. Produser MCU, Kevin Feige, memercayakan dua film Avengers setelah ini ke tangan Joe Russo dan Anthony Russo.

Baca Juga: 5 Pergantian Aktor yang Terjadi di Marvel Cinematic Universe

4. Captain America: Civil War

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjangimdb.com

Penutup trilogi Captain America ini memiliki durasi terpanjang untuk film solo Marvel. Hal ini dikarenakan oleh kehadiran beberapa anggota Avengers yang turut berpartisipasi di Captain America: Civil War.

Film ini berdurasi 147 menit atau dua jam 27 menit. Durasi ini dianggap wajar karena film ini harus menceritakan konflik rumit yang membuat Avengers terpecah dua menjadi pihak yang mengikuti Tony Stark/Iron Man dan Steve Rogers/Captain America.

5. Guardians of the Galaxy Vol. 2

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjangimdb.com

Seri kedua Guardians of the Galaxy ini juga tidak ragu untuk memilih durasi yang cukup panjang. Guardians of the Galaxy Vol. 2 memiliki durasi 136 menit atau dua jam 16 menit.

6. Avengers: Infinity War

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjangcinemablend.com

Berkaca pada kesuksesan Captain America: Civil War yang sebelum film tayang memegang rekor film MCU dengan durasi terpanjang, The Russo Brothers selaku para sutradara kembali melakukan strategi serupa untuk Avengers: Infinity War. Infinity War memiliki durasi 149 menit atau dua jam 29 menit.

Keputusan memilih durasi yang panjang ini jelas bisa diamini. The Russo Brothers harus menampilkan hampir semua superhero yang telah diperkenalkan Marvel pada film-film sebelumnya. Butuh durasi panjang untuk memberikan cerita menarik bagi tiap-tiap karakter.

7. Avengers: Endgame

7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Durasi Terpanjangimdb.com

Akhirnya, Avengers: Endgame memecahkan rekor durasi film-film Marvel sebelumnya. Film ini memiliki durasi sepanjang 181 menit atau tiga jam satu menit. Untuk pertama kalinya, Marvel berhasil merilis film dengan durasi tiga jam.

Durasi panjang tersebut rasanya tidak sia-sia karena para penggemar setia tetap menunggu film ini. Tiket presale di berbagai negara langsung terjual habis pada minggu pertama. Seri konklusi Avengers dalam 11 tahun terakhir ini memang menjadi momen paling dinantikan oleh para penggemar.

Itu tadi film-film MCU dengan durasi panjang. Meski terbilang panjang, filmnya tidak mengenal kata membosankan.

Baca Juga: [Review] Satu Kata untuk Film Avengers: Endgame, Mantap!

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya