Comscore Tracker

6 Serial Original Netflix yang Sempat Menuai Kontroversi, Kenapa Ya?

Kamu pernah nonton gak? 

Netflix yang merupakan platform streaming online yang kerap memproduksi film-film original dengan tema menarik. Konsep cerita yang beragam dengan berbagai genre membuat banyak judulnya laris di pasaran bahkan sampai terkenal di dunia.

Namun, terlepas dari jalan cerita menarik, ada juga beberapa serial original mereka yang menuai kontroversi publik. Berikut ini 6 serial original Netflix yang sempat menuai kontroversi.

1. Messiah 

https://www.youtube.com/embed/mjLWuzGVyew

Dari judulnya saja, kamu pasti sudah bisa menebak kalau serial ini menjadi salah satu tontonan original Netflix yang menyebabkan kontroversi. Tema yang diusung menyebabkan pro kontra pada sejumlah kelompok agama tentang jalan ceritanya yakni seorang pria yang mengatakan bahwa dirinya adalah wujud dari kebangkitan Isa Al-Masih atau Yesus Kristus.

2. House of Cards 

https://www.youtube.com/embed/8QnMmpfKWvo

Kontroversi kali ini disebabkan oleh pemeran utamanya, Kevin Spacey yang terlibat dalam banyak kasus pelecehan dan kekerasan seksual. Kevin yang memerankan tokoh Frank Underwood merupakan sosok penting dalam serial yang berakhir pada enam season ini namun Netflix memutuskan untuk membuat tokoh Frank tewas di season lima dan dirinya gak akan muncul di season terakhir mereka.

3. Jinn 

https://www.youtube.com/embed/ZoR7D0Y-6j4

Mendapat kontroversi setelah penayangannya, berbagai adegan di serial Jinn dinilai tidak sesuai dengan kebudayaan Arab. Ada banyak kata-kata kasar di dialognya yang membuat beberapa pihak di Yordania menginginkan serial ini untuk dihapus dari pasaran.

Baca Juga: 9 Drama Korea di Netflix yang Paling Laris Tahun 2020, Sudah Nonton?

4. The Ranch 

https://www.youtube.com/embed/epCvKyjH7g8

Kali ini bukan ceritanya yang menjadi kontroversi tapi pemainnya, Danny Masterson. Danny terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap beberapa wanita yang menyebabkan Netflix memutus kerja samanya dengan aktor tersebut. Alhasil, Danny hanya muncul di The Ranch selama tiga musim dari empat musim yang ada. Cukup sangat disayangkan mengingat The Ranch merupakan salah satu serial komedi tersukses di Netflix.

5. Insatiable 

https://www.youtube.com/embed/z-81WVD8xTs

Mengalami kontroversi karena dianggap body shaming, Insatiable bercerita tentang seorang cewek yang banyak dibully karena tubuhnya yang gemuk. Namun, dirinya kemudian mengalami penurunan berat badan drastis dan akhirnya membalas dendam pada orang-orang yang merundungnya.

Bukan hanya dianggap body shaming, Debby Ryan dalam perannya yang mengenakan kostum gemuk juga menjadi masalah. Banyak penonton yang mengkritik seharusnya tokoh Patty diperankan oleh aktor yang gemuk sungguhan.

6. 13 Reasons Why  

https://www.youtube.com/embed/QkT-HIMSrRk

Serial original Netflix yang sempat viral di media sosial setelah penayangan season pertamanya ini bercerita tentang Hannah Baker, seorang remaja perempuan yang melakukan bunuh diri dan mengirimkan rekaman suara pada 13 teman yang menyebabkan kematiannya. Serial yang tayang tahun 2017 ini menyebabkan kontroversi karena ada remaja bunuh diri yang meniru adegan Hannah dalam serial tersebut dengan meninggalkan kaset rekaman.

Meski menimbulkan pro kontra yang berujung pada kematian penontonnya, 13 Reasons Why menjadi salah satu serial Netflix terbaik yang sudah ditonton lebih dari 2,6 juta orang setiap episodenya. Serial ini juga sudah selesai dengan empat season yaitu 13 episode di season 1-3 dan 10 episode di season keempat.

Itu dia tadi serial original Netflix yang sempat menuai kontroversi setelah penayangannya. Dari semua daftar di atas, mana saja yang sudah pernah kamu tonton? Menurut kamu gimana?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Hollywood Netflix Edisi Agustus 2020, Bagus Semua!

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya