Comscore Tracker

Spesialis Peran Sulit, 7 Film Terbaik Saoirse Ronan

Aktris muda yang banyak prestasi

Nominasi Academy Awards atau Piala Oscar 2020 sudah diumumkan dan Saoirse Ronan berhasil masuk ke dalam kategori Best Actress untuk film terbarunya, Little Women. Meski baru berusia 25 tahun, ini merupakan kali keempat Saoirse masuk menjadi nomine di ajang tersebut.

Berkarier sejak kecil, Saoirse memang sudah langganan peran rumit yang membuatnya selalu dilirik juri Oscar. Selain Little Women, inilah tujuh film Saoirse yang tidak kalah berkualitas.

1. Atonement

https://www.youtube.com/embed/zRlkHu-R7yI

Inilah film yang membuahkan nominasi Oscar pertama untuk Saoirse di usianya yang masih 14 tahun. Saoirse memerankan Briony Tallis versi masih kecil.

Briony melakukan kesalahan besar saat kecil dengan tuduhan pelecehan seksual kepada kekasih kakaknya. Begitu dewasa, ia menulis buku sebagai penebusan rasa bersalahnya atas hal itu.

2. Hanna

https://www.youtube.com/embed/u73CLdHpbNk

Menginjak remaja, peran-peran yang dipilih Saoirse pun tetap menantang. Dalam film Hanna, ia memerankan sesosok gadis yang dilatih khusus untuk menjadi pembunuh bayaran.

Hanna dilatih oleh ayahnya sendiri yang memang mantan agen rahasia. Begitu dinilai siap, ia ditugaskan di Eropa dan hal ini justru membuatnya mulai mempertanyakan perannya di dunia ini.

3. The Lovely Bones

https://www.youtube.com/embed/s9PrQmcV81Y

Diangkat dari buku best sellerThe Lovely Bones menceritakan tentang seorang gadis yang jadi korban penculikan dan kekerasan seksual. Hal ini membuat kedua orang tuanya khawatir dan mulai mencari tahu keberadaan putri mereka.

Ia sebenarnya sudah meninggal, tetapi arwahnya masih penasaran karena ia percaya bisa memberi petunjuk akan kebenaran yang ada. Usahanya pun terbilang sia-sia karena perbedaan dua dunia antara ia dan orang tuanya.

Baca Juga: Saat 'A Quiet Place' Bertemu 'Bird Box', 'The Silence'-lah Jawabannya

4. How I Live Now

https://www.youtube.com/embed/RSaxm68PPT4

Saoirse juga pernah terlibat dalam film bertema distopia lewat How I Live Now. Ia memerankan sesosok gadis asal Amerika Serikat yang berlibur di pedesaan Inggris.

Liburan yang seharusnya menyenangkan justru menjadi bencana karena daerah tersebut terlibat perang besar. Bukannya menikmati liburan, hari-hari di pedesaan Inggris tersebut justru harus dihabiskan dengan usaha penyelamatan diri.

5. Brooklyn

https://www.youtube.com/embed/15syDwC000k

Satu lagi peran yang menghadiahi nominasi Piala Oscar untuk Saoirse Ronan. Lewat Brooklyn, Ronan berhasil menunjukkan kedewasaan aktingnya.

Ia berperan sebagai imigran muda asal Irlandia Utara yang mencoba merantau ke New York City pada dekade 1950an. Kepindahannya tidak mudah karena ia sempat susah beradaptasi. Begitu ia mulai betah, masalah dari masa lalu justru datang dan menimbulkan dilema.

6. Lady Bird

https://www.youtube.com/embed/cNi_HC839Wo

Lady Bird memberikan peran fenomenal bagi Saoirse Ronan yang lagi-lagi berhasil masuk ke dalam nominasi Piala Oscar. Saoirse memerankan sosok remaja yang sedikit membangkang dan menyebut dirinya sendiri sebagai Lady Bird.

Berasal dari keluarga yang pas-pasan, ia berusaha untuk mewujudkan impiannya berkuliah di New York. Usaha tersebut membuatnya harus sering bertengkar dengan sang ibu tetapi sekaligus membuatnya akhirnya sadar tentang arti penting keluarga.

7. On Chesil Beach

https://www.youtube.com/embed/ZR6DWDfMDlM

Saat berakting di film romantis pun, Saoirse memilih peran yang tetap menantang. Dalam On Chesil Beach, ia berperan sebagai seorang gadis yang baru saja menikah.

Kehidupan awal pernikahan tidak mudah baginya yang masih tergolong muda. Akhirnya, ia justru menghabiskan masa-masa awal pernikahan dengan kekhawatiran akan masalah yang akan datang.

Film-film Saoirse Ronan memang selalu berkualitas. Siapa yang mengidolakan aktris muda nan berbakat ini?

Baca Juga: 5 Fakta Little Women, Film Terbaru Emma Watson yang Inspiratif!

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya