Comscore Tracker

Selain NKCTHI, 6 Film Indonesia Ini Juga Mengangkat Tema Keluarga

Film-film yang siap menguras air mata

Kesuksesan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) mengingatkan kembali akan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap film bertema keluarga. Keluarga menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat kita sehingga menonton film yang membahas masalah ini jelas terasa begitu dekat dengan realitas.

NKCTHI jelas bukan satu-satunya film Indonesia bertema keluarga yang berhasil mengaduk-aduk emosi penonton. Film-film dalam daftar ini juga berhasil menghadirkan kisah keluarga yang membuat penonton merasa haru.

1. Hoax

https://www.youtube.com/embed/KMDKF7rBO3Q

Hoax menawarkan kisah tiga bersaudara dalam satu keluarga yang punya masalah berbeda-beda. Masalah yang mereka alami benar-benar beragam, mulai dari hubungan percintaan hingga kejadian mistis. Hal ini membuat mereka harus menyimpan rahasia tersebut dari keluarga besar.

Selain kisah menarik tersebut, Hoax juga memiliki jajaran para pemain kelas atas. Aktor-aktor seperti Vino G. Bastian, Tara Basro, dan Tora Sudiro ikut ambil bagian dalam film karya sutradara Ifa Ifansyah ini.

2. Sabtu Bersama Bapak

https://www.youtube.com/embed/JDZuQtaUv28

Diangkat dari buku best seller karya Adhitya Mulya, Sabtu Bersama Bapak menceritakan tentang usaha seorang ayah untuk tetap bersama dua anak laki-lakinya meski menderita penyakit keras. Sebelum meninggal, sang ayah merekam video dirinya menyampaikan nasihat yang bisa ditonton para putranya setiap Sabtu.

Nasihat-nasihat sang ayah tersebut sangat berguna bagi kedua saudara tersebut, terutama kala keduanya mengalami masalah tersendiri dalam kehidupan percintaannya. Menonton Sabtu Bersama Bapak sekaligus akan mendapat nasihat berharga tentang kehidupan keluarga.

3. Cek Toko Sebelah

https://www.youtube.com/embed/r9NJveLN3zI

Setelah debut dengan film Ngenest, Ernest Prakasa membuktikan ia pantas menjadi salah satu sutradara yang paling diperhitungkan di Indonesia lewat Cek Toko Sebelah. Ernest berhasil menyutradarai film keluarga yang solid dan menyentuh hati penonton.

Cek Toko Sebelah mengisahkan tentang dua kakak beradik dengan nasib karier yang berbeda. Konflik muncul saat sang ayah jatuh sakit dan mewariskan warung andalannya untuk anak bungsu yang meski sukses, sebenarnya jarang berada di rumah. Hal ini membuat anak sulungnya merasa tersisih meski hal ini sebenarnya kesalahpahaman saja.

Baca Juga: 5 Film India yang Mengangkat Tema Tentang Perempuan Ini Bikin Terharu

4. Susah Sinyal

https://www.youtube.com/embed/MbZtoOuRpyU

Setelah Cek Toko Sebelah, Ernest kembali mengeksplorasi drama keluarga dalam film Susah Sinyal. Kali ini dia tidak menjadi pemeran utama dan memilih muncul sebagai cameo saja.

Dalam Susah Sinyal, Ernest berusaha mengangkat cerita seorang wanita karier yang susah menjalin hubungan dekat dengan putri kandungnya sendiri. Semua itu harus berubah saat sang nenek meninggal dan keduanya tidak punya pilihan selain memperbaiki hubungan yang buruk meski awalnya sulit untuk dilakukan.

5. Keluarga Cemara

https://www.youtube.com/embed/sGaeDzD_3o0

Lebih dahulu populer sebagai salah satu sinetron yang paling digemari pada akhir 1990an, Keluarga Cemara tetap menarik hati penonton kala tahun lalu diangkat menjadi film. Film ini berhasil mendapat lebih dari satu juta penonton saat tayang pada awal tahun lalu.

Keluarga Cemara menceritakan tentang awal kebangkrutan abah setelah uang perusahaannya digelapkan oleh saudara sendiri. Hal ini membuat ia dan sekeluarga harus pindah ke kampung dan adaptasi ke kehidupan baru ini jelas tidak mudah bagi mereka.

6. Orang Kaya Baru

https://www.youtube.com/embed/ZY4clGa250c

Terbiasa hidup susah, sebuah keluarga dikejutkan oleh harta warisan besar setelah sang ayah meninggal dunia. Mereka pun akhirnya bisa menikmati kekayaan dan harus membiasakan diri dengan kehidupan baru sebagai orang kaya.

Kekayaan ternyata membuat keluarga ini lupa akan kekompakan dan kebersamaan yang sebelumnya ada. Dibintangi Raline Shah, Cut Mini, dan Derbi Romero, Orang Kaya Baru tidak hanya mengandung pelajaran berharga tetapi juga humor yang siap mengocok perut.

Itu tadi deretan film Indonesia bertema permasalahan keluarga yang wajib ditonton. Siap-siap tisu, ya!

Baca Juga: 5 KDrama Terbaru Tema Perselingkuhan yang Pantang Dilewatkan

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya