Comscore Tracker

Review Film Pohon Terkenal, Romansa Taruna di Masa Pendidikan Akpol

#ReviewFilm Pangling banget sama Umay Shahab

Disutradarai oleh Monty Tiwa dan Annisa Meutia, film Pohon Terkenal mulai tayang di bioskop tanggal 21 Maret 2019. Bercerita tentang kehidupan para taruna dan taruni, kamu yang belum nonton gak ada salahnya menghibur diri dengan menjadikan ini salah satu tontonan kamu. Pohon Terkenal diperankan oleh Umay Shahab, Laura Theux dan Raim La Ode.

Sebelum nonton, baca dulu review filmnya di bawah ini. Gak akan ada spoiler kok, kamu bisa baca dengan tenang ya!

1. Bara masuk Akademi Polisi dengan terpaksa karena Ibu yang sedang sakit

Review Film Pohon Terkenal, Romansa Taruna di Masa Pendidikan AkpolInstagram.com/pohonterkenalofficial

Bara (Umay Shahab) menganggur setelah lulus SMA selama setahun. Tiap hari hidupnya hanya main dan main sehingga membuat Ibunya sedih. Suatu ketika, Bara tanpa sengaja mengucapkan janji di depan Ibunya yang sedang terbaring di rumah sakit. Kalau Ibu bangun, dia akan masuk Akademi Polisi di Semarang seperti permintaan Ibunya. Dikabulkan, keesokan harinya Ibu Bara bangun dan sembuh.

2. Bertemu dengan Johanes, mereka menjadi sahabat baik selama pendidikan

Review Film Pohon Terkenal, Romansa Taruna di Masa Pendidikan AkpolInstagram.com/pohonterkenalofficial

Bara melakukan pendidikan dengan setengah hati. Di sana, dia bertemu dengan Johanes yang berasal dari Papua. Mereka akhirnya menjadi sahabat baik dan menjalani lika-liku pendidikan bersama.

3. Predikat Pohon Terkenal yang melekat pada Bara

Review Film Pohon Terkenal, Romansa Taruna di Masa Pendidikan AkpolInstagram.com/pohonterkenalofficial

Karena tidak betah, Bara terus membuat masalah dan jadi langganan kena hukuman. Senior menamainya Pohon Terkenal, karena populer untuk urusan bikin keonaran. Johanes sebagai sahabat sampai heran kenapa Bara selalu saja kena masalah.

Baca Juga: Review Film Captain Marvel: Lambat Panas Namun Menghentak di Akhir

4. Ayu Sekarwati, taruni yang menarik perhatian Bara

Review Film Pohon Terkenal, Romansa Taruna di Masa Pendidikan AkpolInstagram.com/pohonterkenalofficial

Bara yang sudah tidak betah di Akpol dan ingin mundur saja mulai tertarik pada teruni Ayu Sekarwati. Yang semula malas-malasan dan tidak punya semangat, Bara jadi punya alasan baru untuk tetap bertahan di Akpol yakni Ayu.

5. Mampukah Bara, Ayu dan Johanes bertahan sampai lulus?

Review Film Pohon Terkenal, Romansa Taruna di Masa Pendidikan AkpolInstagram.com/pohonterkenalofficial

Dengan tekanan yang tidak mudah, masa muda yang hilang karena harus menjalani pendidikan, serta kesulitan demi kesulitan yang datang membuat Ayu, Bara dan Johanes merasakan perjuangan yang sebenarnya. Adakah di antara mereka yang menyerah sebelum lulus? Atau malah mereka berhasil menempuh pendidikan sampai lulus?

https://www.youtube.com/embed/7jj9iy2OAXU

Film ini berhasil memaparkan bahwa masuk Akademi Kepolisian memang bukan hal yang mudah. Dari premis tersebut, berhasil dikembangkan dan dibumbui kisah romantis anak muda dan persahabatan selama mengenyam pendidikan bersama. Ada juga dialog komedi sebagai pelengkap yang sukses bikin Pohon Terkenal jadi gak membosankan. 96 menit yang gak berasa sama sekali, penonton akan dibawa ketawa sampai sedih saat nonton film ini.

Penokohan Umay Shahab sebagai Bara dan Laura sebagai Ayu merupakan hal yang tepat dan pas. Keduanya mampu menguasai panggung dan menunjukkan kebolehan berakting yang menarik tapi tidak berlebihan. Keberadaan Raim La Ode justru menjadi nyawa dari Pohon Terkenal. Dia secara natural mampu melontarkan komedi yang renyah dan sukses mengundang tawa.

Pesan dan pengetahuan yang disampaikan juga cukup kuat dan bisa diterima dengan baik. Tentang bagaimana polisi harus mengutamakan negara dibanding keluarga, kejujuran dan dedikasi tinggi selama pendidikan serta pengorbanan taruna dan taruni yang harus siap kehilangan masa muda saat masuk Akademi Kepolisian.

Drama yang pas, komedi yang menggelitik serta pengembangan premis yang menarik menjadikan Pohon Terkenal film Indonesia yang sederhana namun harus diperhitungkan. Dan untuk semua kesimpulan tersebut, IDN Times memberikan skor 3.5/5 untuk film karya Monty Tiwa dan Annisa Meutia ini.

Baca Juga: Review Film Yowis Ben 2: Ada Siti Badriah & Ridwan Kamil Lho

Topic:

  • Erina Wardoyo

Just For You