Comscore Tracker

Mengharukan, 6 Grup KPop Ini Rilis Lagu Perpisahan Sebelum Bubar

Lagunya bisa bikin mata berkaca-kaca lho!

Dalam dunia KPop, tentu sudah tidak asing lagi dengan jika sebuah grup boyband atau girlband memilih untuk bubar. Ada berbagai alasan mengapa grup-grup tersebut memilih untuk bubar dan menjalani karier mereka masing-masing.

Sebelum bubar, biasanya grup idol memiliki cara yang berbeda-beda untuk menyampaikan pesan perpisahan kepada para penggemarnya. Mulai dari menulis surat hingga merilis lagu. Tidak jarang pesan perpisahan tersebut berhasil membuat para fans mereka berkaca-kaca.

Berikut ada enam grup KPop yang memilih untuk rilis lagu sebagai pesan perpisahan kepada penggemar sebelum bubar. Kira-kira grup KPop apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1. Wanna One

https://www.youtube.com/embed/FD2mik4V5EE

Sepanjang kariernya, grup bentukan Produce 101 Season 2 ini berhasil meraih popularitas yang tinggi. Segudang penghargaan juga telah berhasil diperoleh Wanna One. Namun sayang, mereka harus bubar pada Desember 2018 kemarin. 

Sebelum resmi bubar, Wanna One merilis lagu yang berjudul Spring Breeze. Lagu yang ditulis oleh iHwak dan Flow Blow ini menggambarkan soal janji seseorang untuk bisa bertemu kembali dengan orang terkasih saat musim semi. 

2. I.O.I

https://www.youtube.com/embed/kbdW2LaKlnw

Sebelum Wanna One, girlband yang juga bentukan Produce 101 Season 1 ini juga memiliki lagu perpisahan. Menjelang bubar I.O.I menyiapkan lagu perpisahan yang berjudul Downpour. Dirilis pada 18 Januari 2017, lagu tersebut merupakan hasil ciptaan dari Woozi Seventeen.

Downpour berkisah tentang perjuangan dan bagaimana masing-masing member I.O.I berusaha menggapai mimpi mereka masing-masing. Lagu dengan melody yang begitu manis dan sendu ini berhasil membuat para penggemar berkaca-kaca.

3. Wonder Girls

https://www.youtube.com/embed/RdrFAyJjVDI

Siapa sih yang gak tahu Wonder Girls? Girlband besutan JYP Entertainment ini menjadi terkenal setelah merilis lagu Nobody. Namun sayang sekali, Wonder Girls harus bubar pada 25 Januari 2017. Sebelum bubar Wonder Girls merilis lagu berjudul Draw Me.

Lagu tersebut dirilis pada 10 Februari 2017, tepat di hari ulang tahun Wonder Girls yang ke-10. Draw Me menjadi salam perpisahan serta ucapan para anggota kepada penggemar yang selalu mendukung mereka. 

Baca Juga: TXT Hingga ITZY, 5 Grup KPop Baru Ini Patut Kamu Nantikan Debutnya!

4. JBJ

https://www.youtube.com/embed/GeXYOENaS0o

Sebelum resmi bubar, JBJ merilis lagu Just Be Stars yang masuk dalam tracklist album terakhir mereka. Mengusung genre ballad, lirik lagu tersebut merupakan cerminan dari perasaan JBJ kepada fans mereka.

Meskipun JBJ telah bubar, para anggota berharap para fans akan terus mengingat dan merayakan kenangan yang telah mereka ciptakan bersama. Sesuai dengan makna liriknya, video klip Just Be Stars menampilkan semua aktivitas JBJ selama tujuh bulan berkarier. 

5. Sistar

https://www.youtube.com/embed/KbXV2R_Yd1E

Tahun 2017 sepertinya menjadi tahun yang penuh haru bagi para penggemar KPop. Karena pada tahun tersebut banyak grup-grup KPop yang bubar, salah satunya girlband Sistar. Sebelum bubar, Sistar merilis lagu terakhir mereka yang berjudul Lonely.

Sebelumnya, melalui akun YouTube resminya, Starship Entertainment merilis sebuah video yang diberi judul Thank You, Good-bye SISTAR. Sistar memberi pesan pada fansnya agar tak bersedih karena keputusan mereka. Dalam MV tersebut, Sistar membuat sebuah puisi dari nama grup mereka.

6. 2NE1

https://www.youtube.com/embed/wEkLHC7l25w

Dikabarkan segera comeback, 2NE1 justru memilih untuk bubar. Grup bentukan YG Entertainment ini resmi bubar pada 24 November 2017, tidak lama setelah Minzy memutuskan untuk keluar dari 2NE1. Sebelum bubar, 2NE1 merilis lagu berjudul Goodbye sebagai ucapan perpisahan mereka.

Lagu tersebut awalnya akan dirilis sebagai lagu solo CL. Dengan mengusung konsep monokrom, video klip lagu ini semakin membuat suasana sedih. Dalam video klipnya 2NE1 menampilkan potongan-potongan video kebersamaan para anggota saat melakukan konser dan melangsungkan comeback. 

Nah, itulah enam grup KPop yang merilis lagu perpisahan sebelum bubar. Kamu paling suka dengerin yang mana nih?

Baca Juga: 5 Grup KPop yang Masuk Daftar Top 10 Most Popular Idol Group di Jepang

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 13:45:03

Progress: 730.216 dari 813.350 TPS (89.77882%)

Just For You