Comscore Tracker

Review Film 4 Mantan, Misteri Kematian Mantan Pacar yang Tiba-tiba

Filmnya oke gak ya? Baca selengkapnya di sini!

Tayang mulai tanggal 20 Februari 2020, 4 Mantan menambah lagi daftar film thriller Indonesia yang berhasil diproduksi. Genre ini memang gak cukup banyak dibuat selama ini, namun beberapa yang terkenal seperti Rumah Dara (2009) atau Marlina: Pembunuh dalam Empat Babak (2019) setidaknya mampu menjadi bukti bahwa kita juga bisa menghasilkan film yang sarat akan misteri ini.

Disutradarai oleh Hanny Saputra, film ini diperankan oleh sejumlah artis muda yang sedang naik daun yakni Ranty Maria, Jeff Smith, Denira Wiraguna, Melayu Nicole dan Melanie Berentz. Buat kamu yang penasaran, silakan baca review-nya dulu di bawah ini untuk menentukan apakah 4 Mantan sesuai dengan seleramu atau tidak. Tanpa spoiler, kok!

1. Bertemunya empat mantan terakhir di pemakaman Alex yang meninggal misterius

Sara (Ranty Maria), Airin (Melaine Berentz), Rachel (Melayu Nicole) dan Amara (Denira Wirahuna) pertama kali dipertemukan di makan Alex (Jeff Smith) yang meninggal secara misterius. Merasa memiliki keterkaitan dengan Alex sebagai mantan, mereka akhirnya tahu bahwa selama pacaran Alex sudah mempermainkan keempatnya dengan menjalin hubungan pacaran secara bersamaan dengan 4 cewek berbeda.

2. Adanya surat misterius yang mengatakan Alex dibunuh oleh salah satu dari empat mantan terakhirnya

Review Film 4 Mantan, Misteri Kematian Mantan Pacar yang Tiba-tibaInstagram.com/film4mantan

Beberapa hari setelah Alex dimakamkan, Sara, Airin, Rachel dan Amara mendapatkan surat misterius yang berisi kematian Alex merupakan pembunuhan dan pelakunya adalah salah satu dari empat mantan terakhirnya. Dari munculnya surat tersebut, kehidupan empat mantan Alex jadi gak tenang lagi.

3. Teka-teki menguak siapa pembunuh Alex sebenarnya

Review Film 4 Mantan, Misteri Kematian Mantan Pacar yang Tiba-tibaInstagram.com/film4mantan

Karena surat tersebut, mereka merasa perlu mengadakan pertemuan lagi untuk membahas apakah mereka hanya target prank atau memang benar bahwa salah satu pembunuh Alex ada di salah satu dari mereka.

Baca Juga: Review Film Milea: Suara dari Dilan, Cerita Rindu yang Tak Selesai

4. Munculnya kecurigaan antara satu mantan dengan yang lain

Tidak juga mendapat jawaban dan petunjuk siapa pembunuh Alex, mereka berempat saling mencurigai dan beramsumsi tentang pembunuh Alex sebenarnya. Airin, Rachel, dan Amara sama-sama yakin bahwa pembunuh Alex adalah Sara. Ketiganya mulai menyelidiki kasus tersebut dan mencoba mendapatkan kebenaran dari rasa penasaran mereka.

https://www.youtube.com/embed/9crEPXPckqA

Yang pertama harus diperhatikan adalah rating film ini adalah untuk orang dewasa. Akan ada banyak adegan yang gak cocok ditonton untukmu yang berusia di bawah 17 tahun. Selain itu, 4 Mantan merupakan film thriller yang tetap kental dengan kesan horor di setiap menitnya.

Seperti film thriller-horor pada umumnya, film ini identik dengan skoring yang berisik dan ngagetin. Akan ada banyak bagian di mana penonton merasa penasaran dan bergidik saat menontonnya.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat beberapa scene yang tergolong depressing dan sadistic. Jadi, buat kamu yang merasa akan terganggu dengan hal-hal seputar kekerasan seksual sebaiknya tidak memasukkan ini dalam salah satu daftar tontonanmu.

Premis film ini sebenarnya cukup menarik, yakni tema kepribadian ganda yang termasuk jarang diangkat ke layar lebar tanah air. Namun, eksekusinya yang cukup berantakan sehingga bikin bingung dengan banyaknya plot hole sukses memberikan kesan sebal saat menontonnya. Alih-alih terkagum dengan plot twist yang muncul di menit-menit terakhir, psikologi thriller di dalamnya terkesan dipaksakan dan gak natural.

Untuk menilainya sendiri, alangkah baiknya kamu menonton dulu dan berikan sendiri tanggapanmu soal film ini, ya. IDN Times memberikan skor 2.5/5 untuk film 4 Mantan.

Baca Juga: Review Film Toko Barang Mantan: Baper dan Ngakak Diaduk Jadi Satu!

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya