Comscore Tracker

5 Film dengan Kontroversi Agama di Dalamnya, Banyak Dikecam!

Ada yang sampai sutradaranya dibunuh

Cerita dalam film memang terkenal berani dalam mengangkat berbagai tema sensitif, termasuk agama. Gak semuanya disukai, beberapa di antaranya justru dianggap gagal karena salah menyampaikan pesan moral dari agama itu sendiri. Akibatnya, film mereka banyak dikecam masyarakat hingga ditolak penayangannya.

Berikut ini daftar film yang mengandung kontroversi agama di dalamnya. Dapat banyak kecaman, beberapa wilayah bahkan terang-terangan melayangkan protes dari adegan filmnya. Simak, deh!

1. Noah (2014) 

https://www.youtube.com/embed/6qmj5mhDwJQ

Dari judulnya saja, kamu pasti tahu kalau Noah mengangkat kisah salah satu Nabi yang mendapat ilham dari Tuhan untuk membuat bahtera. Namun, film ini justru mendapat banyak kecaman dari publik karena dianggap melenceng jauh dari apa yang tertera di kitab.

Karena alur cerita yang tidak sesuai tersebut, Noah dilarang tayang di sejumlah negara, termasuk Indonesia, dan mendapat banyak kecaman di kalangan umat Yahudi, Kristen, maupun Islam. Apalagi, di Islam, ada larangan jelas untuk menggambarkan penampilan Nabi, sedangkan di sini sosoknya digambarkan apa adanya.

2. Innocence of Muslims (2012) 

5 Film dengan Kontroversi Agama di Dalamnya, Banyak Dikecam!Innocence of Muslims (dok. Vine Theatre/Innocence of Muslims)

Selain cerita di dalamnya, motif dari pembuatan sebuah film menjadi salah satu alasan penting film tersebut akan disukai atau tidak. Innocence of Muslims, contohnya, film ini dibuat dengan tujuan menyuarakan gerakan anti-Islam sehingga langsung mendapat banyak cemoohan dari muslim di seluruh dunia.

Film garapan sutradara asal Mesir/Amerika ini merupakan film pendek yang ditayangkan di YouTube dan berisi penghinaan keras terhadap agama Islam serta Nabi Muhammad. Hasilnya, ada lebih dari lima belas negara yang mengecam tayangnya film ini, bahkan sang sutradara, Nakoula Basseley, menjalani hukuman penjara karena kasus pelecehan agama.

Baca Juga: 5 Anime yang Ternyata Dicekal di Beberapa Negara, Apa Alasannya?

3. The Da Vinci Code (2006)

https://www.youtube.com/embed/5sU9MT8829k

Harusnya bergenre detektif, The Da Vinci Code menyundul isu agama di akhir filmnya yang mengisahkan Yesus Kristus memiliki hubungan dengan Maria Magdalena dan memiliki anak rahasia. Hal ini jelas langsung menimbulkan kontroversi agama karena dianggap melecehkan dan melenceng dari Alkitab.

Sejumlah negara mayoritas Kristen dan Islam akhirnya menolak penayangan film ini, seperti Mesir, Iran, Lebanon, Syiria, dan banyak lainnya. Gak hanya itu, The Da Vinci Code juga dihujat oleh banyak orang Kristen dan Islam di seluruh dunia.

4. The Passion of the Christ (2004) 

https://www.youtube.com/embed/4Aif1qEB_JU

Film yang sudah sering tayang ulang di TV ini menggambarkan kisah Yesus Kristus saat disalib. Menampilkan adegan brutal penyiksaan Yesus, film ini mendapat banyak hujatan dan kecaman karena dianggap antisemitisme atau antikaum Yahudi.

Di dalam filmnya, kaum Yahudi digambarkan sebagai sosok yang bengis karena menyiksa Yesus dengan begitu brutal. Mendapat banyak cekalan, The Passion of the Christ tidak ditayangkan di sejumlah wilayah karena ditakutkan akan menanamkan paham antisemitisme pada masyarakat luas.

5. Submission (2004) 

5 Film dengan Kontroversi Agama di Dalamnya, Banyak Dikecam!Submission (dok. Dutch Public Broadcasting Network/Submission)

Bukan garapan Hollywood, Submission merupakan film asal Belanda yang dianggap melecehkan agama Islam dan Alquran. Apalagi, ada adegan perempuan telanjang dengan mempertontonkan tato ayat Alquran di tubuhnya. Alhasil, film ini mendapat begitu banyak kecaman di hampir seluruh negara di dunia.

Parahnya lagi, si sutradara, Theo van Gogh, mati dibunuh dan di mayatnya tertulis surat ancaman pembunuhan kepada penulis naskah filmnya. Benar-benar dampak yang parah banget, ya!

Mengangkat isu agama memang bukan hal yang mudah, apalagi berhubungan dengan karya visual yang bisa disaksikan semua orang dari segala usia. Niat awal ingin menghibur, film-film di atas justru gagal mempertimbangkan nilai edukasi dan berpusat pada pencarian keuntungan belaka. Sangat disayangkan, semoga ke depannya para sineas bisa menjadikan ini sebagai pelajaran untuk gak melakukan hal serupa.

Baca Juga: 7 Film Bertema Cinta Terlarang Manusia dengan Makhluk Lain

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya