Comscore Tracker

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscar

Film-film bagus mereka bukan jaminan ternyata

Memenangi Piala Oscar atau bahkan hanya menembus daftar nominasi saja ternyata bukan hal yang mudah bagi beberapa sutradara. Beberapa sutradara sudah membuktikan hal ini. Nama-nama sutradara yang belum memenangi Oscar ini juga bukan sembarangan, lho.

Mereka rutin membuat film yang disukai para kritikus film. Akan tetapi, para juri Piala Oscar ternyata memiliki pendapat yang berlainan. Hal ini sering memicu seorang sutradara untuk akhirnya gagal memenangi penghargaan tersebut.

Berikut 7 sutradara besar yang belum pernah memenangi Oscar.

1. Akira Kurosawa

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscarimdb.com

Karya-karya sutradara asal Jepang ini banyak menginspirasi para pembuat film dari Amerika Serikat. Akan tetapi, Kurosawa justru belum pernah memenangi Piala Oscar.

Kurosawa bahkan hanya pernah sekali masuk menjadi nomine. Ia menjadi nomine kategori sutradara terbaik untuk filmnya yang berjudul Ran pada 1985.

2. Christopher Nolan

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscarhollywoodreporter.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan Christopher Nolan? Tak hanya jago menyutradarai film-film blockbuster, Nolan juga punya karya-karya yang layak mendapat nominasi Oscar.

Namun Nolan sendiri justru belum pernah menang sebagai sutradara terbaik di ajang tersebut. Ia bahkan baru sekali menjadi nomine sutradara terbaik lewat film Dunkirk, tetapi masih belum berhasil memenangi kategori tersebut.

3. David Fincher

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscarimdb.com

David Fincher terkenal dengan film-film penuh twist yang mengeksplorasi sisi psikologis manusia. Ia pernah menjadi nominee untuk dua film karyanya, The Social Network dan The Curious Case of Benjamin Button. Fincher masih gagal untuk menang dalam dua kesempatan tersebut.

Baca Juga: Ini 5 Nominasi "Lagu Original Terbaik" Oscar 2019, Mana Jagoanmu?

4. Tim Burton

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscarimdb.com

Sutradara yang sering bekerja sama dengan Johnny Depp ini juga masih belum mendapat keberuntungan di ajang Piala Oscar. Tim Burton bahkan belum pernah mendapat nominasi sutradara terbaik di ajang tersebut.

Dua nominasi Oscar yang ia terima berasal dari kategori Best Animated Feture dan Best Animated Feature Film of the Year. Padahal, Tim Burton sudah mampu menghasilkan sejumlah film berkualitas seperti The Nightmare Before Christmas, Edward Scissorhands, dan Alice in Wonderland.

5. Alfred Hitchcock

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscarbbc.co.uk

Terkenal sebagai salah satu sutradara paling berpengaruh, terutama untuk genre thriller, Alfred Hitchcock juga belum pernah memenangi Oscar. Hitchcock pernah mendapat lima kali nominasi Oscar untuk film-filmnya yang berjudul Psycho, Rear Window, Spellbound, Lifeboat, dan Rebecca. Namun hingga akhir hayatnya, Hitchcock belum juga mampu memenangi Piala Oscar.

6. Wes Anderson

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscarimdb.com

Wes Anderson terkenal lewat karya-karya yang memiliki sinematografi berestetika tinggi dan cerita-cerita yang nyentrik seperti The Grand Budapest Hotel, Moonrise Kingdom, dan The Royal Tennenbaum. Akan tetapi, Anderson juga belum pernah memenangi Oscar. Ia bahkan sekali mendapat nominasi untuk kategori sutradara terbaik lewat The Grand Budapest Hotel.

7. Ridley Scott

Hasilkan Film-film Berkualitas, 7 Sutradara Ini Belum Menangi Oscarimdb.com

Sejak dekade 1980-an hingga sekarang, Ridley Scott rutin menghadirkan film-film berkualitas seperti Alien, Blade Runner, Gladiator, Black Hawk Down, dan The Martian. Film-film tersebut ternyata belum mampu mengantar Ridley Scott memenangi sutradara terbaik di Oscar. Ridley Scott hingga saat ini sudah tiga kali masuk ke dalam nominasi sutradara terbaik untuk film Thelma & Louise, Gladiator, serta Black Hawk Dawn.

Itu tadi deretan sutradara berbakat yang belum pernah memenangi Oscar. Meski begitu, karya-karya mereka tetap memiliki kualitas mumpuni, lho.

Baca Juga: 5 Film Berkualitas Ini Gak Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya