Comscore Tracker

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masa

Ada boyband idolamu gak?

Album rekaman merupakan suatu kumpulan audio atau musik yang tersusun secara sistematis. Setiap musisi pasti ingin memiliki album rekaman sendiri. Untuk bisa menyelesaikan sebuah album, biasanya para musisi membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mempersiapkannya. Ada yang membutuhkan waktu beberapa bulan saja, tapi ada pula yang membutuhkan waktu hingga 1 tahun untuk menyelesaikan sebuah album rekaman.

Sebuah album yang berkualitas pasti mampu menarik minat banyak orang untuk membeli album tersebut. Nah, berikut ada 10 boyband Korea yang albumnya banyak diminati oleh masyarakat Korea.

Dengan tingginya minat tersebut, maka gak heran kalau nama-nama boyband di bawah ini banyak yang menghiasi daftar penjualan album terlaris sepanjang masa di Korea. Kira-kira boyband apa saja, ya?

1. Seo Taiji dan Boys

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masakpopinfo114.wordpress.com

Bisa dibilang kalau boyband dengan penjualan album terlaris sepanjang sejarah adalah Seo Taiji & Boys. Tidak tanggung-tanggung, ada 4 album Seo Taiji & Boys yang laris dipasaran seperti Seo Taiji and Boys, Seo Taiji and Boys II, Seo Taiji and Boys III dan Seo Taiji and Boys IV.

Di antara keempat album tersebut, yang paling laris adalah album Seo Taiji and Boys IV dan menempati urutan ke empat dalam daftar penjualan album terlaris sepanjang sejarah. Di Korea, album Seo Taiji and Boys IV berhasil terjual sebanyak 2 juta kopi di tahun 1995.

2. g.o.d

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masaofficiallykmusic.com

g.o.d merupakan singkatan dari Groove Over Dose, merupakan boyband generasi pertama yang memulai debutnya di tahun 1999. Walaupun namanya sudah tidak lagi terdengar, namun ternyata boyband yang satu ini belum bubar lho. Bahakan di tahun 2014 yang lalu mereka sempat tampil dalam perayaan ulang tahun mereka.

Selama berkarier, g.o.d telah merilis total 8 album, dimana 2 dari 8 tersebut masuk dalam daftar album terlaris di Korea. Album yang berjudul Chapter 3: Lies, berhasil menduduki posisi ke 5 dengan total penjualan 1.824.278 kopi. Sedangkan album Chapter 4: Road berada di posisi ke 7 dengan total penjualan 1.713.056 kopi.

3. BTS

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masanst.com.my

Di posisi ke-3 ada boyband asuhan Big Hit Entertainment, siapa lagi kalau bukan BTS. Kepopuleran BTS saat ini memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan boyband yang digawangi oleh Rap Monster ini banyak dinominasikan dalam ajang penghargaan bergengsi dunia.

Dengan popularitas yang mereka miliki, maka gak heran kalau 2 album BTS masuk dalam daftar album terlaris di Korea sepanjang masa. Album Wings yang dirilis pada tahun 2016 yang lalu berhasil menduduki posisi ke-8 dengan total penjualan sebanyak 1.684.967 kopi. Dan album Love Yourself: Her menduduki satu tingkat dibawahnya dengan penjualan 1.642.501 kopi.

4. EXO

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masasoompi.com

Selanjutnya ada boyband besutan SM Entertainment yakni EXO. Boyband yang memulai debutnya di tahun 2012 ini baru saja merilis album terbaru mereka yang bertajuk COUNTDOWN. Sejauh ini EXO telah merilis 6 album studio dan 6 album mini. Bisa dibilang dari semua album EXO, album The War merupakan yang paling laris di Korea. Hal ini terbukti dengan penjualannya yang menyentuh angka 1.614.424 kopi.

Tidak hanya album The War, album EXO yang lain seperti XOXO, EXODUS, EX'ACT, juga berhasil menembus angka penjualan lebih dari 1 juta copy. Hal tersebut membuktikan bahwa EXO memiliki popularitas yang tinggi di Korea ataupun di negara luar Korea.

5. H.O.T

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masanst.com.my

Kalau ngomongin soal album terlaris, maka boyband generasi pertama bentukan SM Entertainment ini gak boleh ketinggalan masuk list. Boyband yang terdiri dari 5 personil ini memulai debut mereka di tahun 1996. H.O.T merupakan singkatan dari High five Of Teenagers. Bisa dibilang bahwa H.O.T merupakan boyband korea pertama yang terbentuk.

Walaupun jadi boyband pertama korea, ternyata antusias penikmat musik di korea sangatlah tinggi terhadap H.O.T. Hal tersebut terbukti dengan penjualan album kedua H.O.T, Wolf and Sheep berhasil terjual sebanyak 1.500.000 kopi di tahun 1997 yang menjadikannya berada di urutan ke-15 dalam daftar album terlaris sepanjang masa di Korea. Selain itu album ketiga mereka yang berjudul I Yah! berhasil meraih angka penjualan sebesar 1.383.985 kopi.

6. Wanna One

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masaklandmexico.com

Walaupun terbilang baru di dunia hiburan Korea, tetapi boyband bentukan Produse 101 season 2 ini berhasil membuktikan popularitasnya yang besar. Tak disangka jika album 1X1=1 (To Be One) milik Kang Daniel cs ini berhasil menduduki posisi ke-16 dalam daftar album terlaris sepanjang sejarah.

Album 1X1=1 (To Be One) milik Wanna One berhasil mengalahkan angka penjualan album debut EXO XOXO. 1X1=1 (To Be One) terjual sebanyak 1.403.991 kopi sedangkan album XOXO terjual sebanyak 1.284.330 kopi.

7. TVXQ

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masaallkpop.com

Setelah bubarnya boyband H.O.T di tahun 2001, maka SM Entertainment mencoba membentuk boyband baru yang akan menggantikannya. Dan pada tahun 2003 akhirnya TVXQ terbentuk dan memulai debut mereka. Awalnya boyband ini terdiri dari 5 personel, namun karna suatu masalah akhirnya 3 personelnya memutuskan untuk hengkang dari grup.

Sejauh ini TVXQ telah merilis 8 album Korea dan 8 album Jepang. Dari semua album yang mereka rilis, album Mirotic yang dirilis pada tahun 2008 merupakan album terlaris yang pernah mereka rilis. Album tersebut berhasil terjual sebanyak 596.236 kopi. Sedangkan album TVXQ yang lain seperti "O"-Jung.Ban.Hap. berhasil terjual sebanyak 468.617 kopi.

8. Super Junior

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masaokezone.com

Boyband yang namanya mulai terkenal usai merilis single Sorry Sorry ini terbentuk di tahun 2005. Saat awal kehadirannya, Super Junior atau yang akrab disapa Suju ini sempat bikin heboh dengan jumlah membernya yang banyak yakni 13 orang. Belum lagi ditambah 2 member dari China yang membuat boyband ini beranggotakan 15 member.

Suju menjadi salah satu boyband generasi kedua yang masih bertahan dan tetap eksis hingga sekarang. Walaupun banyak membernya yang keluar atau tidak aktif lagi, tapi kehadiran mereka tetap dinanti oleh penggemarnya.

Di antara semua album yang mereka keluarkan, ternyata Mr. Simple yang dirilis pada 2011 silam berhasil menjadi album terlaris yang pernah terjual. Mr. Simple terjual sebanyak 559.233 kopi mengalahkan album Sexy, Free & Single dan Mamacita.

9. BIGBANG

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masarizkabl.blogspot.com

Dari semua artist yang pernah didebutkan oleh YG Entertainment, bisa dibilang kalau debut BIG BANG adalah yang paling sukses. Tidak hanya di Korea, popularitas BIGBANG juga cukup besar di luar negeri. Bahkan di tahun 2011 mereka berhasil membawa pulang piala penghargaan MTV Europe Music Awards untuk kategori Best World Wide Asia Act mengalahkan Agnes Monica.

Sejauh ini BIGBANG sudah merilis total 7 album studio sejak tahun 2006. Dari ketujuh albumnya, ternyata album Alive EP menjadi album terlaris BIG BANG di Korea lho dengan total penjualan sebanyak 451.506 kopi.

10. Shinhwa

10 Boyband KPop dengan Penjualan Album Terlaris Sepanjang Masasoompi.com

Boyband yang masih termasuk ke dalam daftar boyband generasi pertama ini memulai debutnya di tahun 1998. Walaupun sudah 10 tahun meniti karier, boyband yang satu ini ternyata belum bubar loh. Bahkan mulai debut hingga sekarang jumlah personilnya masih sama yakni 6 orang.

Hingga saat ini Shinhwa telah merilis 16 album studio, 5 album kompilasi, 3 live album, dan 16 album lainnya. Total penjualan dari seluruh album milik Shinhwa sudah lebih dari 3 juta kopi lho. Di antara semua, album Hey, Come On! menjadi yang terlaris dengan total penjualan sebanyak  437.704 kopi di Korea.

Ada idolamu gak nih dari daftar di atas?

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You