Comscore Tracker

5 Film Anime Terbaik yang Rilis Sepanjang 2020

Sudah nonton semuanya? #IDNTimesHype

Tahun 2020 segera berakhir! Tahun yang akan dicatat dalam sejarah peradaban manusia ini tidak hanya punya kenangan yang buruk namun juga bagus. Inilah kilas balik 5 film anime terbaik yang rilis sepanjang tahun 2020, lengkap dengan informasi rilis Indonesia-nya!

(Semoga bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk menjalani tahun 2021!)

6. [BONUS] Josee, the Tiger and the Fish (Josee to Tora to Sakana-tachi)

https://www.youtube.com/embed/UqroXVubLzI

Rilis Jepang 25 Desember 2020, rilis Indonesia belum ditentukan!

Sama seperti yang pernah penulis bahas di artikel terdahulu, Josee, the Tiger and the Fish menceritakan tentang romansa Josee seorang gadis pemimpi yang menjalani hidupnya dengan terjebak di kursi roda dan Suzukawa Tsuneo seorang mahasiswa. Pertemuan mereka membuat perubahan besar ke kehidupan Josee, gadis yang dulunya hanya mengetahui dunia dari buku-buku yang dia baca.

Meskipun film anime Josee, the Tiger and the Fish belum dirilis, namun film ini dapat dipastikan bakal berkualitas bagus dan memberikan kesan yang dalam. Hal yang harus kamu tahu, film anime Josee, the Tiger and the Fish dibuat oleh studio animasi Bones (Fullmetal Alchemist: Brotherhood, My Hero Academia, Mob Psycho 100, Bungo Stray Dogs) dan produser Shochiku (A Silent Voice, Violet Evergarden).

Diadaptasi dari novel berjudul sama, cerita Josee, the Tiger and the Fish sebelumnya sudah pernah mendapatkan adaptasi film live action Jepang pada tahun 2003 dan adaptasi film Korea yang rilis 10 Desember 2020. Film Korea Josee, the Tiger and the Fish yang diberi nama "Josee" akan dibintangi Nam Joo‑hyuk dan Han Ji‑min. Bakal lebih bagus mana ya! Film anime atau film Korea Josee, the Tiger and the Fish?

5. Attack on Titan Chronicle (Shingeki no Kyojin Chronicle)

https://www.youtube.com/embed/7wBiYV0oy1I

Rilis Jepang 17 Juli 2020, kemungkinan rilis di Indonesia sangat kecil!

Film anime Attack on Titan Chronicle bukanlah film yang sepenuhnya baru, film ini hanya merupakan kompilasi cerita serial anime Attack on Titan dari S1 sampai S3 (episode 1-59). Meskipun begitu, ternyata film ini punya cerita yang cukup solid walaupun memang pace ceritanya terlampau cepat.

Film anime Attack on Titan Chronicle dilihat dari animasinya, film ini masih digarap studio animasi Wit Studio. Terasa film ini adalah kenangan terakhir Wit Studio untuk penggemar Attack on Titan.

Sekedar mengingatkan, Attack on Titan Final Season (Attack on Titan S4) tayang perdana 7 Desember 2020. Menggantikan Wit Studio, Attack on Titan Final Season digarap oleh studio animasi MAPPA.

4. Violet Evergarden The Movie

https://www.youtube.com/embed/Zy1K_gDXUOE

Dipastikan akan rilis di Indonesia, prediksi awal tahun 2021 (Januari atau Februari)

Film anime Violet Evergarden Movie adalah sekuel serial anime Violet Evergarden, film ini berbeda dengan film anime Violet Evergarden: Eternity and the Auto Memory Doll yang merupakan cerita sampingan (side story) Violet Evergarden.

Melanjutkan cerita prekuelnya, film anime Violet Evergarden Movie menceritakan tentang Violet yang sudah beberapa tahun bekerja sebagai Auto Memory Doll (Boneka Memoar Otomatis), Violet masih tidak bisa melupakan Mayor Gilbert Bougainvillea yang telah dianggap meninggal di medan perang. Plot twist pun terungkap, ternyata Mayor Gilbert memang belum meninggal. Lantas, apa alasan Mayor memalsukan kematiannya dan tidak ingin bertemu Violet?

Baca Juga: 8 Lagu Anime yang Dinyanyikan dalam Bahasa Indonesia, Bikin Kangen! 

3. Demon Slayer -Kimetsu no Yaiba- The Movie: Mugen Train (Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen)

https://www.youtube.com/embed/23riEOmDOgM

Rilis Indonesia: Fan Screening 19 Desember 2020, rilis umum bulan Januari 2021

Merupakan sekuel serial anime Kimetsu no Yaiba, film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train berkisah tentang kuartet Kamado Tanjirou, Kamado Nezuko, Agatsuma Zenitsu, dan Hashibira Inosuke yang bekerja sama dengan Rengoku Kyoujurou "sang Pilar Api" untuk menyelidiki serangkaian kejadian misterius yang terjadi di dalam kereta api Mugen. Misi mereka pun menjadi lebih sulit karena ada anggota Dua Belas Iblis Bulan (12 Kizuki) yang juga berada di kereta api Mugen.

Film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train meraih kesuksesan besar di Jepang dan Internasional, Kimetsu no Yaiba: Mugen Train menjadi peringkat kedua film terlaris sepanjang sejarah di Jepang dan menjadi film animasi tersukses di dunia tahun 2020. Efek domino film ini juga mendongkrak penjualan manga dan soundtrack animenya, manga Kimetsu no Yaiba terjual lebih dari 80 juta kopi di tahun 2020 sementara lagu "Homura" dari penyanyi LiSA kokoh di peringkat pertama lagu terlaris di Jepang.

2. Fate/stay night: Heaven's Feel - III. Spring Song

https://www.youtube.com/embed/GTA20VJeyYk

Rilis Indonesia: Fan Screening 21 November 2020, rilis umum 25 November 2020

Fate/stay night: Heaven's Feel - III. Spring Song merupakan film ketiga sekaligus terakhir dari trilogi rute Fate/stay night: Heaven's Feel, rute ketiga dari novel visual Fate/stay night (rute dengan jalan cerita paling tragis yang mempunyai skenario romansa Emiya Shirou dan Matou Sakura).

Film anime Fate/stay night: Heaven's Feel - III. Spring Song sendiri bercerita tentang Matou Sakura yang sudah dikuasai sepenuhnya oleh Angra Mainyu, Servant kelas Avenger. Emiya Shirou dan Toosaka Rin pun harus mengalahkan Angra Mainyu demi menyelamatkan dunia dan ilmu sihir.

1. Made in Abyss Movie 3: Dawn of the Deep Soul (Made in Abyss Movie 3: Fukaki Tamashii no Reimei)

https://www.youtube.com/embed/NNwD_Hx1GHY

Rilis Jepang 17 Januari 2020, kemungkinan rilis di Indonesia sangat kecil!

Melanjutkan kisah serial anime Made in Abyss, film anime Made in Abyss Movie 3: Dawn of the Deep Soul berkisah tentang petualangan Riko, Regu, dan Nanachi menuju dasar Abyss. Mereka sampai di lapisan kelima Abyss dan bertemu dengan Bondrewd, White Whistle yang dulu pernah memberikan kenangan buruk kepada Nanachi. Riko, Regu, dan Nanachi pun harus menghadapi semua kebusukan Bondrewd agar mereka dapat melanjutkan perjalanan ke lapisan Abyss berikutnya.

Sedikit informasi, studio animasi Kinema Citrus dan produser Kadokawa sudah mengkonfirmasi akan membuat sekuel terbaru Made in Abyss. serial anime yang belum diketahui namanya tersebut akan berkisah tentang petualangan Riko, Regu, dan Nanachi di lapisan keenam Abyss, The Capital of the Unreturned.

Itulah 5 film anime terbaik yang rilis sepanjang tahun 2020, semua film anime di atas memang layak meraih kesuksesan besar di Jepang dan Internasional. Bagaimana pendapat kamu? Film anime mana yang masuk watchlist bioskop kamu?

Baca Juga: 5 Anime Terbaik yang Bukan Adaptasi Manga

SYH Network #SungJinWoo성진우 Photo Verified Writer SYH Network #SungJinWoo성진우

Asian Muslim Influencer | Dukung SYH Network agar Tetap Terus Berkarya dengan Cara Beri Donasi: SociaBuzz (https://sociabuzz.com/syh_network/tribe), Trakteer (https://trakteer.id/syh_network) | YouTube: SYH Network (https://www.youtube.com/channel/UCEktzUz4WyYelfLUayP7d0g/)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya