Comscore Tracker

Penuh Makna, 13 Lagu Coldplay Ini Ternyata Punya Arti yang Dalam Lho!

Bukti kalau lagu-lagu Coldplay memang berkualitas!

Lagu merupakan media yang cukup ampuh dalam menyampaikan suatu pesan. Bahkan dalam menciptakan sebuah lagu tidak bisa asal-asalan. Jika asal-asalan dalam menciptakan, bisa saja lagu dihasilkan tidak seperti yang diharapkan.

Ada banyak hal yang bisa melatarbelakangi terciptanya sebuah lagu. Mulai dari pengalaman sendiri hingga pengalaman orang lain.Salah satu musisi yang terkenal dengan lagu-lagunya yang memiliki makna mendalam adalah Coldplay.

Kemampuan para personel Coldplay dalam menciptakan lagu memang gak boleh diragukan lagi deh! Setiap bait lirik dalam lagu mereka pasti memiliki makna yang indah. Nah, seperti 13 lagu Coldplay berikut ini nih!

1. Miracles (Someone Special)

https://www.youtube.com/embed/z9BPMjL44Aw

My father said never give up son
Just look how good Cassius become
Mohammed, Mahatma, and Nelson
Not scared to be strong

Melalui lagu yang dirilis pada tahun 2014 ini, Coldplay mengajak rapper Big Sean untuk berkolaborasi. Lewat lagu Miracles tersebut, Coldplay menyampaikan pesan kepada penggemarnya untuk nggak menyerah. Melalui video musiknya, mereka juga ingin menunjukkan keberagaman di Amerika.

2. Ink

https://www.youtube.com/embed/gKM15TaKLUI

Got a tattoo that said "together through life"
Carved in your name with my poker knife
And you wonder when you wake up, will it be alright oh oh
Feels like there's something broken inside

Lagu cinta dari Coldplay yang satu ini memang bisa bikin siapa saja galau. Menjadi tracklist dalam album Ghost Stories, rupanya Ink menjadi salah satu lagu yang berisi curhatan sang vokalis. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang cinta banget dengan pasangannya.

Karna saking cintanya, ia sampai takut kehilangan. Hingga akhirnya ia kehilangan orang yang sangat ia cintai. Ia pun terluka, hingga membuat kekosongan di dalam dirinya yang tidak dapat diisi oleh apa pun kecuali kehadiran orang tercintanya tersebut. Dalem banget ya!

3. Fix You

https://www.youtube.com/embed/k4V3Mo61fJM

When you lose something you can't replace
When you love someone, but it goes to waste
Could it be worse?
Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

Lagu ini memiliki makna bahwa ketika kamu sedang terpuruk, bersedih, ingatlah bahwa dirimu masih memiliki orang yang selalu mendukungmu untuk tetap bangkit. Orang-orang tersebut akan selalu menguatkan dirimu dan membantu menyembuhkan luka hatimu.

4. The Scientist

https://www.youtube.com/embed/RB-RcX5DS5A

Nobody said it was easy
It's such a shame for us to part
Nobody said it was easy
No one ever said it would be this hard
Oh take me back to the start

Lagu ini menceritakan tentang seorang lelaki yang begitu menyesal karena dia telah mengacaukan segalanya. Ia ingin menghapus kesalahan besar yang telah diperbuat dan kembali ketika semuanya masih baik-baik saja. Dia bersumpah akan memberikan segalanya agar dapat kembali seperti dulu.

5. Everglow

https://www.youtube.com/embed/xn_1hFdE-5g

But when I’m cold, cold
In water rolled, salt
And I know that you’re with me and the way you will show
And you’re with me wherever I go
And you give me this feeling, this everglow

Lagu ini ditulis oleh Chris Martin bersama mantan istrinya, Gwyneth Paltrow. Lagu Everglow mampu membuat kita merombak ulang konsep waktu yang sebenarnya. Apa benar waktu itu hanya sebuah garis lurus, yang mana titik di belakang kita adalah masa lalu, dan apa yang membentang di sana adalah masa depan?

Fase demi fase telah dan akan kita lalui dalam hidup, mulai dari berkenalan dengan seorang teman, mulai merasa nyaman, lalu akhirnya hubungan kita sampai pada tahap yang akan dilalui oleh semua orang yakni berpisah.

6. Fun

https://www.youtube.com/embed/qlRqd_mNiIE

Now we’re stopping the world
Stopping its spin
But come on don’t give up don’t say we give in
Don’t say it’s over
Don’t say we’re done
Ah didn’t we have fun?

Fun menceritakan tentang sebuah hubungan yang telah usai. Ketika bertemu dengan orang baru, jangan katakan bahwa hubungan yang telah kamu lewati tidak ada gunakan. Bagaimana pun, pihak yang pernah berhubungan dengan kita itu adalah bagian dari hidup kita. Mereka jadi sejarah bagi kita. Jadi, jangan pernah menganggap mantan itu limbah, anggaplah pembelajaran. 

Baca Juga: 7 Lagu Coldplay Ini Dijamin Bisa Jadi Moodboostermu

7. Yellow

https://www.youtube.com/embed/yKNxeF4KMsY

Your skin,
Oh yeah your skin and bones,
Turn into something beautiful,
You know, you know I love you so,
You know I love you so.

Chris Martin menulis lagu Yellow ini untuk Ibunya. Saat itu sang Ibu sedang menderita kanker. Karena satu dan lain hal, kulit ibunya berubah menjadi menguning. Mendapati kenyataan itu, Chris yang begitu mencintai ibunya menulis sebuah lagu.

Melalui lagu tersebut, ia ingin memberi tahu kepada seluruh dunia bahwa baginya segala hal yang berwarna kuning itu indah. Seperti Ibunya. 

8. True Love

https://www.youtube.com/embed/Wpl_6jotaHA

So tell me you love me
If you don't
Then lie, oh lie to me

Lagu True Love ini menceritakan tentang seperti apa cinta sejati itu. Melalui lagu ini, Chris Martin ingin bercerita tentang arti cinta sejati menurutnya. Apapun arti cinta menurut kita masing–masing, yang perlu diingat adalah cinta itu gratis. Sudah ada sejak manusia diciptakan. 

9. Always in My Head

https://www.youtube.com/embed/kWh7Nr9Cxlc

You're always in my head
Always in my head
Always in my
This, I guess
Is to tell you you're chosen out from the rest

Always In My Head merupakan sebuah pernyataan singkat tentang mengapa kau memilihku? Mengapa harus kepadaku kau jatuh cinta? Secara sederhana lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mengungkapkan semua perasaannya. Ia mengungkapkan semua alasan mengapa orang yang dicintainya harus memilihnya dan mengapa ia harus jatuh cinta kepadanya. 

10. Hypnotised

https://www.youtube.com/embed/WXmTEyq5nXc

Now I'm hyp, hypnotised, 
Yeah I trip, when I look in your eyes, 
Oh I'm hyp, hypnotised, 
Yeah I slip and I'm mesmerized.

Hypnotised adalah lagu yang indah dan menyenangkan dari sisi aransemen. Dirilis pada 2017, lagu ini bercerita tentang seseorang yang merasa dihipnosis dan diperdaya oleh sifat jahat dalam dirinya. Yang ia inginkan hanyalah tersadar dari keadaan itu. Hingga kedua mata orang yang ia sayangi dapat menyembuhkan tabiat buruknya itu.

11. Strawberry Swing

https://www.youtube.com/embed/h3pJZSTQqIg

Every Moment was so precious
Its such a perfect day
I remember we were walking up to strawberry swing

Lagu ini menggambarkan bahwa setiap kenangan dan cinta tidak akan pernah pudar walau waktu terus berjalan, karena akan teringat dan terjaga selamanya. Selain itu, lagu ini menyampaikan pesan akan berharganya waktu ketika bersama orang yang kita cintai.

Melalui tiap kata dalam lirik lagu strawberry swing ,dirangkai layaknya sebuah puisi yang dapat langsung kita rasakan saat mendengar lagu ini dengan seksama.

12. A Sky Full of Stars

https://www.youtube.com/embed/VPRjCeoBqrI

I don't care, go on and tear me apart
I don't care if you do ooh ooh
'Cause in a sky, 'cause in a sky full of stars
I think I saw you

Walaupun punya nada yang ceria, ternyata A Sky Full of Stars ini bercerita tentang mantan lho! Coba deh kamu perhitungkan jarak langit dan bumi, tentunya sangat jauh bukan? Perasaan inilah yang ingin disampaikan Chris melalui lagunya ini. Tak peduli wanita itu telah menyakiti hatinya, ia tetap menjadi sosok istimewa di mata Chris.

13. Up & Up

https://www.youtube.com/embed/BPNTC7uZYrI

How come people suffer?
How come people part?
How come people struggle?
How come people break your heart?
Break your heart, oh

Up & Up ini menceritakan tentang perspektif tentang dunia tempat kita berpijak ini. Kita mempunyai mimpi-mimpi dan melakukan banyak hal untuk menggapainya. Tetapi kita sering berfikir hidup ini tak akan bisa diubah dan menyalahkan keadaan.

Lagu ini memberitahu untuk tidak menyerah terhadap apa yang kita perjuangkan. Ketika kita terjatuh dalam keterpurukan. Maka, Disinilah kita dituntut untuk bangki, bangkit dan bangkit terus. Tetap semangat, karena semua itu pasti ada jalannya.

Itulah 13 lagu Coldplay yang ternyata punya makna mendalam. Kamu paling suka yang mana nih?

Baca Juga: 10 Lagu Coldplay yang Enak Banget Buat Didengerin Sebelum Tidur

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You